Sukses

Ini Jawaban Anies Baswedan Saat Ditanya soal Maju di Pilpres 2024

Liputan6.com, Jakarta Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan, dirinya akan terus berkonsentrasi menuntaskan tanggung jawab di Jakarta sampai waktunya selesai di pertengahan tahun 2022 ini.

Adapun ini disampaikannya usai ditanya peluangnya untuk maju di Pemilu 2024 sebagai calon presiden.

"Saya terus konsentrasi untuk menuntaskan tanggung jawab di Jakarta. Semoga bisa terlaksana dengan baik," kata Anies usai melaksanakan upacara HUT ke-77 RI di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu 17 Agustus 2022.

Jika pekerjaannya sebagai pemimpin Jakarta telah selesai, barulah mantan Menteri Pendidikan era Presiden Jokowi ini akan mau menjawab urusan Pilpres 2024.

"Sesudah itu, baru nanti kita komentar dengan urusan-urusan di luar Jakarta," kata Anies.

Sebelumnya, dia mengatakan masa jabatannya memimpin ibu kota memang akan berakhir pada 16 Oktober 2022 nanti. Namun, menurutnya, Gubernur DKI Jakarta tidak akan kosong dan selalu ada.

"Jadi selalu diingat gubernur selalu ada, Anies yang tugasnya tinggal dua bulan. oleh itu, DKI Jakarta akan terus menjalankan tugasnya," kata Anies di Plaza Selatan Monas, Rabu (17/8/2022).

Kendati masa jabatannya akan segera berakhir, Anies memastikan bakal tetap menjalankan tugasnya sebagai Gubernur DKI Jakarta.

"Oleh itu, DKI Jakarta akan terus menjalankan tugasnya," ujar Anies.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Banyak Program

Di antaranya, kata Anies, seperti program kesehatan, pendidikan, perekonomian, hingga program terkait peluang kerja yang lebih luas lagi di Jakarta.

"Jadi bangkit itu dalam semua aspek ya, semangatnya meningkat ya, karyanya lebih banyak. Harapannya, tiap-tiap keluarga pun merasakan perasaan kebangkitan yang sama," tutur dia.

Sejauh ini, kata Anies semua aspek di Kota Jakarta dapat bangkit sesuai dengan tema Perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia (RI) yang ke-77, yaitu Pulih Lebih Cepat Bangkit Lebih Kuat.

“Alhamdulillah indikator-indikator yang kita lihat hari ini menunjukkan bahwa Jakarta memang bangkit lebih cepat Insya Allah,” kata dia.

 

3 dari 3 halaman

Anies Salah Satu Nama Capres yang Sedang Dikaji

Diketahui, Ketua Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) DPR RI, Jazuli Juwaini, menyebutkan, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan adalah salah satu kandidat capres yang dikaji partainya dalam perhelatan Pilpres 2024.

"Untuk nama capres ini masih kita kaji masih terus kita dalami, kita lihat terus kriteria-kriteria. Insya Allah Pak Anies salah satu yang dikaji, juga anak bangsa lain yang hebat-hebat masih masuk juga dalam daftar untuk dikaji dan didalami," kata Jazuli, di Kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa (16/8/2022), seperti dilansir Antara.

Kandidat capres yang sedang dikaji tidak akan dibuka ke publik karena bukan untuk dipamerkan. Nantinya, PKS akan mengumumkan nama capres yang mereka usung setelah diputuskan.

"Kuat tidak kuat itu nanti begitu diumumkan. Kita akan mengkaji, ini bukan pameran, untuk dipamer-pamerkan," ujarnya.

 

Reporter: Lydia Fransisca/Merdeka.com

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS