Sukses

Transjakarta Akan Tambah Bus Khusus Wanita di Koridor 1 dan 6

PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) berencana akan menambah bus khusus untuk penumpang wanita yang dicirikan berwarna pink di koridor 1 jurusan Blok M-Kota, serta di koridor 6 yakni Dukuh Atas-Ragunan.

Liputan6.com, Jakarta PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) berencana akan menambah bus khusus untuk penumpang wanita yang dicirikan berwarna pink di koridor 1 jurusan Blok M-Kota, serta di koridor 6 yakni Dukuh Atas-Ragunan.

Direktur Operasi dan Keselamatan PT Transjakarta Yoga Adiwinarto menegaskan, semuanya ini dilakukan bertahap.

"Bertahap kita nambah. Nah, sekarang itu ada di Koridor 3, 13, ada lagi 9. Kita mau tambah lagi di Koridor 1, Koridor 6," kata dia kepada wartawan, Selasa (8/11/2022).

Yoga menjelaskan, penambahan bus pink didasarkan pada banyaknya penumpang perempuan yang menggunakan layanan pada suatu koridor.

“Jadi gini, bus pink kita kan juga harus menyisir mana saja koridornya yang memang banyak pelanggan perempuannya banyak. Jadi memang kita fokuskan, kita targetkan dulu. Kita enggak mau langsung kesannya masif atau apa tapi cuma dapat dua atau tiga (penumpang)," ungkap dia.

Di sisi lain, untuk mencegah dan mengurangi kasus pelecehan seksual di Transjakarta, pihaknya juga telah merekrut 1.800 petugas untuk di dalam bus guna mencegah dan menangani bila terjadi pelecehan seksual.

"Kita ada hire 1.800 petugas di sana, di atas bus. Terus, semua itu kan fokusnya adalah untuk mencegah dan fokus penanganan. Memang yang kita dorong campaign-campaign tadi by standart. Jadi, orang itu saling mengawasi. Kalau ada orang tangannya udah gini-gini, yang liat langsung cegah atau apa. Ini yang kita dorong untuk sesama pelanggan, sama-sama mengawasi," jelas Yoga. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Saling Menjaga

Yoga juga berharap, seluruh penumpang dapat saling menjaga agar tidak ada lagi kasus pelecehan seksual yang terjadi.

"Jadi menurut saya, awareness pelanggan harus ditekankan. Saling jaga, saling bantu. Anggap lah tetangga itu saudara kamu yang harus kamu jaga banget ketika mereka ada upaya melecehkan atau apa," kata dia.

 

Reporter: Lydia Fransisca/Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.