Sukses

Jokowi Terima 3 Calon Ketum Hipmi, Harap Bisa Berkompetisi secara Sehat

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo atau Jokowi menerima Badan Pengurus Pusat (BPP) Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) di Istana Merdeka Jakarta, Kamis (22/9/2022). Jokowi menerima laporan persiapan Musyawarah Nasional (Munas) XVII Hipmi pada Desember 2022, di mana salah satu agendanya pemilihan ketua umum.

Selain itu, tiga calon ketua umum (caketum) Hipmi memperkenalkan diri kepada Jokowi dalam kesempatan tersebut. Ketiga caketum itu adalah, Sekretaris Jenderal Hipmi Bagas Adhadirgha, Ketua Bidang Keuangan dan Perbankan Hipmi Anggawira, dan Wakil Ketua Umum BPP Hipmi Akbar Himawan Buchari.

"Kita diterima oleh Pak Presiden mengenai kegiatan Munas Hipmi ke-17, kita audiensi karena beliau juga sebagai senior Hipmi. Arahan dari Bapak Presiden, tadi masing-masing calon ketua umum diperkenalkan," kata Ketua SC Munas XVII Hipmi Dede Indra Permana Soediro kepada wartawan usai pertemuan, Kamis.

Dia mengatakan Presiden Jokowi meminta agar ketiga calon ketua umum Hipmi bisa berkompetisi secara sehat dan baik. Dede menyebut ketiga caketum tersebut merupakan kader-kader terbaik Hipmi.

"Semua masing-masing kader terbaik Hipmi dan semua di kepengurusan Hipmi dari tingkatan bawah sampai sekarang ini menjadi pengurus harian," ujar Dede.

Dede menuturkan nantinya ketiga caketum akan menyampaikan kuliah umum dan memaparkan visi misi terbaiknya untuk kepentingan ekonomi Indonesia. Pasalnya, ketua umum Hipmi terpilih diharapkan bisa membantu pemerintah menopang perekonomian nasional.

"Khususnya, sekarang ini dengan menghadapi tantangan ekonomi yg secara global menurun, caketum ini bagaimana bisa menggairahkan perekonomian bangsa Indonesia," jelas Dede.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Tantangan Hipmi

Salah satu caketum Hipmi, Bagas Adhadirgha menuturkan bahwa tantangan ekonomi ke depan tidaklah mudah. Dia pun berambisi menjadikan Hipmi sebagai pusat kewirausahaan nasional.

"Dan ke depan dalam tiga tahun ke depan harapannya mampu mencetak 1 juta pengusaha baru dalam rangka menyambut bonus demografi yang terjadi pada tahun 2030," tutur Bagas.

Dia menilai Hipmi sudah memiliki instrumen untuk menumbuhkan pengusaha-pengusaha baru. Misalnya, dengan kehadiran Hipmi perguruan tinggi dan program Hipmi akademi.

"Kita punya program yang namanya Hipmi akademi yang itu bertugas untuk mementoring kawan-kawan yang ingin jadi pengusaha sejak muda," ucap Bagas.

Dalam pertemuan ini, Jokowi didampingi Menteri Sekretaris Negara Pratikno. Turut hadir mendampingi para Calon Ketua Umum yakni, Bendahara Umum BPP HIPMI Hilda Kusumadewi dan Ketua OC Munas M Ali Affandi Mattalitti.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014
    Jokowi
  • HIPMI adalah singkatan dari Himpunan Pengusaha Muda Indonesia.
    HIPMI