Sukses

Heru Budi Harap Festival Dayung Ciliwung Sadarkan Warga Jaga Kebersihan Sungai

Liputan6.com, Jakarta - Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono berharap Festival Dayung Ciliwung 2022 yang digagas PB Persatuan Olahraga Dayung Seluruh Indonesia (PODSI) dapat meningkatkan kesadaran masyarakat untuk melestarikan lingkungan.

Dia menyambut baik Sungai Ciliwung terpilih sebagai tempat untuk mempopulerkan cabang olahraga dayung, mengingat sungai ini merupakan saksi sejarah berkembangnya Kota Jakarta dan sumber air baku warga Jakarta, sehingga keberadaannya harus dipelihara dengan baik dan dapat juga dikelola sebagai upaya mengendalikan banjir di Kota Jakarta.

"Di sini yang terpenting, saya imbau kepada seluruh masyarakat untuk tidak membuang sampah ke sungai. Sungai Ciliwung adalah aset milik kita, harus dijaga. Saya berharap, melalui Festival Dayung di Sungai Ciliwung dapat menyadarkan masyarakat untuk menjaga kebersihan sungai," kata Heru di Jakarta, Minggu (4/12/2022), seperti dilansir Antara.

Dengan sungai yang bersih, lanjut Heru, akan banyak manfaat yang timbul untuk kepentingan masyarakat banyak. "Termasuk di dalamnya sebagai sarana olahraga dan wisata air," ucapnya.

Heru juga turut mengapresiasi PB PODSI yang telah menginisiasi Festival Dayung Ciliwung 2022 dalam rangka mempublikasikan Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Cabang Olahraga Dayung Tahun 2022 di Situ Cipule Karawang, Jawa Barat yang akan diselenggarakan pada tanggal 8-20 Desember 2022.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Bersih Bersih Ciliwung

Senada dengan hal itu, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) sekaligus Ketua Umum PB PODSI, Basuki Hadimuljono mengatakan kegiatan festival dayung di Sungai Ciliwung dimaksudkan pula untuk menggencarkan gerakan bersih-bersih Sungai Ciliwung.

Pasalnya, kata Basuki, kelestarian sungai merupakan tanggung jawab bersama antara pemerintah dan seluruh lapisan masyarakat.

"Saya tadi bersama Pak Pj Gubernur menyusuri Sungai Ciliwung. Walaupun hanya dua kilometer, tapi tujuan kami bukan untuk mempopulerkan olahraga dayung tetapi juga untuk selalu memelihara Ciliwung. Kita (juga) bersih-bersih Ciliwung supaya satu-satunya sungai yang besar melewati Jakarta bisa dipakai oleh masyarakat dan sangat bermanfaat untuk kita. (Semoga) pemeliharaan Ciliwung ini bisa menjadi barometer dalam menjaga sungai-sungai di seluruh Indonesia," ucapnya.

Kegiatan Festival Dayung Ciliwung 2022 yang juga dihadiri para atlet dayung ini digelar pada Minggu pagi, yang dimulai dari sungai di sekitar Rusun Pasar Rumput, dan berakhir di dermaga Stasiun BNI City.

Dalam Festival Dayung Ciliwung 2022, Heru Budi Hartono bersama Basuki Hadimuljono secara simbolis melepas perahu dayung (80 perahu kano). Setelah itu, Ia bersama Menteri PUPR RI ikut menaiki perahu menyusuri Sungai Ciliwung sekitar dua kilometer menuju dermaga Stasiun BNI City.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS