Sukses

MPKF Salurkan Bantuan Korban Gempa Cianjur Senilai Rp 2 Miliar

 

Liputan6.com, Jakarta - Sebanyak 40 relawan Merah Putih Kasih Foundation (MPKF) bersama masyarakat terdampak gempa Cianjur bahu-membahu membongkar muat barang-barang kebutuhan di pengungsian. Didampingi kepolisian dan TNI, Tim MPKF bergerak menyusur jalan rusak untuk mendistribusikan bantuan.

Sepanjang perjalanan menuju Pos Komando (Posko), Tim MPKF melihat reruntuhan bangunan akibat gempa dengan Magnitudo 5.6 di Cianjur pada Senin, (21/11). Pos Komando (Posko) Penanganan Darurat Bencana Gempa Cianjur tercatat korban meninggal terdapat 330 jiwa, sementara ada 9 korban masih dinyatakan hilang dan masuk dalam Daftar Pencarian (DP).

Di samping itu, Posko Penanganan Darurat Bencana Gempa Cianjur mencatat masih ada sebanyak 109.386 jiwa (39.521 KK) berstatus sebagai pengungsi tersebar di 451 titik, dengan rincian 351 di pos pengungsian terpusat dan sisanya mandiri.

"Penyaluran bantuan dari MPKF selain untuk memenuhi kebutuhan di pengungsian, juga sekaligus memberi pesan kepada para korban gempa di Cianjur agar tetap kuat dan segera pulih," kata Ketua Umum Merah Putih Kasih Foundation Tommy Hermawan Lo, Minggu (4/12/2022).

MPKF menyalurkan sebanyak 54 kategori barang, termasuk tenda, obat-obatan, makanan, susu, pembalut, pakaian, hingga tenda, dengan jumlah anggaran lebih kurang Rp 2 miliar, langsung disalurkan 40 relawan dengan menggunakan 10 truk pengangkut bantuan.

"Bantuan berupa makanan dan pakaian, langsung disalurkan kepada korban gempa, sementara tenda dikumpulkan terlebih dahulu di Kodim 0608 lalu bersama-sama didistribusikan ke titik-titik paling memerlukan bantuan, sedangkan obat-obatan didistribusikan ke puskesmas dan balai desa di kecamatan terdampak gempa dan sangat membutuhkan," tuturnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Ringankan Beban

Bencana gempa Cianjur, menurut Dewan Pembina Merah Putih Kasih Foundation, Jerry Hermawan Lo menjadi momentum bersama-sama untuk berpegangan tangan erat bergotong-royong meringangkan beban korban terdampak Gempa Cianjur.

"Indonesia punya semangat gotong-royong begitu kuat, dan itu jadi kekuatan kita untuk saling menguatkan dalam keadaan sesulit apa pun. Semoga bantuan ini bisa meringankan korban bencana gempa Cianjur untuk lekas pulih dan bangkit dari keterpurukkan," katanya

Dengan bantuan tersebut, MPKF berharap bisa selalu hadir di tengah situasi sulit para korban dan mengajak masyarakat di luar sana untuk berempati dan sebisa mungkin menggulung lengan kemeja untuk sama-sama membantu korban terdampak Gempa Cianjur.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS