Sukses

Kongres Pemuda Nasional 2022 Hasilkan Manifesto Pemuda Indonesia

Selama empat hari Kongres, yaitu sejak 24-27 Oktober, berbagai rangkaian kegiatan dilaksanakan. Mulai dari simposium nasional, dialog desa, kunjungan desa kreatif, dan Focus group discussion.

Liputan6.com, Jakarta Puncak pelaksanaan Kongres Pemuda Nasional 2022 diselenggarakan di The Radiant Center Ciputat, Tangerang Selatan pada Kamis (27/10/2022). Riyan Hidayat, selaku Koordinator Nasional Kongres Pemuda 2022 menyampaikan bahwa kegiatan ini diinisiasi oleh perwakilan pemuda dari organisasi primordial 34 Provinsi di Indonesia.

"Tiga hal yang kita bahas berkaitan dengan demokrasi, ekonomi dan gerakan sosial," kata dia kepada wartawan.

Selama empat hari Kongres, yaitu sejak 24-27 Oktober, berbagai rangkaian kegiatan dilaksanakan. Mulai dari simposium nasional, dialog desa, kunjungan desa kreatif, dan Focus group discussion.

"Ada tiga manifesto pemuda Indonesia yang dihasilkan dari pertemuan ini," ujar dia.

Pertama, mendorong reformasi kelembagaan dalam kultur demokrasi yang lebih transparan, efisien, dan efektif. Kemudian, mendorong pembangunan infrastruktur yang berkelanjutan dan terintegrasi dengan pengembangan sumber daya manusia yang berdaya saing.

"Ketiga, menuntut responsibilitas pemerintah atas pemberdayaan pemuda dalam berbagai aspek yang berkeadilan," kata Riyan.

Selain itu, juga mendorong pemerintah untuk dapat memanfaatkan momentum G20 tidak hanya berorientasi pada statistik pertumbuhan ekonomi, melainkan juga melaksanakan amanah konstitusi untuk pemerataan dan kesejahteraan ekonomi.

"Kami juga mendorong stimulus ekonomi kerakyatan secara transparan, tepat sasaran dan berkeadilan," ujar dia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Narasumber yang Hadir

Adapun marasumber yang hadir dalam kegiatan ini, Ketua Komtap organisasi Kadin Indonesia Guido D Kartasasmita, Komite Pedagang Pasar Abdul Rosyid, Ketua Umum Gema Mathlaul Anwar Ahmad Nawawi, dan Ketua Umum Pemuda Muslimin Indonesia Muhtadin Sabili.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini