Sukses

Survei SMRC, PDIP Masih Kuat di Jawa Tengah

Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) merilis hasil survei terbarunya, soal peta kantong suara terhadap elektabilitas partai.

Liputan6.com, Jakarta Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) merilis hasil survei terbarunya, soal peta kantong suara terhadap elektabilitas partai.

Hasilnya, tidak ada partai yang menguasai seluruh kantong suara dan masing-masing memiliki kekuatan dan kelemahan di beberapa wilayah.

Direktur Riset SMRC, Deni Irvani mengatakan sura terbesar dari total responden ada di PDIP dengan wilayah Jawa Tengah dan DIY.

Suara responden yang masuk hingga 37%. Meski begitu, peta suara PDIP tercatat kalah dengan Gerindra jika berada di Sumatera dengan perbandingan 15% dan 16%.

"Persaingan ketat suara responden juga terjadi di Jawa Barat. PDIP mengantongi 20% sedangkan Gerindra 19%, selisih 1%," urai Deni, Minggu (30/1/2022).

Deni melanjutkan, persaingan ketat peta suara yang mendekati wilayah kekuasaan PDIP kembali terjadi di Jawa Timur.

Kali ini Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) berhasil meraih 24% suara responden dan hanya terpaut 3% lebih kecil ketimbang PDIP yang meraih total 27% di Jawa Timur.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Terkait Survei

Sebagai informasi, survei dilakukan pada 3-9 Oktober 2022 dengan responden berasal dari seluruh Indonesia yang punya hak pilih dalam pemilihan umum, yakni mereka yang sudah berusia 17 tahun atau lebih, atau sudah menikah ketika survei dilakukan.

Responden dipilih secara random (stratified multistage random sampling) 1220 responden. Response rate sebesar 1027 atau 84%. Margin of error survei dengan ukuran sampel tersebut diperkirakan sebesar ± 3,1% pada tingkat kepercayaan 95% (asumsi simple random sampling).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.