Sukses

I Dewa Ayu, Paskibraka Pembawa Baki Bendera Pusaka di Istana Merdeka

I Dewa Ayu Firsty Meita Dewanggi yang merupakan perwakilan dari Provinsi Jawa Tengah terpilih sebagai pembawa bendera Merah Putih. Saat ini, Dewa Ayu menempuh pendidikan di SMA Negeri 2 Kudus.

Liputan6.com, Jakarta Pasukan Pengibar Bendera Pusaka atau Paskibraka Tim Pancasila Tangguh bertugas untuk mengibarkan bendera Merah Putih pada Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia di Istana Merdeka Jakarta, Rabu (17/8/2022).

I Dewa Ayu Firsty Meita Dewanggi yang merupakan perwakilan dari Provinsi Jawa Tengah terpilih sebagai pembawa bendera Merah Putih. Saat ini, Dewa Ayu menempuh pendidikan di SMA Negeri 2 Kudus.

Tiga lainnya dari Kelompok 8 yang bertugas untuk mengibarkan bendera yakni, Rafly Tri Aditama sebagai Komandan Kelompok 8 yang mewakili Provinsi Kalimantan Tengah.

Kemudian, Mario Adhiyaksa Sihombing sebagai pembentang bendera yang mewakili Provinsi Sumatra Utara. Lalu, Bramantya Rizky Wiratama sebagai pengerek bendera yang mewakili Provinsi Jawa Barat.

Sementara itu, Kolonel Laut (P) Andike Sry Mutia, S. Sos, didapuk menjadi Komandan Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia. Dia menjabat sebagai Komandan Pusat Pendidikan Pelaut Komando Pendidikan Operasi Laut Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan TNI AL.

Kapten Inf. Arya Dwinanda Wijayendra, S.ST.Han ditunjuk sebagai Komandan Kompi Paskibraka. Dia kini bertugas sebagai Komandan Kompi Senapan A Yonmek 202/Tajimalela Brigif Mekanis 1 PAM Ibu Kota/JS Kodam Jaya.

Adapun bertindak sebagai Perwira Upacara ialah Brigadir Jenderal TNI Novi Helmy Prasetya. Lahir di Bangkalan, 10 November 1971, saat ini menjabat sebagai Kepala Staf Garnisun Tetap I/Jakarta. Beliau merupakan lulusan Akademi Militer tahun 1993.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengukuhan 68 anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) yang akan bertugas saat peringatan HUT Kemerdekaan ke-77 RI di Istana Merdeka Jakarta, pada 17 Agustus mendatang. Upacara pengukuhan berlangsung di Halaman Istana Merdeka Jakarta, Senin (15/8/2022).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Formasi 17-8-45

Seperti diketahui, pihak Istana menerapkan formasi Paskibraka lengkap pada HUT Kemerdekaan ke-77 RI. Ada 68 anggota yang akan bertugas sebagaimana tahun- tahun sebelumnya dengan formasi 17-8-45.

"Semua pasukan penuh, jadi 17-8-45 kita mainkan," kata Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono kepada wartawan, Jumat 12 Agustus 2022.

Seperti diketahui, Upacara HUT Kemerdekaan ke-77 RI pada 17 Agustus 2022 akan dilakukan secara terbuka. Sebelumnya, peringatan HUT Kemerdekaan RI digelar secara terbatas dalam dua tahun terakhir karena situasi pandemi Covid-19.

Pihak Istana mengatakan ada 2.000 masyarakat yanf diundang dalam Upacara Detik-Detik Proklamasi di Istana Merdeka Jakarta. Sementara itu, ada 3.000 masyarakat yang diundang pada Upacara Penurunan Bendera di sore hari.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini