Sukses

Jokowi: Sudah Saya Cek, Rambut Pak Prabowo Sebagian Ada Putihnya

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengatakan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto memiliki ciri-ciri pemimpin yang betul-betul memikirkan persoalan rakyat. Pasalnya, kata dia, Ketua Umum Partai Gerindra itu memiliki kerutan di wajahnya.

"Tadi sudah saya cek ke Pak Prabowo, apakah beliau memiliki kerutan di wajahnya? Ternyata punya, kerutan wajahnya ada," kata Jokowi usai mereskikan Asrama Mahasiswa Nusantara (AMN) Surabaya, sebagaimana disiarkan di Youtube Sekretariat Presiden, Selasa (29/11/2022).

Selain itu, dia menyebut rambut Prabowo sebagian sudah berwarna putih. Prabowo yang berada di belakang Jokowi pun tertawa mendengar ucapan tersebut.

"Terus saya cek rambutnya, ternyata juga ada putihnya, sebagian udah ada putihnya. Artinya, seperti yang saya sampaikan, itu," jelas Jokowi.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo atau Jokowi mempersilakan masyarakat untuk menafsirkan apapun pernyataan terkait pemimpin berambut putih. Dia pun mengatakan banyak tokoh yang berambut putih, mulai dari Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo hingga Menteri Pertahanan Prabowo Subianto.

"Rambut putih kan banyak banget. Pak Basuki itu rambutnya putih, Pak Hatta Rajasa rambutnya putih. Pak Ganjar juga rambutnya putih. Siapa lagi yang rambutnya putih," kata Jokowi kepada wartawan di Kota Pontianak Kalimantan Barat, dilihat di Youtube Sekretariat Presiden, Selasa (29/11/2022)

"Pak Prabowo juga rambutnya agak putih," sambungnya.

Dia meyakini orang yang bekerja keras dengan sungguh-sungguh akan mempengaruhi kondisi fisiknya. Misalnya, muncul kerutan di wajah dan rambut yang memutih.

"Entah itu saking mikirnya betul, mikir bener, kerutannya jadi kerutan wajahnya jadi banyak. Termasuk, juga rambut, mikirnya sangat berlebihan dan keras karena bisa saja, rambutnya jadi putih. Kan gitu aja," jelas Jokowi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Prabowo dan Rambut Putihnya

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo atau Jokowi memberi kode soal ciri-ciri pemimpin yang memikirkan rakyat, yakni memiliki kerutan di wajah dan rambut putih. Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto menanggapi hal itu dengan santai.

Dia pun menunjukkan rambutnya pun telah memutih.

Komentar itu dilontarkannya usai menghadiri rapat dengan Komisi I DPR RI terkait kerja sama bidang pertahanan. Prabowo kemudian diminta pendapat oleh awak media soal pernyataan Jokowi itu.

Prabowo ditanya terkait ciri-ciri yang disebutkan oleh Presiden Jokowi soal pemimpin rambut putih. Mulanya, dia hanya tertawa sambil berjalan menghindari awak media.

Lalu, sebelum menuruni eskalator Prabowo pun menunjukkan dia pun memiliki rambut berwarna putih, tepat di pelipis sebelah kanan.

"Ini ada rambut putihnya dikit," kata Prabowo sambil tertawa di Gedung Nusantara II DPR RI, Senayan, Jakarta, Senin (28/11/2022).

Dia pun enggan memberikan komentar lebih detail dan berjalan menuruni eskalator.

3 dari 4 halaman

Jokowi soal Keriput dan Rambut Putih

Presiden Jokowi mengungkapkan ciri-ciri pemimpin yang betul-betul memikirkan persoalan rakyatnya. 

"Perlu saya sampaikan, perlu saya sampaikan, pemimpin yang mikirin rakyat itu kelihatan dari mukanya itu kelihatan," kata Jokowi dalam acara relawan 'Nusantara Bersatu' di Gelora Bung Karno (GBK), Sabtu (26/11/2022).

Di hadapan ribuan relawannya itu Jokowi menyebut bahwa pemimpin yang memikirkan rakyat dapat dilihat dari kerutan di wajahnya.

"Dari penampilannya itu kelihatan, banyak kerutan di wajahnya karena mikirin rakyat," ucap Jokowi.

Selain dari wajah, ciri lainnya dapat dilihat dari banyaknya rambut yang memutih.

"Ada juga yang mikirin rakyat sampai rambutnya putih semua, ada, ada itu," ujar Jokowi.

"Saya ulang, jadi pemimpin yang mikirin rakyat itu kelihatan dari penampilannya, dari kerutan di wajahnya," lanjut dia.

4 dari 4 halaman

Jatah Prabowo

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyinggung soal kemenangannya soal pemilihan umum (pemilu). Mulai dari level Pilkada sebagai wali kota dan gubernur, hingga Pemilu Presiden sebagai kepala negara, Jokowi selalu keluar menjadi pemenang ketika maju dan mendaftarkan diri.

"Saya ini dua kali wali kota di Solo menang, kemudian ditarik ke Jakarta gubernur sekali, menang. Kemudian dua kali di pemilu Presiden juga menang," kata Jokowi saat HUT Perindo di Jakarta, Senin (7/11/2022).

Usai mengatakan hal tersebut Jokowi langsung melirik Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto. Sambil tersenyum kepada sang mantan rival, Jokowi mengatakan Pilpres selanjutnya bakal jadi panggung Prabowo.

"Mohon maaf Pak Prabowo (senyum). Kelihatannya setelah ini jatahnya Pak Prabowo," tutur Jokowi disambut sikap hormat sempurna oleh Prabowo.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014
    Jokowi
  • H. Prabowo Subianto Djojohadikusumo adalah seorang pengusaha, politisi, dan mantan perwira TNI Angkatan Darat.
    H. Prabowo Subianto Djojohadikusumo adalah seorang pengusaha, politisi, dan mantan perwira TNI Angkatan Darat.
    Prabowo
  • H. Prabowo Subianto Djojohadikusumo adalah seorang pengusaha, politisi, dan mantan perwira TNI Angkatan Darat.
    H. Prabowo Subianto Djojohadikusumo adalah seorang pengusaha, politisi, dan mantan perwira TNI Angkatan Darat.
    Prabowo Subianto