Sukses

Usai Bertemu Golkar, PSI Bakal Bertemu PAN dan PPP, Sinyal Gabung KIB?

Raja Juli Antoni mengungkapkan, bahwa partainya bakal bertemu dengan PAN dan PPP dalam waktu dekat. Dia mengatakan, pertemuan tersebut hanya untuk berkomunikasi.

Liputan6.com, Jakarta - Partai Solidaritas Indonesia (PSI) melalui Sekretaris Dewan Pembina, Raja Juli Antoni mengungkapkan, bahwa partainya bakal bertemu dengan PAN dan PPP dalam waktu dekat. Dia mengatakan, pertemuan tersebut hanya untuk berkomunikasi.

"Mungkin minggu depan ada parpol lain untuk berkomunikasi. Kalau enggak PAN, PPP," kata Raja, kepada wartawan, di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (1/9/2022).

Diketahui, PSI sebelumnya bertemu dengan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto di Kantor DPP Golkar, pada Selasa 23 Agustus 2022 lalu. Golkar, PAN dan PPP merupakan partai politik yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Bersatu (KIB).

Namun, saat ditanyakan apakah pertemuan dengan ketiga partai politik tersebut sebagai sinyal kuat PSI bergabung dengan KIB, Raja enggan menjawab secara detail.

"Belum pasti (gabung KIB). Yang paling penting ini penjajakan, menyamakan persepsi, menyamakan pandangan," ucapnya.

Akan tetapi, Raja menjelaskan pertemuan-pertemuan itu, adalah dalam rangka mencari penerus Joko Widodo sebagai Presiden pada 2024 nanti. Sebab, PSI memiliki kriteria tertentu dalam menentukan calon presiden penerus Jokowi.

Jika sudah sepakat dengan kriteria calon presiden tersebut, barulah PSI mencapai kesepakatan untuk bergabung dengan koalisi partai politik tertentu.

"Kriterianya saja deh. Yang bisa memastikan pembangunan infrastruktur yang belum selesai bisa dilanjutkan, pembangunan SDM berjalan," ujar Raja.

"Kedua, tentu mencari pemimpin yang nasionalis sejati, bukan pemimpin yang gunakan politik identitas untuk meraih dukungan masyarakat," tambahnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

PSI dan KIB Punya Visi Sama

Sebelumnya, Ketua Umum DPP PSI Giring Ganesha menyatakan, sekarang adalah masa pendekatan pihaknya dengan Koalisi Indonesia Bersatu (KIB).

“Ini sedang PDKT, masa pendekatan. Kita sedang mencari titik persamaan, hobi apa, makanan kesukaan apa. Kalau banyak hal cocok, mungkin saja berlanjut ke pelaminan. Nah, PSI punya satu kesamaan dengan Golkar: Sama-sama ingin melanjutkan hal-hal baik yang sudah dikerjakan Pak Jokowi,” kata Giring dalam keterangannya, Rabu 24 Agustus 2022.

Seperti diketahui, bersama PAN dan PPP, Partai Golkar membentuk KIB. Visi dan misi KIB adalah melanjutkan prestasi dan keberhasilan Presiden Joko Widodo.

“Tadi kami sempat menyimak langsung soal visi dan misi tersebut dari Mas Airlangga. Program Rembuk Rakyat PSI juga mau mencari penerus Pak Jokowi. PSI dan KIB punya visi yang sama bahwa kerja-kerja Pak Jokowi yang sudah baik perlu dilanjutkan,” tambah Giring.

Reporter: Alma Fikhasari

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.