Sukses

JakPro Sebut Baru Tunjuk Kantor Akuntan untuk Audit Formula E pada Pekan Ini

Direktur Utama (Dirut) PT Jakarta Propertindo (JakPro) Widi Amanasto menanggapi pernyataan anggota DPRD DKI Jakarta Fraksi Partai PDI Perjuangan (PDIP)

Liputan6.com, Jakarta - Direktur Utama (Dirut) PT Jakarta Propertindo (JakPro) Widi Amanasto menanggapi pernyataan anggota DPRD DKI Jakarta Fraksi Partai PDI Perjuangan (PDIP) yang merasa janggal sebab tidak adanya kantor akuntan yang bersedia mengaudit anggaran pelaksanaan Formula E.

Menanggapi hal itu, Widi menampik tudingan tersebut. Dia menyebut sudah ada kantor akuntan yang ditunjuk melalui proses tender.

"Sudah ada yang ditunjuk melalui proses tender," kata Widi kepada wartawan, Rabu (7/9/2022).

Namun, Widi tak mengungkap kantor akuntan yang mengaudit anggaran pelaksanaan ajang balap mobil Formula E yang rampung digelar 4 Juni 2022 di sirkuit E-Prix, Ancol, Jakarta Utara.

Lebih lanjut, Widi menyampaikan penunjukan itu nyatanya baru dilakukan dalam minggu ini.

"Minggu ini ternyata," ujar Widi.

Sebelumnya, Gilbert mengatakan ada kesewenang-wenangan dalam pengelolaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) terkait kasus Formula E.

Pemanggilan Anies oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), kata Gilbert harus menjadi titik membuka kejelasan terkait anggaran pelaksanaan Formula E.

"Pemanggilan Gubernur Anies dalam kaitannya dengan Formula E diharapkan memberi kejelasan atas ketertutupan pengelolaan keuangan dalam pelaksanaan Formula E," kata Gilbert dalam keterangannya, Jakarta, Rabu (7/9/2022).

Tidak hanya itu, Gilbert juga merasakan ada kejanggalan saat rapat evaluasi Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD (P2APBD). Dimana tidak adanya kantor akuntan yang bersedia mengaudit data audit pada P2APBD tersebut.

"Dalam rapat evaluasi P2APBD minggu lalu, jelas terungkap bahwa audit tidak kunjung dilaksanakan dengan alasan tidak ada Kantor Akuntan yang baik yang bersedia mengaudit," kata Gilbert.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pemprov Klaim Sudah Gandeng Pihak Swasta

Sebelumnya, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menyatakan telah menggandeng pihak swasta untuk melakukan audit total terhadap penyelenggaraan balap mobil listrik Formula E Jakarta.

“Sedang dilakukan audit khusus Formula E. Kita minta Formula E ini ada audit khusus untuk itu doang, jadi kami enggak ingin ada masalah di kemudian hari, berkaca dari tahun lalu,” kata Pelaksana Tugas (Plt) Kepala BP BUMD Budi Purnama di Balai Kota DKI Jakarta, Jumat 17 Juni 2022.

Budi berujar proses audit tersebut diproyeksi selesai pada pertengahan Juli 2022.

“Audit paling cepat selesai 1,5 bulan. Mudah-mudahan pertengahan Juli sudah keluar,” ujar dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.