Sukses

Mahasiswa Jateng Gelar Aksi Solidaritas Bagi Rakyat Sumbawa Barat NTB

Gerakan Mahasiswa Jawa Tengah menggelar aksi demonstrasi di depan Kampus Universitas Nahdlatul Ulama Al Ghazali (Unugha) Cilacap, Jawa Tengah, Sabtu (24/12/2022).

Liputan6.com, Jakarta - Gerakan Mahasiswa Jawa Tengah menggelar aksi demonstrasi di depan Kampus Universitas Nahdlatul Ulama Al Ghazali (Unugha) Cilacap, Jawa Tengah, Sabtu (24/12/2022).

Mereka menyuarakan dukungan terhadap aksi mogok makan yang dilakukan mahasiswa dan warga Kabupaten Sumbawa Barat (Amanat KSB) di Komnas HAM sejak 13 Desember 2022.

"Kami mendukung penuh perjuangan mahasiswa dan rakyat NTB yang tergabung dalam Amanat KSB untuk terus melawan dan memperjuangkan hak-haknya," ujar Tika Lana, Humas aksi dalam keterangannya.

Diketahui, aksi mogok makan digelar di Komnas HAM sejak Selasa 13 Desember 2022. Aksi mogok makan ini dilakukan oleh warga Sumbawa Barat yang menjadi korban perusahaan tambang emas dan tembaga PT AMNT.

Tim dokter dari Rumah Sakit (RS) Pena 98 Rudolf Usmany mengatakan, ada lima orang peserta aksi mogok makan harus dilarikan ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan lanjutan.

"Kami merasa bahwa sesuai dengan kondisi saat ini tidak bisa melanjutkan aksi dan ini terkait kondisi potensial ancaman jiwa, sehingga kami mengambil inisiatif secara medis untuk membawa kelima sahabat kami ini ke RS Pena 98 di Kabupaten Bogor (Jawa Barat)," kata Rudolf.

Selanjutnya, Rudolf menyampaikan, sebanyak 11 massa aksi lainnya dalam kondisi for the line atau tidak bisa dikatakan baik atau tidak. Meski begitu, kata Rudolf, 11 orang itu masih bisa melanjutkan aksi namun tetap akan dimonitor secara berkala.

Lebih lanjut, Rudolf menjelaskan pihaknya melakukan beberapa pemeriksaan fisik dan gula darah kepada kelima orang yang dilarikan ke RS.

Adapun menurutnya, untuk pemeriksaan fisik dilakukan dengan mengecek tanda-tanda vital. Di antaranya seperti tekanan darah, nadi, dan suhu tubuh.

"Yang kami pantau dari buang air kecilnya ada yang kemarin terakhir, ada yang hari ini, pagi dini hari. Jadi kami melihat sudah ada tanda-tanda dehidrasi," ucap Rudolf.

Rudolf mengatakan, ada salah satu massa aksi yang tidak sanggup berjalan, bahkan harus diangkat ke mobil ambulans menggunakan ranjang.

"Kondisi tersebut disebabkan karena kurangnya asupan gula ke tubuh," kata dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Minta Komnas HAM Turun Tangan

Sebelumnya aksi menuntut Komnas HAM turun tangan dalam kasus dugaan pelanggaran HAM oleh PT Amman Mineral Nusa Tenggara juga dilakukan oleh ratusan mahasiswa yang tergabung dalam Solidaritas Mahasiswa Palangka Raya di depan Kampus Universitas Kristen Palangka Raya (Unkrip), Jumat (16/12/2022).

Pada 19 Desember 2022 lalu, aksi demonstrasi menuntut penutupan Amman Mineral juga datang dari ratusan mahasiswa yang tergabung dalam Solidaritas Mahasiswa Jambi. Pada 20 Desember 2022, aksi protes juga datang dari ratusan mahasiswa yan tergabung dalam Solidaritas Mahasiswa Tangerang untuk NTB.

Kemudian pada 21 Desember 2022, mahasiswa yang tergabung dalam Format Sulbar juga melakukan aksi demonstrasi dengan tujuan serupa. Disusul Format Sulteng yang juga menyuarakan tuntutan penutupan Amman Mineral karena diduga melanggar HAM.

Dan kemarin 23 Desember 2022, Aliansi Mahasiswa Sumatera Selatan untuk NTB juga melakukan aksi demonstrasi menuntut pemerintah menutup PT Amman Mineral Nusa Tenggara Barat di UIN Raden Fatah, Palembang.

Adapun Amanat KSB sudah melaporkan dugaan pelanggaran HAM PT Amman Mineral ini ke sejumlah lembaga terkait hingga ke Sekretariat Kepresidenan. Mereka juga sempat menggelar aksi mengemis di depan Gedung DPR RI Jakarta, beberapa waktu lalu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.