Sukses

Puan Sebut Tak Ada Pembicaraan Politik Saat Megawati dan SBY Duduk Semeja

Liputan6.com, Jakarta - Ketua DPP PDIP sekaligus Ketua DPR RI Puan Maharani angkat bicara soal pertemuan antara sang ibu, Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri dengan Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dalam rangkaian Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali.

Puan turut hadir saat Megawati dan SBY duduk semeja bersama para mantan pemimpin Indonesia lainnya pada momen jamuan makan malam di acara KTT G20 Bali. Puan mengatakan, tidak ada pembicaraan politik di atas meja tersebut.

"Tidak ada. Tidak ada hal-hal terkait dengan politik kalau di meja besarnya ya. Saya enggak tahu kalau sendiri-sendiri bicara soal politik karena saya enggak mendengar pembicaraan tentang politik. Pembicaraannya adalah untuk Indonesia," ujarnya di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (17/11/2022).

Menurut Puan, antar-mantan presiden dan wakil presiden di jamuan makan malam itu hanya bicara topik yang sifatnya kekeluargaan. Mereka saling menyapa karena sudah lama tidak bertemu.

"Untuk pembicaraan, itu lebih terkait dengan hal-hal yang bersifat kekeluargaan. Sudah lama tidak bertemu, ngapain saja, sehat-sehat kah, bagaimana kemudian G20 ini menghasilkan sesuatu yang baik untuk Indonesia, bagaimana kita sama-sama sebagai tokoh bisa mendukung G20 ini berjalan dengan baik sesuai harapan dari seluruh negara dan tentu saja membuat Indonesia menjadi lebih hebat dan maju dan bisa menjadi satu negara yang dipertimbangkan oleh semua negara lainnya," kata Puan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Suasananya Sejuk, Semua Mendukung KTT G20

Ketua DPR RI ini bersyukur para pemimpin hadir dan berkumpul. Suasana juga cukup sejuk. Semuanya mendukung perhelatan KTT G20.

"Alhamdulillah cukup sejuk, dan saya sendiri yang hadir dalam kesempatan itu melihat bahwa mungkin setelah Covid baru pertama kali ini seluruh tokoh bangsa itu bisa berkumpul dalam satu meja untuk sama-sama mendukung G20," kata Puan.

Sebelumnya, Presiden kelima RI Megawati Soekarnoputri dan Presiden keenam RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) terekam duduk satu meja ketika jamuan makan malam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana (GWK) pada Selasa (15/11). Megawati dan SBY terlihat kompak mengenakan batik biru.

Ketua Umum PDIP dan Ketua Majelis Tinggi Demokrat itu duduk bersama para mantan pemimpin Indonesia. Di antaranya yang hadir Wakil Presiden ke-10 dan 12 RI Jusuf Kalla, Wakil Presiden kesembilan Hamza Haz, Wakil Presiden keenam RI Try Sutrisno, serta Ketua DPR RI Puan Maharani.

Momen akrab Megawati dan SBY menjadi sorotan. Sebab kedua tokoh nasional tersebut sering kali disebut saling tidak akur.

 

Reporter: Ahda Bayhaqi

Merdeka.com

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS