Sukses

Detik Detik Toko Emas di ITC BSD Tangerang Digondol Rampok Bersenpi

Liputan6.com, Tangerang - Terjadi perampokan di sebuah Toko Emas, ITC BSD Serpong Tangerang pada Jumat (16/9/2022). Polisi turun tangan memburu pelaku. 

"Kami melakukan pengejaran dan pencarian terhadap pelaku," ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Endra Zulpan dalam keterangan tertulis, Jumat (16/9/2022).

Zulpan mengatakan, pihaknya telah menyita sejumlah barang bukti yang akan dijadikan petunjuk untuk mengidentifikasi pelaku. CCTV salah satunya.

"Barang bukti selongsong peluru, pecahan kaca etalase dan rekaman CCTV," kata dia.

Zulpan menerangkan, pihaknya telah melakukan olah Tempat Kejadian Perkara (TKP). Beberapa saksi dan korban telah dimintai keterangan.

Berdasarkan kesaksian mereka, seorang lelaki berpenampilan serba hitam yang diduga sebagai pelaku berjalan melalui pintu lobby Utara.1 Gedung ITC menuju ke toko emas sekitar pukul 11.47 WIB.

"Seorang laki-laki (pelaku) menggunakan masker warna hitam, topi warna hitam, celana panjang, baju warna hitam, dan sarung tangan warna hitam ke Toko Emas Sinar Mas," ujar dia.

Zulpan mengatakan, pelaku melepaskan tembakan satu kali ke arah dalam toko. Sejumlah emas di dalam etalase dikuras habis.

"Pelaku memecahkan etalase kaca yang berisikan perhiasan berupa emas dengan senjata api sejumlah saksi. Setelah itu pelaku langsung mengambil emas yang berada di dalam etalase dengan menggunakan tangan kiri, sambil pelaku menodongkan senpi kepada orang yang ada di sekitar lokasi kejadian," ujar dia.

Zulpan mengatakan, pelaku kabur membawa emas curian melalui pintu lobby 1 Utara. Saat itu, seorang saksi sempat berusaha mengejar. Namun, tak berhasil ditangkap. "Pelaku tidak dapat terkejar," ujar dia.

Zulpan mengatakan, pihaknya belum bisa mentaksir kerugian yang ditanggung pemilik toko akibat perampokan tersebut.  "Kerugian materi masih dalam proses penghitungan," ujar dia.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Selidiki Senjata Perampok

Polisi menyelidiki senjata api (senpi) yang dipakai perampok toko emas Sinar Mas di ITC BSD, Kota Tangerang Selatan (Tangsel), Jumat (16/9/2022). Perampokan terjadi saat kondisi toko sepi pengunjung.

"Kita masih dalami untuk senjata api yang digunakan," ungkap Kapolres Tangsel AKBP Sarly Sollu, di lokasi kejadian.

Pasalnya, selongsong atau proyektil peluru yang ditemukan di etalase emas, ternyata sudah digosok. Sehingga memerlukan waktu untuk mengetahui jenis senjata api yang digunakan.

"Jenis peluru masih diidentifikasi untuk proyektil karena pecah, selongsong itu sudah digosok, sehingga masih perlu pendalaman menggunakan laboratorium," kata Sarly.

Orang tidak dikenal mendatangi toko emas Sinar Mas ITC BSD untuk melakukan perampokan. Dia menodongkan senjata dan menembakkan satu buah peluru ke etalase.

Kemudian, pelaku mengambil sepapan emas atau perhiasan dari etalase yang berhasil dia pecahkan. Lalu, pelaku kabur melalui pintu keluar masuk pengunjung, yang ada di sebelah toko emas tersebut.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS