Sukses

Jokowi Kukuhkan Anggota Paskibraka yang Bertugas dalam HUT ke-77 RI di Istana

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengukuhan 68 anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) yang akan bertugas saat peringatan HUT Kemerdekaan ke-77 RI di Istana Merdeka Jakarta, pada 17 Agustus 2022. Upacara pengukuhan berlangsung di Halaman Istana Merdeka Jakarta, Senin (15/8/2022).

Berdasarkan pantauan di Youtube Sekretariat Presiden, upacara pengukuhan diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mengheningkan Cipta. Kemudian, dilanjutkan dengan pembacaan 'Ikrar Putra Indonesia'.

Salah satu anggota Paskibraka asal DKI Jakarta bernama Savina Fasha diminta Kepala BPIP Yudian Wahyudi untuk meletakkan ujung Bendera Merah Putih di dada. Dia mewakili anggota lainnya membacakan ikrar.

Selanjutnya, Jokowi selaku pembina upacara memimpin proses pengukuhan anggota 68 Paskibraka untuk HUT ke-77 RI. Adapun 68 anggota Paskibraka ini mewakili 34 provinsi di Indonesia

"Pada hari ini saya mengukuhkan saudara-saudari sebagai Pasukan Pengibar Bendera Pusaka yang akan bertugas di Istana Merdeka pada tanggal 17 Agustus 2022," kata Jokowi.

Jokowi lalu menyematkan lencana kepada perwakilan anggota Paskibraka asal DKI Jakarta sebagai tanda pengukuhan. Acara ditutup dengan Jokowi, Wapres Ma'ruf Amin, Ibu Negara Iriana, dan Ibu Wurry Ma'ruf Amin yang memberi selamat kepada anggota Paskibraka.

Seperti diketahui, pihak Istana menerapkan formasi Paskibraka lengkap pada HUT Kemerdekaan ke-77 RI. Ada 68 anggota yang akan bertugas sebagaimana tahun- tahun sebelumnya dengan formasi 17-8-45.

"Semua pasukan penuh, jadi 17-8-45 kita mainkan," kata Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono kepada wartawan, Jumat 12 Agustus 2022.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

5.000 Warga Diundang dalam Upacara HUT ke-77 RI

Upacara HUT Kemerdekaan ke-77 RI pada 17 Agustus 2022 akan dilakukan secara terbuka. Sebelumnya, peringatan HUT Kemerdekaan RI digelar secara terbatas dalam dua tahun terakhir karena situasi pandemi Covid-19.

Pihak Istana mengatakan ada 2.000 masyarakat yang diundang dalam Upacara Detik-Detik Proklamasi di Istana Merdeka Jakarta. Sementara itu, ada 3.000 masyarakat yang diundang pada Upacara Penurunan Bendera di sore hari.

"Kita tambahkan pada tahun ini juga kita mengundang masyarakat terbatas masih terbatas, kurang lebih 1.000 sampai 2.000, kurang lebih 2.000-an di pada pagi hari. Dan di 2.000 sampai 3.000 di (Upacara penurunan bendera) sore hari," kata Heru dalam konferensi pers di Youtube Sekretariat Presiden, Senin 1 Agustus 2022.

Selain itu, pihak Istana juga akan mengundang para menteri, ketua lembaga, dan beberapa petinggi serta perwira tinggi TNI-Polri dalam Upacara HUT Kemerdekaan ke-77 RI.

Heru menyampaikan pihaknya tetap menyediakan live streaming agar masyarakat bisa menyaksikan Upacara HUT Kemerdekaan ke-77 RI secara virtual.

Adapun tema dan logo HUT ke- 77 RI yakni, 'Pulih Lebih Cepat Bangkit Lebih Kuat'. Tema ini mengartikan Indonesia yang sudah melampaui kondisi Covid-19

3 dari 4 halaman

Menebak Baju Adat yang Dipakai Jokowi di HUT ke-77 RI, dari Daerah Mana?

Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengatakan akan kembali memakai baju adat pada peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 RI, pada 17 Agustus mendatang. Setiap tahunnya, Jokowi dan Ibu Negara Iriana memang memakai baju adat daerah di Indonesia.

Belum diketahui baju adat yang akan dikenakan Jokowi pada HUT ke-77 RI tahun ini. Jokowi pun mengajak masyarakat untuk menebak baju adat yang akan dipakainya pada HUT Kemerdekaan ke-77 RI.

"Puncak peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI tinggal dua hari lagi. Seperti tahun-tahun yang lalu, saya dan Ibu Negara akan datang ke upacara dengan busana adat daerah," kata Jokowi melalui akun instagramnya @jokowi, Senin (15/8/2022).

"Pilihannya sungguh banyak, sebanyak jumlah suku di Nusantara," sambungnya.

Pada HUT ke-74 RI pada 2019, Jokowi mengenakan baju adat dari Bali. Sedangkan, pada HUT ke-75 RI pada 2020, Jokowi memakai baju adat Timor Tengah Nusa Tenggara Timur (NTT).

Baju adat yang dikenakan Jokowi tersebut didominasi warna merah dan putih. Baju adat itu memiliki kain bermotif Kaif berantai nunkòlo.

Sementara itu, Jokowi memakai baju adat Lampung pada HUT ke-76 RI tahun lalu. Adapun Wapres Ma'ruf Amin yang hadir mengenakan baju adat Sunda bewarna biru.

4 dari 4 halaman

Peringatan HUT ke-77 RI 2022 Berkonsep Sejarah Bangsa

Sekretariat Presiden mengungkapkan Peringatan HUT ke-77 RI mengusung konsep sejarah bangsa Indonesia yang dituangkan dalam dekorasi di kawasan Istana Merdeka, Jakarta.

"Konsepnya adalah kita menggali sejarah-sejarah bangsa Indonesia. Adanya kejayaan kita, kejayaan Majapahit, Sriwijaya, dan Mataram kita gali, kita jadikan satu, termasuk menggali kebudayaan-kebudayaan yang ada zaman dulu," kata Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) Heru Budi Hartono saat ditemui di Istana Merdeka, Jakarta, Minggu 14 Agustus 2022.

Heru menjelaskan, kejayaan kerajaan-kerajaan di Indonesia pada masa lampau menjadi inspirasi bagi konsep dan dekorasi untuk Peringatan Detik-Detik Proklamasi Memperingati HUT Ke-77 RI pada 17 Agustus 2022.

Berbeda dengan dua tahun terakhir, Sekretariat Presiden akan menyelenggarakan rangkaian Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi dan Upacara Penurunan Bendera Merah Putih dengan kondisi seperti sebelum COVID-19.

Salah satunya, yakni anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) akan diturunkan secara penuh sesuai formasi 17-8-45 pada dua sesi upacara tersebut.

Kemudian, Istana juga menyelenggarakan kembali kirab atau arak-arakan Sang Saka Merah Putih dan Naskah Proklamasi dari Monumen Nasional menuju Istana Merdeka.

"Perbedaannya adalah ketika kirab itu Bendera Sang Saka Merah Putih dengan (naskah) Proklamasi kita letakkan, kemudian kita turunkan dari mimbar utama. Tahun-tahun lalu kan dari samping menuju mimbar utama," kata Heru.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS