Sukses

Disambut Antusias Warga Tanimbar, Jokowi: Mereka Kepingin Ketemu Pemimpinnya

Adapun ribuan warga Kepulauan Tanimbar menyambut dengan gembira kunjungan Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana sejak Kamis, 1 September 2022.

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo atau Jokowi menilai wajar jika masyarakat Kepulauan Tanimbar Provinsi Maluku sangat antusias menyambut kedatangannya. Pasalnya, kata dia, sudah lebih dari 50 tahun tak ada presiden yang berkunjung ke Kepulauan Tanimbar.

"Mungkin sudah lama sekali di Saumlaki, di Kepulauan Tanimbar ini tidak pernah dikunjungi (Presiden), sudah lebih dari 50 tahun. Kalau masyarakat begitu antusias ya karena mereka mungkin kepingin ketemu pemimpinnya," kata Jokowi di Kepulauan Tanimbar Maluku, Jumat (2/9/2022).

Adapun ribuan warga Kepulauan Tanimbar menyambut dengan gembira kunjungan Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana sejak Kamis, 1 September 2022. Para warga menyambut kedatangan Jokowi mulai dari Bandar Udara Mathilda Batlayeri hingga hotel tempat Jokowi bermalam.

"Pak Jokowi… Pak Jokowi," teriak warga sepanjang jalan dari mulai Bandar Udara Mathilda Batlayeri hingga hotel tempat menginap Presiden dan rombongan.

Sambutan masyarakat juga sangat antusias di hari kedua kunjungan Jokowi, Jumat (2/9/2022). Sejak mulai Pasar Olilit hingga kantor pos, ribuan warga menyambut sepanjang jalan.

Sebelumnya, Pj Bupati Kepulauan Tanimbar Daniel Indey menjelaskan bahwa Presiden Republik Indonesia terakhir mengunjungi Kepulauan Tanimbar adalah Presiden Soekarno pada tahun 1958.

"Tentunya masyarakat bergembira, senang, dan antusias menyambut Presiden Jokowi, mengingat kunjungan terakhir Presiden ke Tanimbar adalah Presiden Soekarno tahun 1958," tutur Daniel.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Jokowi Berikan BMK dan BLT

Sebagai informasi, kunjungan Jokowi ke Kepulauan Tanimbar ini untuk menyerahkan bantuan sosial kepada para penerima manfaat di Pasar Olilit. Bantuan sosial yang diberikan berupa bantuan modal kerja (BMK) dan bantuan langsung tunai (BLT).

Selain itu, Jokowi juga menyerahkan bantuan sosial berupa BLT bahan bakar minyak (BBM) kepada masyarakat di Kantor Pos Saumlaki. Ia juga diagendakan meninjau optimalisasi sistem penyediaan air minum (SPAM) Wermomolin di Kabupaten Kepulauan Tanimbar.

Jokowi dan Iriana dijadwalkan lepas landas menggunakan Pesawat Khusus RJ-85 menuju Kota Ambon, Provinsi Maluku, untuk selanjutnya melanjutkan perjalanan ke Provinsi Lampung melalui Bandar Udara Internasional Pattimura, dengan menggunakan Pesawat Kepresidenan Indonesia-1.

 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 3 halaman

Jokowi Ingatkan Warga Uang Bantuan Jangan Dibelikan Baju Baru

Saat memberikan bantuan langsung tunai (BLT) bahan bakar minyak (BBM) dan BLT Produktif kepada masyarakat, Jokowi mengingatkan masyarakat agar uang bantuan yang diberikan pemerintah tidak dipakai untuk hal-hal yang konsumtif.

"Ingat ya, bantuan ini jangan dibelikan handphone. Jangan juga dibelikan baju baru," kata Jokowi dikutip dari siaran pers Sekretariat Presiden, Jumat.

Adapun nilai BLT BBM yang diberikan Jokowi sebesar Rp600.000 untuk empat bulan. Jokowi berharap bantuan ini dapat menjaga daya beli masyarakat.

"Tadi diserahkan untuk dua bulan di depan untuk Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Provinsi Maluku ini di Saumlaki. Dan kita harapkan dengan suntikan BLT BBM ini, daya beli masyarakat dapat terjaga dengan baik," jelasnya.

Dalam kesempatan itu, Jokowi juga menjelaskan bahwa harga BBM masih dikalkulasi. Dia menyampaikan semua perhitungan dan kalkulasi terkait BBM akan diberikan hari ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.