Sukses

Survei Charta Politika: Ridwan Kamil Jadi Figur Cawapres 2024 Terkuat

Hasil survei nasional Charta Politika menempatkan Ridwan Kamil sebagai kandidat Cawapres 2024 terkuat, disusul Sandiaga Uno dan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

Liputan6.com, Jakarta - Lembaga survei Charta Politika menempatkan nama Ridwan Kamil sebagai pemuncak kandidat Calon Wakil Presiden (Cawapres) 2024, berdasarkan hasil survei nasional.

Pria yang karib disapa Kang Emil itu meraih dukungan responden sebesar 21,4 persen, disusul Sandiaga Uno dengan perolehan 17,6 persen, dan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) 10,3 persen.

"Responden diberi pertanyaan yang berbunyi jika pemilihan presiden-wakil presiden diadakan sekarang, siapa yang yang akan Bapak/Ibu/Saudara pilih sebagai Wakil Presiden di antara nama-nama berikut ini? (Hasilnya) pada kategori Wakil Presiden, Ridwan Kamil meraih 21.4 persen persen dan ini menjadi yang tertinggi,” kata Direktur Eksekutif Charta Politika Indonesia, Yunarto Wijaya saat jumpa pers daring, Kamis (22/12/2022).

Pada posisi keempat, lanjut Yunarto, terdapat nama Erick Thohir (8.4 persen), dan Khofifah Indar Parawansa (6.1 persen).

Kemudian terdapat 13 nama lainnya yang hanya mengumpulkan di bawah 5 persen, seperti Muhaimin Iskandar, Andika Perjasa, Puan Maharani, Ahok, Airlangga Hartarto, Susi Pudjiastuti, Salim Segaf, TGB Zainul Majdi, Ahmad Heryawan, Budi Gunawan, Bima Sugiarto, Zulhas dan Yahya Cholil Staquf.

Sebagai informasi, survei Charta Politika ini baru saja dilakukan pada rentang waktu 8-16 Desember 2022. Metode survei yang digunakan adalah multistage random sampling dengan total responden sebanyak 1.220 orang yang diambil secara nasional.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Aksi Cepat Ridwan Kamil saat Gempa Cianjur Pengaruhi Elektabilitas

Memuncaknya nama Ridwan Kamil memiliki sejumlah penyebab. Salah satunya reaksi cepat tanggap pada bencana gempa bumi Cianjur. Saat itu Ridwan Kamil mendampingi Presiden Jokowi langsung terjun langsung ke lapangan.

Tidak hanya sekedar mendampingi, Ridwan Kamil juga ikut memimpin dan mengarahkan jajarannya, termasuk berkoordinasi dengan Pemkab Cianjur, demi mempercepat proses evakuasi dan pengiriman logistik bagi para pengungsi.

Pemprov Jabar atas inisiatif Gubernur Ridwan Kamil juga meluncurkan platform pisodapur (Pusat Informasi dan Koordinasi Data Gempa Cianjur), yang dapat diakses lewat pisodapur.jabarprov.go.id.

Situs itu adalah layanan digital bagi masyarakat yang ingin mengajukan bantuan logistik, pendaftaran relawan di lokasi terdampak, hingga aduan tentang rumah rusak dan alur distribusi logistik.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.