Sukses

Melihat Momen Keakraban Presiden Jokowi dan Prabowo Subianto di Maluku

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo alias Jokowi kembali tampak bersama Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto, saat meninjau unit pengolahan ikan di PT Samudera Indo Sejahtera, Kota Tual, Maluku pada Rabu, 14 September 2022.

Dalam foto yang diterima Redaksi Liputan6.com, tampak Presiden Jokowi dan Menhan Prabowo Subianto sedang berdialog. Jokowi tampak menunjukan rumput laut yang merupakan hasil dari para nelayan dan pembudidaya rumput laut di Kota Tual, Maluku tersebut.

Sementara salah satu perwakilan dari pembudidaya rumput laut menjelaskan, perkembangan budidaya rumput laut di Kota Tual sangat menjanjikan. Hal tersebut, menurutnya, merupakan hasil kerja sama yang baik antara pemerintah pusat, provinsi, hingga kota.

“Kami pembudidaya sudah mendapatkan hasil yang baik berkat kerja sama dari pemerintah pusat maupun pemerintah provinsi dan pemerintah Kota Tual, sehingga yang kami nikmati saat ini cukup menjanjikan,” ujar perwakilan dari mereka, seperti dikutip dari siaran pers Kantor Sekretariat Presiden, Kamis (15/9/2022). 

Menurut nelayan tersebut, budidaya tersebut menjanjikan karena dalam satu musim para pembudidaya dapat melakukan panen sebanyak empat kali dengan rata-rata hasil panen berkisar 400 kilogram rumput laut. 

“Jadi bisa 1 ton, 1 ton lebih sedikit. Budidaya di sini menjanjikan pak,” lanjut dia. 

Para pembudidaya pun mengaku bersyukur dengan harga rumput laut yang saat ini di pasaran berada pada kisaran angka Rp25.000 per kilogram. Menurutnya, harga tersebut cukup tinggi jika dibandingkan dengan harga rumput laut tahun lalu. 

“Tahun lalu Rp15.000, Rp16.000. Bagi kami pembudidaya (saat ini) sudah sangat cukup,” kata dia.

Mendengar hal itu, Presiden Jokowi mengatakan harga saat ini sudah mencapai Rp25.000 hingga Rp35.000. Presiden berharap hal itu dapat disyukuri.

“Jadi bagus itu. Masih Rp25.000 ya disyukuri,” ucap Presiden. 

Selain Prabowo, turut mendampingi Presiden Jokowi adalah Ibu Kepala Negara Iriana Jokowi, Menteri Perikanan dan Kelautan Sakti Wahyu Trenggono, Gubernur Maluku Murad Ismail, Bupati Maluku Tenggara Muhamad Thaher Hanubun, Wakil Bupati Maluku Tenggara Petrus Beruatwarin, dan Wali Kota Tual Adam Rahayaan. 

 

 

 

 

 

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 3 halaman

Akrabnya Jokowi dan Prabowo Saat Serahkan 40 Motor untuk TNI di Maluku

Presiden Jokowi dan Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto, tampak mempertontonkan keakraban saat berkunjung ke Komando Distrik Militer (Kodim) 1503/Tual, Kabupaten Maluku Tenggara, Provinsi Maluku.

Kunjungan mereka, diketahui untuk memberikan 40 unit motor dinas untuk tentara setempat.

"Untuk itu, pembinaan dan pembangunan kekuatan teritorial salah satu unsur yang sangat penting, jadi semua Babinsa, Koramil, Kodim, Korem, dan Kodam akan kita berdayakan. Jadi itu dalam rencana besar kita, bagian dari pertahanan negara yang sistemnya adalah hankamrata (pertahanan keamanan rakyat semesta)," ujar Prabowo dalam keterangan pers diterima, Rabu 14 September 2022.

Prabowo menambahkan, penyerahan 40 unit kendaraan roda dua tersebut juga akan diberikan kepada Bintara Pembina Desa (Babinsa) di seluruh wilayah Indonesia. Menurutnya, kendaraan bermotor yang akan diberikan merupakan produksi lokal yang akan dibuat oleh perusahaan dalam negeri.

"Ini baru saja awal karena nanti seluruh Babinsa akan kita kasih motor dan nanti rencananya motornya akan kita buat di dalam negeri di Indonesia oleh Pindad dan PT Len dibawah holding industri pertahanan, holding yang sekarang yaitu Defend ID," ungkap Prabowo.

Prabowo pun menegaskan komitmen seluruh komponen pertahanan Tanah Air untuk menjalankan amanah Presiden Jokowi dalam menjaga kekayaan dan keanekaragaman yang dimiliki Indonesia.

"Kalau kita kaya dan kita tidak jaga, ya salah kita sendiri kalau kekayaan kita diambil," kata dia.

Sebagai informasi, turut mendampingi dalam momentum ini adalah Gubernur Maluku Murad Ismail, Bupati Maluku Tenggara Muhamad Thaher Hanubun, Wakil Bupati Maluku Tenggara Petrus Beruatwarin, dan Wali Kota Tual Adam Rahayaan.

3 dari 3 halaman

Gerindra Buka Peluang Posisikan Jokowi Jadi Cawapres Prabowo di Pilpres 2024

Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Habiburokhman bicara peluang memasangkan Prabowo Subianto dengan Joko Widodo Atau Jokowi.

"Ya kalau kemungkinan ya ada saja. Dan secara konstitusi kan dipertegas oleh MK. Tanpa putusan MK kan juga sudah jelas, bisa," ujar Habiburokhman di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu 14 September 2022.

Anggota Komisi III DPR itu  mengatakan, secara konstitusi memang membolehkan Jokowi untuk maju lagi. Namun, dalam konteks politik tergantung kewenangan partai. Di Gerindra berada di tangan Prabowo selaku Ketua Umum Gerindra.

"Ya kalau secara konstitusi memungkinkan. Tapi dalam konteks politik ya itu bukan kewenangan saya. Kewenangannya ada di pak Prabowo kalau partai Gerindra," ungkap dia.

Sementara itu, di internal Partai Gerindra masih mencari calon wakil presiden alias cawapres. Pada saatnya akan diumumkan.

"Sedang dalam proses. Pada saatnya akan diumumkan," kata Habiburokhman.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.