Sukses

KIB Sudah Buka Komunikasi dengan Parpol Lain, Berharap Bisa Bergabung dalam Waktu Dekat

Liputan6.com, Jakarta Wakil Ketua Umum PPP Amir Uskara mengaku Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) membuka komunikasi dengan partai-partai untuk berkoalisi.

"Kalau komunikasi kita bangun dengan seluruh partai ya, komunikasi terus kita lakukan," kata Amir di DPR, Jakarta, Jumat (2/12/2022).

Namun, jika ada yang menyebut partai lain untuk bergabung, menurut dia masih jauh. Beberapa partai itu masih terus membuka komunikasi dengan intens. Amir berharap akan segera menyatakan bergabung dalam waktu dekat.

"Ada beberapa partai yang semakin intens kita lakukan komunikasi dan kita berharap dalam waktu tidak beberapa lama menyatakan gabung," klaimm dia.

Setelah ada rekan baru koalisi, maka KIB siap membahas calon presiden yang akan diusung di Pilpres 2024. Amir mengatakan, deklarasi akan dilakukan setelah deklarasi partai yang baru gabung dengan KIB.

"Kita menunggu teman-teman segera mendeklarasikan bergabung setelah itu kita mendeklarasikan calon kita," katanya.

Diketahui, KIB berisikan gabungan tiga partai politik. Diantaranya Golkar, PAN, dan PPP.

 

 

 

**Liputan6.com bersama BAZNAS bekerja sama membangun solidaritas dengan mengajak masyarakat Indonesia bersedekah untuk korban gempa Cianjur melalui transfer ke rekening:

1. BSI 900.0055.740 atas nama BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional)2. BCA 686.073.7777 atas nama BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Ungkap Ciri-cirinya

Sebelumnya, Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto mengungkap ciri-ciri partai politik yang bakal bergabung ke Koalisi Indonesia Bersatu (KIB). Awalnya, Airlangga menyebut, bahwa KIB terus berkomunikasi baik dengan partai politik lain.

Hal itu disampaikan Airlangga usai makan malam bersama Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan,dan Plt Ketua Umum PPP Mardiono. Hadir pula Waketum PAN Asman Abnur, Bendahara Umum Golkar Dito Ganinduto, dan Waketum PPP Amir Uskara.

"Nah diperkuat ini tentu kita masih bicara dengan partai-partai lainnya akan bergabung, partai yang kita masih komunikasi baik," kata Airlangga di restoran Bunga Rampai, kawasan Menteng, Jakarta, Rabu (30/11/2022).

Dalam makan malam itu, Zulhas terlihat membawa bola warna dasar putih dengan corak kecil biru dan merah. Airlangga membeberkan, parpol yang bakal bergabung ke KIB sesuai warna bola itu.

Kata dia, warna bola tersebut pun identik dengan pakaian yang sering dipakai Presiden Jokowi. Nuansa pakaian Jokowi memang sering terlihat mengenakan baju putih polos lengan panjang.

"Tentu warnanya ada yang dipakai oleh kawan kita di sini, dan juga ada juga yang warnanya ada nuansa pakaian yang sering dipakai bapak presiden, yang bagian dari bola (piala dunia) itu juga," ucap Airlangga.

Namun, dirinya tidak menjelaskan detail siapa parpol tersebut. Airlangga hanya membeberkan ciri-ciri warnanya.

"Jadi warnanya tidak jauh dari yang ada di bola ini," tambah dia.

 

Reporter: Ahda Bayhaqi/Merdeka.com

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS