Sukses

JakPro Klaim Telah Tindak Lanjuti Rekomendasi PSSI Soal Infrastruktur JIS

Pelaksana tugas (Plt) Direktur Proyek JIS Arry Wibowo menjelaskan salah satu bentuk simulasi yang dilakukan JakPro ialah pada akses dan drop off pemain di JIS.

Liputan6.com, Jakarta - PT Jakarta Propertindo (Jakpro) mengklaim telah menindaklanjuti berbagai masukan maupun rekomendasi mengenai infrastruktur Jakarta International Stadium (JIS) dari Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI). Salah satunya melalui berbagai simulasi yang dilakukan di JIS.

Pelaksana tugas (Plt) Direktur Proyek JIS Arry Wibowo menjelaskan salah satu bentuk simulasi yang dilakukan JakPro ialah pada akses dan drop off pemain di JIS. di mana JakPro menyiapkan dua opsi.

Arry menyatakan untuk lantai dua, bus sedang dan kecil dapat digunakan, baik milik tim home maupun away. Sementara itu, untuk bus besar, JakPro menyiapkan area yang terhubung langsung dengan ramp dan lantai dua tempat ganti pemain. Menurut Arry, aksesnya pun mudah dan jaraknya tidak jauh dan bisa digunakan tim home maupun away.

“Kami siapkan skema ada dua opsi. Jadi akan mempermudah pemain masuk ruang ganti dan areanya pun akan steril dari penonton atau supporter,” kata Arry dalam keterangannya, Rabu (14/9/2022).

Kendati demikian, Arry mengatakan pembangunan JIS memiliki banyak tantangan mulai dari perencanaan, hingga pelaksanaan konstruksinya. Terutama, kata Arry dengan adanya Pandemi Covid-19.

VP Corporate Secretary Jakpro, Syachrial Syarif menambahkan bahwa saat ini JIS sudah siap menyelenggarakan pertandingan nasional maupun internasional.

"Fokus kami adalah menyediakan fasilitas JIS, guna menghadirkan kenyamanan bagi tim pemain maupun penonton,” ujar Syachrial.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

JIS Belum Layak Digunakan

Sebelumnya, PSSI melakukan uji kelayakan Jakarta International Stadium atau JIS jelang laga antara timnas Indonesia dan Curacao dalam FIFA matchday. Hasilnya, PSSI menyebut JIS belum layak digunakan untuk menggelar FIFA matchday.

Dengan demikian, Laga pertama pada 24 September 2022 bakal dilangsungkan di Gelora Bandung Lautan Api. JIS awalnya direncakan jadi tempat berlaga kedua Timnas Indonesia vs Curacao pada 27 September 2022.

Berdasarkan hasil inspeksi tim Infrastructure Safety and Security PSSI, sejumlah infrastruktur JIS dianggap belum memenuhi kelayakan 100 persen infrastruktur.

Diantaranya yakni di area drop off tim fan sirkulasi aktivitas terkait pertandingan di outer perimeter menumpuk di barat utara. Bahkan concourse timur, dinyatakan belum dapat digunakan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.