Sukses

Jokowi: Saya Minta Maaf Bila Pernikahan Kaesang dan Erina Ganggu Aktivitas Warga

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Jokowi menyampaikan permohonan maaf jika acara pernikahan putra bungsunya, Kaesang Pangarep dan Erina S Gudono bakal mengganggu aktivitas masyarakat. Permintaan maaf itu disampaikan kepada warga Solo dan Yogyakarta.

Prosesi akad pernikahan Kaesang dan Erina akan digelar di Yogyakarta pada Sabtu 10 Desember 2022. Selang sehari berikutnya Minggu 11 Desember 2022, prosesi ngunduh mantu hingga resepsi pernikahan akan digelar di Solo, yakni di rumah dinas Liji Gandrung dan Pura Mangkunegaran.

Adanya acara pernikahan tersebut diperkirakan akan menimbulkan kemacetan lalu lintas di sekitar lokasi acara baik di Yogyakarta maupun di Solo. Oleh sebab itu jauh-jauh hari sebelum hari H pernikahan, Jokowi memohon maaf jika acara tersebut mengganggu aktivitas masyarakat.

"Saya ingin mohon maaf yang sebesar-besarnya kepada masyarakat, baik yang di Yogya maupun yang di Solo atas pernikahan Kaesang dan Erina. Apabila nantinya di dalam acara tersebut mengganggu, baik mengganggu perjalanan, mengganggu lalu lintas yang ada," kata Presiden Jokowi di Ndalem Wuryoningratan Solo, Minggu (4/12/2022).

Ia pun berharap acara pernikahan tersebut tidak sampai mengganggu kegiatan masyarakat di Yogyakarta maupun Solo. Presiden Jokowi pun kembali menghaturkan permohonan maaf kepada masayrakat kedua kota tersebut saat prosesi pernikahan pada tanggal 10 – 11 Desember 2022 mendatang.

"Moga-moga nggak ada yang terganggu tapi kalau ada, kami mohon maaf yang sebesar-besarnya," ucap mantan Wali Kota Solo.

Seperti diketahui prosesi ngunduh mantu bakal digelar di rumah dinas Wali Kota Solo, Loji Gandrung. Setelah prosesi itu dilanjutkan dengan kirab kereta kencana menuju Pura Mangkunegaran.

Kirab tersebut rencananya digelar berbarengan dengan kegiatan masyarakat di Solo car free day. Bahkan, jalur yang dilintasi kirab tersebut merupakan Jalan Slamet Riyadi yang menjadi pusat kegiatan car free day setiap Minggu pagi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Jokowi Tunjuk Gibran dan Anwar Usman Jadi Jubir Pernikahan Kaesang dan Erina

Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka dan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Anwar Usman ditunjuk Presiden Joko Widodo atau Jokowi sebagai juru bicara di Acara pernikahan Kaesang Pangarep dengan Erina S. Gudono. Rencananya prosesi resepsi pernikahan akan digelar di Yogyakarta dan Solo.

"Juru bicaranya nanti Mas Gibran Rakabuming dan yang kedua, Pak Anwar Usman nggih,” kata Presiden Jokowi usai mengikuti rapat terakhir persiapan pernikahan Kaesang dan Erina di Ndalem Wuryoningratan, Solo, Minggu (4/12/2022)

Seperti diketahui kedua nama tersebut merupakan keluarga Presiden Jokowi. Gibran Rakabuming Raka yang menjadi Wali Kota Solo itu sebagai putra sulung Presiden Jokowi. Sedangkan Anwar Usman yang merupakan Ketua MK adalah suami dari adik kandung Presiden Jokowi, Idayati.

Presiden Jokowi menunjuk Gibran menjadi juru bicara untuk acara pernikahan bukan pertama kalinya. Saat acara pernikahan Kahiyang Ayu dengan Bobby Nasution pada 2017 silam, mantan Wali Kota Solo itu juga menunjuk putra sulungnya itu sebagai jubir pernikahan tersebut.

Ketika dimintai konfirmasinya terkait penunjukan sebagai juru bicara acara pernikahan Kaesang dan Erina, Gibran hanya membalas satu kata melalui layanan pesan instan WhatsApp. "Duh, tulisnya.

Sementara itu saat pernikahan Gibran Rakabuming Raka dengan Selvi Ananda pada 2015 lalu, Presiden Jokowi menunjuk salah satu pamannya, Setyawan Prasetyo sebagai juru bicara. Setyawan merupakan adik kandung dari mendiang ibunda presiden, Sujiatmi Notomiharjo.

3 dari 4 halaman

Jokowi Sebut Persiapan Pernikahan Kaesang dan Erina Sudah 99 Persen

Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengikuti rapat terakhir persiapan pernikahan anak ketiganya, Kaesang Pangarep dengan Erina S. Gudono di Ndalem Wuryoningratan di komplek House of Danar Hadi Solo pada Minggu (4/12/2022). Berdasarkan hasil rapat tersebut, Jokowi menyatakan persiapan untuk prosesi pernikahan telah siap dilakukan.

Diketahui, Jokowi menghadiri rapat didampingi Ibu Negara Iriana Jokowi dan kedua cucunya, Jan Ethes Srinarendra dan La Lembah Manah. Sedangkankan Wali Kota Solo yang juga putra sulungnya Gibran Rakabuming Raka datang terlambat dalam rapat persiapan akhir tersebut.

Selain Presiden Jokowi, rapat itu juga dihadiri Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Panjiatan, Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Investasi Bahlil Lahadalia dan Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo. Rapat tersebut berlangsung lebih dari dua jam.

Usai mengikuti rapat tersebut, Presiden Jokowi pun membeberkan hasilnya. Mantan Wali Kota Solo itu mengungkapkan jika semua persiapan untuk prosesi pernikahan putra bungsunya, Kaesang dengan Erina Gudono telah siap.

"Persiapannya sudah 99 persen. Alhamdulillah, semuanya dipersiapkan dengan baik," kata dia kepada wartawan di resto The Soga Eatery yang terletak di sebelah timur Ndalem Wuryoningratan, Minggu (4/12/2022).

Menurut dia, dari hasil rapat terakhir yang diikutinya itu bahwa persiapan untuk prosesi akad nikah di Yogyakarta pada Sabtu (10/12/2022) telah siap. Setelah dari Yogyakarta, selang sehari berikutnya akan digelar tasyakuran resepsi pernikahan yang diadakan di Solo pada Minggu (11/12/2022).

“Keberangkatan untuk kirabnya dari Loji Gandrung ke Mangkunegaran. Nanti tasyakuran (Mangkunegaran) akan diadakan tanggal 11 Desember pagi sampai malam,” sebutnya.

Dalam rapat persiapan terakhir itu, selain dihadiri keluarga Presiden Jokowi dan pejabat tinggi negara, juga hadir sejumlah vendor yang ditunjuk untuk menangani prosesi pernikahan Kaesang dan Erina baik yang di Yogyakarta maupun di Solo.

4 dari 4 halaman

Alasan Resepsi Pernikahan Kaesang dan Erina di Pura Mangkunegaran

Prosesi pernikahan putra bungsu Presiden Joko Widodo atau Jokowi, Kaesang Pangarep dan Erina S Gudono tidak digelar di gedung Graha Sabha Buana melainkan di Pura Mangkunegaran, Solo. Presiden Jokowi pun membeberkan alasan terkait lokasi pernikahan berbeda dengan pernikahan kedua kakaknya yang digelar di gedung milik keluarganya tersebut.

"Karena gedungnya kepakai," kata Presiden Jokowi kepada wartawan usai mengikuti rapat terakhir persiapan prosesi Pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina S Gudono di The Soga Eatery yang terletak di sebelah timur Ndalem Wuryoningratan, Minggu (4/12/2022).

Jokowi mengakui pihak keluarga kalah cepat untuk memesan tanggal untuk pernikahan Kaesang-Erina di Graha Sabha Buana. Pada tanggal tersebut, gedung serba guna milik keluarga Presiden Jokowi yang beralamat di Jalan Letjen Suprapto telah dipesan orang lain.

"Sepertinya kita kan punya gedung sendiri yang dulu apa, Mas Gibran dan Mbak Ayang (menikah) di situ tapi sudah dibooking masyarakat yang lain. Ya kita kan nggak bisa, masak harus mentang-mentang gedungnya sendiri langsung disuruh pindah harinya atau pindah gedung kan nggak bisa. Saya kira memang itu alasannya," jelas mantan Wali Kota Solo itu.

Pura Mangkunegaran akan digunakan sebagai tempat untuk penyelenggaraan prosesi tasyakuran resepsi pernikahan Kaesang dan Erina di Solo. Sebelumnya kedua calon mempelai akan menggelar prosesi ngunduh mantu di rumah dinas Wali Kota Solo, Loji Gandrung. Setelah itu mereka akan dikirab dengan kereta kencana menuju Pura Mangkunegaran.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS