Sukses

Soal Cawapres, Surya Paloh: NasDem Serahkan Hak Penuh ke Anies Baswedan

Menurut Paloh, kalau calon wakil Anies harus dipilihkan maka khawatir ada ketidakcocokan dengan Anies sebagai calon presidennya.

Liputan6.com, Jakarta Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh memastikan, memberikan hak dan ototitas penuh kepada Anies Baswedan untuk memilih sendiri calon wakil presidennya. Menurut Paloh, tidak akan ada intervensi dari pihak partai.

“Langsung kasih prioritas ke Bung Anies,” kata Surya Paloh saat mendeklarasikan Anies Baswedan sebagai Capres 2024 di NasDem Tower Jakarta, Senin (3/10/2022).

Menurut Paloh, kalau calon wakil Anies harus dipilihkan maka khawatir ada ketidakcocokan dengan Anies sebagai calon presidennya.

“(Misal dipilihkan) gimana kalau tidak cocok? Belum-belum cari penyakit,” ujar Paloh.

Paloh yakin, dengan memberi hak penuh kepada Anies Baswedan untuk memilih wakilnya maka akan terjadi kekompakan dalam tatanan pemerintahan.

“Kita ingin kekompakan dan ketika kita yakin dengan capres kita, nah pilih wakil yang pilih,” Paloh menandasi.

Diketahui, Anies sudah dideklarasikan oleh NasDem sebagai calon presiden 2024. Menyambut deklarasi itu, Anies sendiri mengaku siap untuk mengemban amanah tersebut.

“Dengan mengucap Bismilah, saya siap,” Anies memungkasi.

Surya Paloh juga mengungkapkan respons Jokowi saat Anies dipilih menjadi capres Nasdem. Paloh menegaskan, Presiden tidak mempermasalahkan langkah Nasdem tersebut. 

"Pertemuan saya terakhir mungkin 10 hari yang lalu. Dalam waktu singkat saya akan bertemu kembali, karena komunikasi berjalan intens," kata Surya Paloh.

"Ketika ditanya apakah saya sudah membicarakan, apa tanggapan beliau soal pencalonan Bung Anies, beliau (Presiden) ucapkan ya 'baik bagus, saya menghargai itu'. Saya pikir ini lebih dari cukup," ujar dia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Deklarasi Dukungan

Partai NasDem sebelumnya menggelar deklarasi dukungan Anies Baswedan. Paloh mengungkapkan, ada alasan tersendiri Nasdem mendukung Anies Baswedan untuk maju sebagai Capres 2024. Paloh menegaskan, Nasdem memiliki keyakinan pikiran dalam perspektif secara makro dan mikro atas pilihannya ini.

"Kami mempunyai keyakinan pikiran dalam persepektif secara makro dan mikro sejalan dengan apa yang kami yakini. Kami ingin menitipkan perjalanan ini ke depan insyaAllah jika Anies ini terpilih menjadi presiden. Pimpinanlah bangsa ini menjadi bangsa bermartabat, bangsa mampu membentuk karaketr bangsa ini," ujar dia.

"Mengapa Anies Baswedan? Jawabannya, Why Not The Best," imbuh Paloh.

Anies yang hadir langsung di acara tersebut, menyambut baik pendeklarasian ini. Dia pun tersenyum seraya mendengarkan pidato Surya Paloh.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.