Sukses

Pidato di Malaysia soal 3 Isu Kritis Dunia, SBY: A Better World is Possible

SBY didapuk menjadi keynote speaker dalam acara Syarahan Canselor Tuanku Muhriz ke-5 di Universiti Kebangsaan Malaysia (UKM). Dalam kesempatan itu, SBY menyoroti tiga isu krisis dunia.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menyoroti tiga isu kritis yang kini menjadi tantangan masyarakat internasional, yaitu resesi geopolitik, resesi ekonomi, dan perubahan iklim.

Hal itu disampaikan SBY dalam pidatonya yang berjudul 'A Better World is Possible' saat menjadi menjadi keynote speaker dalam acara Syarahan Canselor Tuanku Muhriz Ke-5 di Universiti Kebangsaan Malaysia (UKM), Selasa (16/8/2022). 

“Sebagai mantan kepala negara dan kepala pemerintahan, saya selalu percaya, Dunia yang Lebih Baik Itu Mungkin. Jika, semua tantangan itu dapat diatasi dengan tatanan dunia yang efektif, sehat, dan adil,” kata SBY dalam keterangan tertulis.

SBY lalu mengajak negara-negara di dunia untuk membangun kerja sama, di mana kekuatan besar, menengah, dan kecil berinteraksi atas dasar kesamaan daripada perbedaan. 

“Dengan pola pikir berwawasan ke depan dan meninggalkan permainan zero-sum demi pendekatan menang,” ucap SBY.

Terakhir, untuk mempromosikan kerja sama geopolitik, SBY mendorong perlunya menutup defisit kepercayaan yang semakin melebar dengan sebuah kepercayaan antarnegara.

“Kembangkan kepercayaan strategis antarnegara,” kata Susilo Bambang Yudhoyono memungkasi.

Sebagai informasi, acara ini turut dihadiri oleh ratusan tamu undangan termasuk dari Indonesia. Tampak hadir Dubes Indonesia untuk Malaysia, Hermono, beserta jajarannya.

Selain itu, hadir juga sejumlah mantan Menteri dan wakil Menteri Kabinet Indonesia Bersatu, yaitu Djoko Suyanto, Hatta Rajasa, Purnomo Yusgiantoro, Dino Patti Djalal, Andi Mallarangeng, serta mahasiswa Indonesia di yang berkuliah di UKM.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

SBY Akan Upacara HUT ke-77 RI di Malaysia

Selain menyampaikan kuliah umum, dalam kunjungan di Malaysia SBY juga akan menghadiri santap malam dengan tuan rumah Yang Di-Pertuan Besar Negeri Sembilan Tuanku Muhriz ibni Munawir, yang juga merupakan Canselor UKM. 

Rencananya, SBY juga akan mengikuti Upacara Peringatan HUT Kemerdekaan RI esok harinya, Rabu 17 Agustus 2022, di KBRI Kuala Lumpur, Malaysia.

Termasuk akan diadakan pertandingan persahabatan bola voli antara klub Lavani, juara Proliga 2022 melawan tim dari Malaysia yang akan dilaksanakan pada sore harinya di Shah Alam, Selangor.

Sebelumnya diberitakan, Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono tidak bisa menghadiri Sidang Tahunan MPR yang digelar di Gedung Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (16/8/2022). Sebab, SBY tengah berada di Malaysia.

Selain pejabat negara, Sidang Tahunan MPR kali ini Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri, Wakil Presiden ke-10 Jusuf Kalla, Wapres Try Sutrisno, Wapres Hamzah Haz, hingga Wapres Budiono.

 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.