Sukses

Top 3 News: Saat Jokowi Banjir Pujian atas Penyelenggaraan KTT G20 Bali

Liputan6.com, Jakarta Banyak pujian datang dari para pemimpin negara kepada Presiden Joko Widodo atau Jokowi atas penyelenggaran KTT G20 Bali, Selasa 15 hingga Rabu 16 November 2022 kemarin.

Salah satunya datang dari Presiden Amerika Serikat Joe Biden. Biden menujukkan gestur hormat saat bertemu Jokowi di lokasi penyelenggaraan KTT G20, The Apurva Kempinski.

Pujian lainnya juga datang dari Pemerintah Rusia melalui Kementerian Luar Negeri. Presidensi Indonesia pada G20 disebut Rusia membawa pesan pemersatu.

Sementara itu, menurut Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) António Guterres, penyelenggaraan KTT G20 di Bali telah berhasil mendorong dialog di antara negara G20.

Berita kedua terpopuler kedua di top 3 news, Rabu, 16 November kemarin saat Presiden kelima RI Megawati Soekarnoputri dan Presiden keenam RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) berada satu meja di sela agenda G20.

Seperti diketahui, kedua tokoh nasional tersebut sering kali disebut saling tidak akur. Namun, pada 15 November kemarin, keduanya bisa duduk satu meja dengan para mantan presiden dan wakil presiden lainnya dan terlihat mengenakan pakaian berwarna senada, yakni biru.

Lantas, hal apa saja yang dibicarakan? 

Sementara itu, crazy rich asal Bandung, Doni Salmanan telah divonis 13 tahun penjara dengan denda Rp 10 miliar atas dugaan perjudian berkedok penipuan aplikasi Quotex.

Tak cukup sampai di situ,  JPU juga meminta majelis hakim agar mengabulkan permohonan berupa gantir rugi yang dialami para korban dengan total 75 orang. 

Berikut deretan berita terpopuler di kanal News Liputan6.com sepanjang Rabu, 16 November 2022:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

1. HEADLINE: Banjir Pujian Penyelenggaraan KTT G20 dan Presidensi G20 Jokowi, Keuntungan buat Indonesia?

Hingar bingar Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 yang telah disiapkan pemerintah Indonesia sudah mencapai puncaknya. Hampir seluruh pemimpin negara hadir di pulau Bali.

Meski telah ditutup dan estafet sudah diserahkan ke pemerintah India, puja puji para tamu negara yang hadir atas jamuan Indonesia tak terelakan.

Sebut saja, salah satunya datang dari Presiden International Olympic Committee (IOC) Thomas Bach ketika menghadiri jamuan makan siang di Bamboo Dome di The Apurva Kempinski, Nusa Dua, Bali. Ia mengutarakan, tema KTT G20 seusai dengan moto baru IOC, yang jelas selaras menggemakan semangat Olimpiade.

Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida menyampaikan penghargaan kepada Presiden Joko Widodo atas perannya dalam Presidensi G20. Keduanya telah bertemu di The Apurva Kempinski, Senin 14 September 2022.

Bahkan, Presiden Amerika Serikat Joe Biden memberikan gestur hormat dengan mengangkat tangan kanan sejajar kening ketika menemui Presiden Jokowi saat tiba di The Apurva Kempinski, lokasi penyelenggaraan KTT G20.

 

Selengkapnya...

3 dari 4 halaman

2. Doni Salmanan Dituntut 13 Tahun Penjara dan Denda Rp10 Miliar

Jaksa Penuntut Umum (JPU) menuntut terdakwa perkara dugaan perjudian berkedok penipuan aplikasi Quotex, Doni Muhammad Taufik alias Doni Salmanan, dengan hukuman 13 tahun penjara dan denda Rp10 miliar subsider 1 tahun penjara.

Tuntutan itu dimintakan oleh JPU dari Kejaksaan Negeri Kabupaten Bandung, dalam sidang yang digelar di Pengadilan Negeri Bale Bandung Kelas 1A, dengan Doni yang hadir virtual dari Lembaga Pemasyarakatan Narkotika Klas IIA Bandung.

"Menjatuhkan pidana badan terhadap Terdakwa Doni Muhammad Taufik alias Doni Salmanan dengan pidana penjara selama 13 tahun penjara dikurangi selama Terdakwa berada di dalam tahanan, dengan perintah Terdakwa tetap ditahan," kata JPU dalam petikan tuntutan dikutip lewat keterangan Kapuspenkum, Kejagung RI Ketut Sumedana, Rabu (16/11).

Tuntutan pokok itu sebagaimana Pasal 45 ayat (2) jo Pasal 28 Ayat (1) Undang -Undang Nomor 19 Tahun 2016 Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE) atau Kedua Pasal 378 KUHPidana soal perjudian.

Lalu pasal kedua Pasal 3 Undang-undang RI Nomor 8 Tahun 2010 tentang Pencegahan dan Pemberantasan Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU).

Selain itu, JPU juga menyatakan barang bukti no 1 sampai 32 tetap terlampir dalam berkas. Kemudian Barang bukti no 33 sampai 131 dirampas untuk dikembalikan kepada para korban secara proporsional.

 

Selengkapnya...

4 dari 4 halaman

3. SBY-Megawati Duduk Satu Meja, Rivalitas Politik Sebatas di Pemilu

Anggota Majelis Tinggi Demokrat, Syariefuddin Hasan, mengatakan, pertemuan satu meja antara Presiden kelima RI Megawati Soekarnoputri dan Presiden keenam RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) di sela agenda G20 merupakan pesan damai menyongsong Pemilu 2024. Ia menekankan bahwa rivalitas di pemilu hanya sebatas di kontestasi lima tahunan saja.

"Ya itu hanya sebatas kontestasi saja, setelah itu selesai," ujar Syarief di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (16/11/2022). 

Semua partai politik berharap Pemilu 2024 berjalan damai. Hal ini demi kepentingan bangsa yang lebih besar.

"Yang pasti komitmen kita semua menginginkan itu semua partai politik nasional menginginkan bahwa Pemilu 2024 kita dukung damai dan ini juga untuk kepentingan bangsa juga gimana kalau kita ngomongin kepentingan bangsa pasti semua memberikan dukungan," kata Syarief.

Namun, dalam pertemuan antara SBY dan Megawati tidak secara khusus bicara politik. Hanya bicara hal-hal yang ringan saja.

"Ringan-ringanlah kalau ketemu begitu hanya bicara ringan-ringan. Tidak mungkin yang serius. Kalau serius itu bilateral lah," ujar Syarief.

 

Selengkapnya...

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS