Sukses

Mengenang Mendiang Lady Diana, Menantu Ratu Elizabeth II yang Pernah Jadi Guru TK

Lady Diana, ibu dari Pangeran William dan Pangeran Harry mulai menjadi sorotan publik saat dirinya dikabarkan akan menikah dengan pewaris takhta kerajaan Inggris, Pangeran Charles.

Liputan6.com, Jakarta - Wafatnya penguasa Britania Raya, Ratu Elizabeth II, pada Kamis 8 September 2022 kemarin, membuat publik diajak kembali menengok ke belakang pada sederet perjalanan hidup putra putri sang Ratu. Tak terkecuali para menantunya yang tak luput dari sorotan warga dunia.

Salah satunya sosok mendiang Lady Diana, mantan istri Pangeran Charles.

Bernama lengkap Diana Frances Spencer, ibu dari Pangeran William dan Pangeran Harry tersebut mulai menjadi sorotan publik sejak dirinya dikabarkan akan menikah dengan pewaris takhta kerajaan Inggris, Pangeran Charles.

Tak banyak publik yang tahu, jika sebenarnya Putri Diana dan Pangeran Charles merupakan tetangga di Sandringham. Kedua keluarga juga telah lama saling mengenal dan pernah diundang untuk berakhir pekan di Althorp pada November 1977.

Di lokasi itulah, Lady Diana Spencer dan Pangeran Charles kembali dipertemukan. Kisah kasih keduanya berlanjut hingga akhirnya memutuskan untuk mengucap janji pernikahan di Katedral St Paul di London pada 29 Juli 1981.

Mewarisi gelar bangsawan dari sang ayah sebagai Lady Diana Spencer pada tahun 1975, tak serta merta membuat wanita kelahiran 1 Juli 1961 tersebut merasa seperti di atas angin dibanding masyarakat umumnya. Diana diketahui pernah bekerja sebagai guru taman kanak-kanak (TK) di Young England Scholl di Pimlico.

Saat masih duduk di bangku sekolah, Diana juga dikenang sebagai pianis ulung dan pandai menari. Dia juga memiliki rasa sosial yang tinggi kepada sesamanya. Hal ini terus berlanjut hingga dirinya menjadi salah satu anggota kerajaan Inggris. Tak sedikit aktivias sosial dan kemanusiaan yang digeluti semasa hidupnya.

Salah satunya saat melakukan kunjungan ke Indonesia pada tahun 1989 silam. Saat mengunjungi Rumah Sakit Sitanala di Banten, Indonesia, Princess of Wales ini nekat duduk di tempat tidur penderita kusta dan menjabat tangan mereka. Putri Diana bahkan tak ragu menyentuh perban yang membungkus luka para pasien.

Hal serupa juga dilakukan Lady Diana pada pasien kusta di Rumah Sakit Anandaban di Kathmandu Selatan, 4 Maret 1993.

Menjadi istri dari Charles, Putra Makhota Kerajaan Inggris, memang itulah salah satu kegiatan Lady Diana Spencer dalam tugas kenegaraan. Namun, begitu dirinya bercerai sang Putri mengundurkan diri dari sebagian besar amal dan perlindungan lainnya, dan melepaskan semua janji dinasnya dengan unit militer.

Berikut sederet fakta menarik dari mendiang Lady Diana semasa hidupnya sebagai putri kerajaan Inggris: 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Masa Kecil dan Remaja Lady Diana Spencer

Princess of Wales, sebelumnya Lady Diana Frances Spencer, adalah putri bungsu dari Viscount dan Viscountess Althorp saat itu, sekarang mendiang Earl Spencer (8) dan mendiang Nyonya Shand-Kydd, putri Baron Fermoy ke-4. Sampai sang ayah mewarisi gelar bangsawannya, lalu dia diberi gelar The Honorable Diana Spencer.

Viscount Althorp adalah gelar bangsawan untuk George VI dari tahun 1950 hingga 1952, dan untuk Ratu dari tahun 1952 hingga 1954. Orang tua Lady Diana, yang menikah pada tahun 1954, berpisah pada tahun 1967 dan pernikahan tersebut berakhir pada tahun 1969. Earl Spencer kemudian menikahi Raine, Countess of Dartmouth pada tahun 1976.

Bersama dengan dua kakak perempuannya Sarah (lahir 1955), Jane (lahir 1957) dan saudara laki-lakinya Charles (lahir 1964), Diana terus tinggal bersama ayahnya di Park House, Sandringham, hingga kematian sang kakek, Earl Spencer ke-7.

Pada tahun 1975, keluarga tersebut pindah ke posisi Spencer di Althorp (sebuah rumah megah yang berasal dari tahun 1508) di Northamptonshire, di Midlands Inggris.

Lady Diana dididik pertama kali di preparatory school Riddlesworth Hall di Diss, Norfolk, dan kemudian pada tahun 1974 menimba ilmu ke West Heath, dekat Sevenoaks, Kent.

Di sekolah dia menunjukkan bakat khusus dalam bidang musik (sebagai pianis ulung), menari dan ilmu rumah tangga, dan memperoleh penghargaan sekolah sebagai gadis yang memberikan bantuan maksimal kepada sekolah dan teman-teman sekolahnya.

Putri Diana meninggalkan West Heath pada tahun 1977 dan menyelesaikan studinya di Institut Alpin Videmanette di Rougemont, Swiss, yang dia tinggalkan setelah masa Paskah tahun 1978. Tahun berikutnya dia pindah ke sebuah flat di Coleherne Court, London. Untuk sementara dia merawat anak dari pasangan orang Amerika, dan dia bekerja sebagai guru taman kanak-kanak di Young England School di Pimlico.

3 dari 5 halaman

2. Menikah dengan Pangeran Charles

Pada 24 Februari 1981 secara resmi diumumkan bahwa Lady Diana akan menikah dengan Pangeran Wales. Keduanya tetangga di Sandringham sampai tahun 1975, keluarga mereka sudah saling kenal selama bertahun-tahun, dan Lady Diana dan Pangeran bertemu lagi ketika dia diundang ke akhir pekan di Althorp pada bulan November 1977.

Mereka menikah di Katedral St Paul di London pada 29 Juli 1981, dalam sebuah upacara yang menarik pemirsa televisi dan radio global yang diperkirakan berjumlah sekitar 1.000 juta orang, dan ratusan ribu orang berbaris di rute dari Istana Buckingham ke Katedral. Resepsi pernikahan digelar di Istana Buckingham.

Pernikahan itu diresmikan oleh Uskup Agung Canterbury Dr Runcie, bersama dengan kepala Katedral St Paul; pendeta dari denominasi lain membaca doa.

Sang Putri adalah wanita Inggris pertama yang menikahi pewaris takhta selama 300 tahun.

Pengantin wanita mengenakan gaun sutra taffeta dengan kereta sepanjang 25 kaki yang dirancang oleh Emanuels, kerudungnya dihiasi oleh tiara berlian keluarga Spencer, dan dia membawa karangan bunga gardenia, lili, freesia putih, mawar, anggrek putih dan stephanotis.

Lima pengiring pengantin menyertai Putri Diana, termasuk putri Putri Margaret Lady Sarah Armstrong-Jones (sekarang Lady Sarah Chatto). Pangeran Andrew (sekarang Duke of York) dan Pangeran Edward (sekarang Earl of Wessex) adalah Pendukung Pangeran Wales.

Dari pernikahanny tersebut, Lady Diana dikaruniai dua orang putra, yaitu Pangeran William Arthur Philip Louis lahir pada 21 Juni 1982 dan Pangeran Henry (Harry) Charles Albert David pada 15 September 1984, keduanya lahir di Rumah Sakit St Mary, Paddington, di London.

Selain itu, Sang Putri juga diketahui memiliki 17 anak baptis.

4 dari 5 halaman

3. Kisruh Rumah Tangga hingga Berujung Perceraian

Pada November 1995 Sang Putri memberikan wawancara televisi, di mana dia berbicara tentang ketidakbahagiaannya dalam kehidupan pribadi dan tekanan dari peran publiknya. Kisruh rumah tangga itu membuat Pangeran dan Putri Wales akhirnya bercerai pada 28 Agustus 1996.

Kendati demikian, Pangeran dan Putri Wales terus berbagi tanggung jawab yang sama untuk membesarkan anak-anak mereka. Sang Putri pun terus dianggap sebagai anggota Keluarga Kerajaan.

Ratu, Pangeran dan Putri Wales setuju bahwa Putri Diana akan dikenal setelah perceraian sebagai Diana, Putri Wales, tanpa gelar 'Yang Mulia' (karena Putri Diana diberi gelar 'HRH' pada pernikahan namun berakhir perceraian). Sang Putri terus tinggal di Istana Kensington, dengan kantornya berbasis di sana.

Setelah perceraiannya, sang Putri mengundurkan diri dari sebagian besar amal dan perlindungan lainnya, dan melepaskan semua janji dinasnya dengan unit militer.

Namun, Diana tetap sebagai pelindung Centrepoint (amal tunawisma), English National Ballet, Misi Kusta dan Perwalian AIDS Nasional, dan sebagai Presiden Hospital for Sick Children, Great Ormond Street dan Rumah Sakit Royal Marsden.

Pada bulan Juni 1997, Lady Diana menghadiri resepsi di London dan New York sebagai preview dari penjualan sejumlah gaun dan jas yang dikenakan olehnya pada pertunangan resmi, dengan hasil akan amal.

Sang Putri menghabiskan ulang tahunnya yang ke-36 dan yang terakhir pada 1 Juli 1997 menghadiri perayaan ulang tahun ke-100 Galeri Tate. Keterlibatan resmi terakhirnya di Inggris adalah pada 21 Juli, ketika dia mengunjungi Rumah Sakit Northwick Park, London (unit kecelakaan dan darurat anak-anak).

5 dari 5 halaman

4. Lady Diana Berpulang

Kematian tragis Princess of Wales terjadi pada Minggu 31 Agustus 1997. Dia mengalami kecelakaan mobil di Paris, Prancis.

Kendaraan yang ditumpangi Sang Putri terlibat dalam kecelakaan berkecepatan tinggi di underpass Place de l'Alma, di pusat kota Paris sesaat sebelum tengah malam pada Sabtu 30 Agustus.

Sang Putri dibawa ke Rumah Sakit La Pitie Salpetriere, di mana dia menjalani dua jam operasi darurat sebelum dinyatakan meninggal pada pukul 03.00 waktu setempat. Pendamping Putri Diana saat itu, Dodi Fayed, dan pengemudi kendaraan tewas dalam kecelakaan itu, sementara seorang pengawal terluka parah.

Jenazah Putri Diana kemudian dipulangkan ke Inggris pada Minggu malam 31 Agustus dengan pesawat BAe 146 Royal Squadron. Pangeran dari Wales dan kakak perempuan Putri, Lady Sarah McCorquodale dan Lady Jane Fellowes, menemani peti mati Putri Diana dalam perjalanan pulangnya.

Setibanya di RAF Northolt, peti mati, yang dibungkus dengan bendera Royal Standard, diturunkan dari pesawat dan dipindahkan ke mobil jenazah yang menunggu oleh rombongan pembawa dari Skuadron Warna Ratu RAF. Perdana Menteri termasuk di antara mereka yang menghadiri pesta resepsi.

Dari RAF Northolt peti mati dibawa ke kamar mayat pribadi di London, sehingga formalitas hukum yang diperlukan dapat diselesaikan.

Tak lama setelah tengah malam, ia dipindahkan ke Kapel Royal di Istana St James, di mana ia dibaringkan secara pribadi sampai Jumat 5 September, lalu dibawa ke Istana Kensington untuk malam terakhir sebelum pemakaman pada Sabtu 6 September, di Westminster Abbey.

Keluarga dan teman-teman Putri mengunjungi Kapel untuk memberi penghormatan. Setelah upacara pemakaman, peti mati itu kemudian dibawa melalui jalan darat ke perkebunan keluarga di Althorp. Sang Putri dimakamkan di tanah suci di sebuah pulau di tengah danau hias.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.