Sukses

Sapa Warga di Lampung, Jokowi Berpesan: BLT BBM Jangan Buat Beli Handphone!

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memantau langsung jalannya pembanguan bantuan langsung tunai bahan bakar minyak (BLT BBM), saat kunjungan kerjanya ke Lampung

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memantau langsung jalannya pembagian bantuan langsung tunai bahan bakar minyak (BLT BBM), saat kunjungan kerjanya ke Lampung, Sabtu (3/9/2022). Diketahui, Lampung adalah provinsi ketiga kepala negara setelah Provinsi Papua dan Provinsi Maluku, dalam giat senada.

“Presiden Joko Widodo meninjau langsung pembagian Bantuan Langsung Tunai (BLT) Bahan Bakar Minyak (BBM) di Provinsi Lampung,” tulis Siaran Pers Kantor Sekretariat Presiden, Sabtu (3/9/2022).

Jokowi tiba di Kantor Pos Bandar Lampung pukul 09.30 WIB. Bersama Iriana Joko Widodo, rombongan kepresidenan langsung disambut Wakil Gubernur Lampung Chusnunia Chalim, Kepala Dinas Sosial Provinsi Lampung Aswarodi, Direktur Jaminan Sosial Kementerian Sosial Heri Kris, dan Direktur Bisnis Jaringan dan Layanan Keuangan PT Pos Indonesia Tonggo Marbun.

“Ingat ya uangnya jangan dibelikan handphone,” pesan Jokowi kepada masyarakat penerima BLT BBM.

Usai menyaksikan proses pemberian BLT BBM di kantor pos, kepala negara memastikan proses BLT BBM sudah berjalan baik. Selain itu, Jokowi juga memuji sistem pendistribusian yang juga berjalan bagus.

Sementara itu terkait kenaikan harga BBM bersubsidi, Jokowi menyampaikan Istana sudah melakukan kalkulasi dan perhitungannya telah diterima. Artinya soal tersebut tinggal menunggu waktu yang tepat untuk diputuskan.

“Tinggal ini kita putuskan,” Jokowi memungkasi.

Tampak hadir menyertai Presiden dan Ibu Iriana, Sekretaris Kabinet Pramono Anung dan Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal Bahlil Lahadalia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3 Jenis Bansos

Sebelumnya, di tengah kabar kenaikan harga BBM, pemerintah memberikan tiga tambahan bantalan sosial atau bansos yang akan diberikan kepada masyarakat.

Adanya bansos ini diharapkan dapat melindungi daya beli masyarakat dari tekanan kenaikan harga global dan juga mengurangi angka kemiskinan di Indonesia.

"Sesuai instruksi Presiden Jokowi, untuk memberikan bantalan perlindungan sosial dan menjaga daya beli masyarakat, pemerintah akan memberikan 3 jenis tambahan bantalan sosial," kata Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati melalui akun Instagram pribadinya @smindrawati, Selasa 30 Agustus 2022. Berikut 3 jenis bantalan sosial yang disiapkan pemerintah sebesar Rp 24 triliun di tengah kabar harga BBM naik:

1. Bansos 12,4 triliun untuk 20,65 juta warga Indonesia

2. BLT 9,6 triliun untuk 16 juta pekerja

3. Bantuan pemda 2,17 triliun untuk transportasi umum

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • BLT adalah program bantuan pemerintah yang berjenis pemberian uang tunai atau beragam bantuan lainnya kepada masyarakat miskin.

    blt

  • BBM atau Bahan Bakar Minyak adalah materi apapun yang bisa diubah menjadi energi.

    BBM

  • lampung