Sukses

Survei SMRC: Nama Jokowi Masuk Top of Mind Kalahkan Prabowo dan Anies

Liputan6.com, Jakarta - Lembaga riset Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) merilis hasil survei terkait elektabilitas calon presiden 2024. Hasilnya, dalam skema pertanyaan top of mind kepada para responden, diketahui nama Ganjar Pranowo menempati urutan pertama dengan suara responden 16,6 persen, disusul Prabowo Subianto 13,4 persen, dan Anies Baswedan 12,1 persen.

"Pemilihan Presiden mendatang masih sekitar 1,5 tahun lagi. Tapi bila pemilihan Presiden diadakan sekarang ini, siapa yang akan Ibu/Bapak pilih sebagai Presiden RI?," kata Direktur Riset SMRC Deni Irvani saat memaparkan hasil survei SMRC, seperti dikutip daring, Minggu (27/11/2022).

Deni menjelaskan, di antara tiga nama teratas dalam survei top of mind, ternyata masih ada responden yang menyebut nama Jokowi dengan perolehan suara sebesar 13,9 persen mengalahkan Prabowo dan Anies.

Deni mengingatkan bahwa top of mind adalah jawaban yang spontan disampaikan responden saat ditanya pertanyaan terkait dan tanpa adanya nama tertentu yang disodorkan. Selain itu, dalam jawaban spontan tersebut masih ada 33,4 persen responden memilih menjawab tidak tahu.

"Dalam jawaban spontan, sekitar 33,4 persen warga belum tahu calon presiden yang mau dipilih," urai Deni.

Survei yang dilakukan SMRC berskala nasional dan dilakukan pada 5-13 November 2022. Populasi survei ini adalah seluruh warga negara Indonesia yang punya hak pilih dalam pemilihan umum, yakni mereka yang sudah berusia 17 tahun atau lebih, atau sudah menikah ketika survei dilakukan.

Dari populasi itu dipilih secara random atau multistage random sampling dan diperoleh total 1.220 responden. Kemudian, margin of error survei dengan ukuran sampel tersebut diperkirakan sebesar kurang lebih 3,1 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen (asumsi simple random sampling).

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Ganjar Pranowo Unggah Foto Berambut Hitam Usai Dikaitkan dengan Pidato Jokowi

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dikait-kaitkan dengan pidato Presiden Joko Widodo atau Jokowi yang diduga memberi kode soal calon pemimpin Tanah Air yang didukungnya. Usai ramai dikaitkan, Ganjar lalu mengunggah fotonya dengan rambut hitam di Instagram pribadinya @ganjar_pranowo pada Minggu (27/11/2022).

Foto tersebut diberi narasi singkat oleh Ganjar. Narasi tersebut soal perawatan wajah dan rambut. Namun tidak mengaitkannya dengan kode-kodean Jokowi.

"Cukur.. Kamu punya tips merawat wajah & rambut?" tulis Ganjar dalam unggahannya seperti dikutip Liputan6.com, Minggu.

Unggahan ini mendapat banyak tanggapan dari netizen. Beberapa mengaitkannya dengan kode Jokowi.

"Lho pakk..udah masuk kriteria..jgn di semir hitam," tulis salah satunya.

"Euadauh berarti kode kemarin keliru...tak pikir kode pakpres buat pak Ganjar..lha sakniki rambutnya pak Ganjar hitam..berarti kodenya untuk pak bas kemenpupr," tulis yang lain.

"Ben ndak dikiro rambut putih yo padhe," tulis lainnya.

 

3 dari 3 halaman

Ciri Ciri Pemimpin Menurut Jokowi

Sebelumnya, Presiden Jokowi mengungkapkan ciri-ciri pemimpin yang betul-betul memikirkan persoalan rakyatnya. Menurut dia, ciri-ciri itu dapat dilihat dengan mata telanjang.

"Perlu saya sampaikan, perlu saya sampaikan, pemimpin yang mikirin rakyat itu kelihatan dari mukanya itu kelihatan," kata Jokowi dalam acara relawan 'Nusantara Bersatu' di Gelora Bung Karno (GBK), Sabtu (26/11/2022).

Di hadapan ribuan relawannya itu Jokowi menyebut bahwa pemimpin yang memikirkan rakyat dapat dilihat dari kerutan diwajahnya.

"Dari penampilannya itu kelihatan, banyak kerutan di wajahnya karena mikirin rakyat," ucap Jokowi.

Selain dari wajah, ciri lainnya dapat dilihat dari banyaknya rambut yang memutih.

"Ada juga yang mikirin rakyat sampai rambutnya putih semua, ada, ada itu," ujarnya.

Pernyataannya soal ciri pemimpin yang memikirkan rakyat itu bahkan sampai diulang-ulang oleh Jokowi.

"Saya ulang, jadi pemimpin yang mikirin rakyat itu kelihatan dari penampilannya, dari kerutan di wajahnya," katanya.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS