Sukses

Peringati Hari Disabilitas, Heru Budi Minta BUMD Jakarta Terima Tenaga Kerja Difabel

Liputan6.com, Jakarta - Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono mengimbau Dinas Tenaga Kerja dan jajaran Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) DKI menerima penyandang disabilitas sebagai tenaga kerja di perusahaannya. 

Hal itu diungkapkan Heru Budi saat menghadiri acara Jakarta Cinta Disabilitas dalam rangka memperingati Hari Disabilitas Internasional di Taman Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, Sabtu (3/12/2022).

Kata Heru, penerimaan difabel sebagai tenaga kerja di BUMD Jakarta ini sekaligus menjalankan amanat Undang-Undang (UU) Nomor 8 Tahun 2016 tentang Penyandang Disabilitas.

"Pak Kadis, tenaga kerja mungkin bisa diimbau tenaga kerja untuk yang terkait urusan perusahaan di Jakarta untuk bisa mengamanatkan menjalankan undang-undang nomor 8 tahun 2016," kata Heru.

"Dan saya berterima kasih kepada jajaran BUMD yang berinisiasi, mungkin mendahului untuk bisa menerima para difabel untuk bekerja di perusahaan ibu bapak sekalian," lanjut dia.

Ketua Baznas (BAZIS) DKI Jakarta Akhmad Abubakar menambahkan, job fair khusus untuk disabilitas ini diadakan pertama kalinya di Indonesia.

Akhmad menyebut, terdapat 20 perusahaan baik BUMD maupun swasta yang siap untuk menyerap tenaga kerja disabilitas. 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Fasilitas di Job Fair Khusus Disabilitas

Pada acara ini juga diberikan pelayanan kepada disabilitas berupa pembuatan SIM D/D1, pembuatan KTP dan pemeriksaan kesehatan. Semua pelayanan diberikan secara gratis untuk disabilitas.

Selain itu, juga didistribusikan Al Quran Braile sebanyak 30 penerima manfaat, murrotal digital sebanyak 150 penerima manfaat, bedah rumah disabilitas sebanyak enam rumah.

Ada pula pekan bagi borong dagangan ke enam pedagang, serta pelatihan content creator ke 20 penerima manfaat, dan graphic design sebanyak 18 penerima manfaat.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS