Sukses

Ridwan Kamil Pastikan Gabung Parpol Bulan Ini: Imsak Sudah Dekat

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengaku segera mengambil keputusan untuk bergaung dengan partai politik. Hal itu rencananya akan diputuskan bulan ini.

"Ya nanti, pokoknya masih di bulan ini, Insyaallah waktu imsak sudah dekat," kata Emil usai hadir pada acara Hari Anti Korupsi Sedunia 2022 di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Jumat (9/12/2022).

Emil pun disinggung apakah akan masuk partai Golkar atau tidak. Tetapi, dia melempar pertanyaan itu kepada Ketua DPP PAN Bima Aria yang berada di sebelahnya.

"Tanya ke Kang Bima (Bima Aria PAN)," ucap Ridwan Kamil.

"Insya Allah bulan ini (masuk partai politik)," tambahnya.

Suasana Pemilu tahun 2024 semakin hangat. Banyak partai yang mulai berbondong-bondong melamar para pemimpin muda untuk diusung menjadi kadernya. Dua di antaranya adalah Partai Amanat Nasional (PAN) dan Partai Golkar. Kedua partai ini telah menarget Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil untuk berkolaborasi dalam Pemilu 2024.

Terlebih Ridwan Kamil atau yang sering disapa Kang Emil, telah menyatakan secara terbuka dirinya siap diusung oleh partai politik dalam Pilpres 2024. Menanggapi hal tersebut, Sekjen PAN Eddy Soeparno menerangkan pihaknya siap bekerja sama dengan Ridwan Kamil.

"Kami juga siap untuk ikut berdialog secara berkesinambungan dengan Pak Ridwan Kamil untuk ikut bersama membangun Jawa Barat, membangun Indonesia ke depannya," kata Eddy saat dihubungi, Rabu, 6 Desember 2022.

Ridwan Kamil juga pernah menuturkan bahwa dia siap digandeng PAN menuju Pilpres 2024. Hal tersebut diungkap Ridwan Kamil saat menjadi pembicara dalam Workshop PAN di Bali, Selasa (5/10).

"Kalau ada sebuah pintu terbuka misalkan dari partai PAN, saya Bismillah. Tapi kalau tidak, tidak masalah, karena Allah yang akan tentukan," kata Emil, diikuti tepuk tangan ratusan kader PAN yang hadir.

Menurut Ridwan, setiap dukungan untuk maju sebagai Capres yang datang dari parpol, tak boleh ditolak.

"Mudah-mudahan, siapapun yang mendukung tidak boleh ditolak asal dukungannya baik. Saling menguatkan pastilah itu. Kerja sama politik yang kita tunggu-tunggu," kata Emil.

Usai mengunjungi Ridwan Kamil secara tertutup di Gedung Sate, Kota Bandung, Senin (10/10), Eddy mengungkapkan Ridwan Kamil dinilai tepat dengan target partai PAN, yang ingin meregenerasi pemimpin pada kontestasi Pilpres 2024.

Dia menuturkan bahwa Ridwan Kamil masuk sebagai kandidat yang potensial. PAN siap mendukung dan sudah menawarkan beberapa kali. Beberapa alasan yang mendasarinya adalah pengalaman sudah teruji karena pernah menjabat sebagai Wali Kota Bandung dan kini menjalani peran sebagai gubernur.

"Kita sudah sampaikan dalam beberapa kesempatan, PAN siap untuk menggelar karpet biru kalau kang Emil siap bergabung dengan PAN," ujarnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Rayuan Golkar untuk Kang Emil

Tak hanya PAN, Golkar juga sudah mulai menyalakan mesin-mesin politiknya menuju Pemilu 2024. Ketua DPD Partai Golkar Jawa Barat Ace Hasan Syadzily mengatakan pihaknya telah melakukan pertemuan intens dengan Ridwan Kamil, meski yang bersangkutan masih meminta waktu untuk memutuskan masuk Partai Golkar pada saat yang tepat.

"Kang Emil masih minta waktu untuk berpikir akan bergabung dengan Partai Golkar. Saya pun masih menunggu waktu yang pas berbicara dengan dengan Kang Emil soal kelanjutan dari beberapa pembicaraan beberapa kali pertemuan dengan beliau," kata Ace Hasan Syadzily dalam keterangan tertulisnya di Bandung, Kamis (27/10) lalu.

Dalam acara Pelantikan Bersama Keluarga Besar Kosgoro 1957 Provinsi Jawa Barat di Gedung Sate, Kota Bandung, Minggu (27/11) kemarin, Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto menyampaikan pihaknya merasa optimistis bisa mendapat suara maksimal di Jawa Barat. Terlebih, jika memiliki kader seorang Ridwan Kamil yang merupakan gubernur.

Dalam acara tersebut, Ridwan Kamil dipakaikan jaket hingga cincin sebagai cinderamata. Menurut Airlangga, acara yang diselenggarakan di Gedung Pemerintah Jawa Barat tersebut merupakan hari bersejarah.

"Beringin biasanya di luar Gedung Sate. Hari ini beringin masuk di dalam Gedung Sate. Keberadaan beringin akan memperkuat marwah Gedung Sate. Akan membuat keluarga besar Kosgoro bangga," ucap Airlangga.

Tak sampai di situ, dalam acara tersebut Emil juga secara langsung diajak untuk bergabung bersama Golkar oleh Ketua DPD Golkar Jabar Ace Hasan Syadzily saat dia memberikan sambutan.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS