Sukses

Jubir PKB Sebut Pemerintah Tak Anti Kritik

Bakal calon Presiden yang diusung NasDem Anies Baswedan sempat menyatakan dalam sebuah acara di konten Youtube, bahwa pemerintah kerap mematikan kritik.

Liputan6.com, Jakarta Bakal calon Presiden yang diusung NasDem Anies Baswedan sempat menyatakan dalam sebuah acara di konten Youtube, bahwa pemerintah kerap mematikan kritik.

Terkait hal tersebut, Juru Bicara Muda DPP PKB Dira Martamin mengingatkan, pernyataan Anies itu jelas salah.

"Pemerintah sangat terbuka dengan kritik. Justru pernyataan Anies yang mengklaim sering mendapatkan kritik yang akhirnya kritik tersebut harus dijawab satu per satu saat menjabat Gubernur DKI Jakarta menunjukan bahwa ia merasa paling hebat," kata dia dalam keterangannya, Minggu (12/18/2022).

"Padahal, apa yang dilakukan Anies sudah lebih dulu dilakukan pemerintah. Anies terlalu banyak mengklaim," sambungnya.

Dira pun mengingatkan, bahwa Presiden Jokowi sempat mempertanyakan ke Fahri Hamzah yang mempertanyakan oposisi sekarang lemah.

"Itu menunjukkan bahwa pemerintah ingin di kritik. Pemerintah ingin memiliki lawan tanding yang seimbang. Ingin oposisi kuat, ingin mendapatkan masukan dari oposisi," jelas dia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pemerintah Paham

Dira menegaskan, pemerintah paham betul bahwa kritik itu sesungguhnya edukasi publik.

Tentu selama kritik tersebut faktual, selama tidak menyebarkan kebohongan dan kebencian.

"Buktinya, masyarakat masih bisa memberikan kritik secara terbuka, dan Pak Jokowi sendiri terbuka untuk itu. Secara umum pemerintah masih memberi ruang yang luas untuk kritik," tandasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.