Sukses

Hari Pahlawan Meneguhkan Kembali Dawuh Para Ulama Jadi Spirit Gerakan Rakyat

Direktur Eksekutif Said Aqil Siroj (SAS) Institute, Sa'dullah Affandy mengatakan, hari pahlawan yang jatuh pada Kamis (10/11/2022) banyak momentum yang bisa diambil.

Liputan6.com, Jakarta Direktur Eksekutif Said Aqil Siroj (SAS) Institute, Sa'dullah Affandy mengatakan, hari pahlawan yang jatuh pada Kamis (10/11/2022) banyak momentum yang bisa diambil.

Dia pun menuturkan, hari pahlawan menjadi bukti atas keberanian dan penolakan rakyat Indonesia terhadap semua bentuk penjajahan, meski dilakukan oleh negara dengan kekuatan militer sangat disegani di dunia, Inggris.

Di mana, lanjut Affandy, rakyat Surabaya, sebagai aktor utama pertempuran Surabaya yang menjadi palagan peperangan, membuktikannya. Betapa mesin perang Inggris, pesawat tempur termutakhir, serta para Gurkha, tidak dapat mencegah tewasnya Mallaby, jendral Inggris, ditangan seorang santri.

"10 November juga membuktikan bahwa tekad yang kuat, keberanian yang digelorakan oleh semangat Jihad dapat memantik kesadaran orang bahwa penindasan selain tidak dapat dibenarkan juga harus dilawan dan tidak dapat dibiarkan begitu saja," kata dia dalam keterangannya.

Affandy mengungkapkan, hari pahlawan tidak bisa dilepaskan dengan peran dan kiprah kaum pesantren. Bahkan, lahirnya keberanian rakyat yang memantik perlawanan terhadap Kolonial dipicu oleh adanya Fatwa Jihad dari Hadlaratusysyaikh Hasyim Asyari.

Karenanya, lanjut dia, hari pahlawan 10 November merupakan implementasi dari hari santri yang melahirkan Resolusi Jihad.

"Dengan demikian, memperingati hari pahlawan sejatinya meneguhkan kembali momen ketika fatwa dan dawuh para ulama menjadi spirit bagi gerakan rakyat," tukas Affandy.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pernyataan Jokowi

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengucapkan Selamat Hari Pahlawan yang jatuh setiap tanggal 10 November.

Di memastikan pengorbanan para pejuang yang mendirikan Indonesia tak akan sia-sia.

"Pengorbanan para pejuang yang bertaruh nyawa untuk tegak dan berdirinya Republik Indonesia yang kita cintai ini takkan sia-sia," kata Jokowi melalui akun Instagramnya @jokowi, Kamis (10/11/2022).

Jokowi menyampaikan generasi penerus akan setia menjaga kemerdekaan Indonesia. Jokowi juga mengatakan generasi penurus para pahlawan akan memajukan Indonesia.

"Generasi penerus para pahlawan akan tetap setia menjaga kemerdekaan, mengisinya dengan pembangunan, dan melajukan negara ini ke arah kemajuan," ujarnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.