Sukses

Bus MGI Bogor-Pelabuhan Ratu Terbakar di Pintu Tol Ciawi

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah bus tujuan Bogor-Pelabuhan Ratu terbakar selepas gerbang Tol Ciawi, Bogor, Selasa pagi (9/8/2022). 

Tidak ada korban jiwa akibat kejadian tersebut. Namun, bus MGI dengan nomor polisi F 7500 UD tersebut hangus terbakar pada bagian interior yang berjarak sekitar 50 meter dari pintu Tol Ciawi.

Komandan Sektor Ciawi Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Bogor, Nendri mengatakan peristiwa bus terbakar terjadi pada pukul 08.30 WIB.

Mulanya bus berwarna biru tersebut sedang melaju dari arah Terminal Baranangsiang menuju Pelabuhan Ratu, Sukabumi. Selepas gerbang Tol Ciawi, muncul asap dan percikaan api di bagian mesin bus.

Sopir kemudian menepikan bus ke pinggir tol dan beberapa penumpang pun ikut keluar lalu menjauhi bus. Tak lama kemudian api semakin membesar dan membakar interior bus tersebut.

Api berhasil dipadamkan pukul 09.50 WIB dengan mengerahkan dua armada pemadam kebakaran.

"Selesai pemadaman pukul 09.50 WIB. Proses pemadaman berjalan dengan lancar, tanpa adanya kendala," ujar Nendri.

Nendri mengatakan sumber api masih dalam penyelidikan pihak kepolisian. "Penyebabnya masih diselidiki. Yang jelas tidak ada korban," kata dia. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Bus Rosalia Indah Terbakar di Tol Pemalang Pejagan

Kebakaran bus,  juga pernah terjadi di Kabupaten Tegal, Jawa Tengah (Jateng). Sebuah bus PO Rosalia Indah dengan nomor polisi AD 1604 AU terbakar di Km 272 ruas Tol Pemalang-Pejagan, Minggu dini hari, 18 Juli 2022. 

Kanit VI PJR Ditlantas Polda Jateng AKP Riswanto mengatakan tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut.

Ia menjelaskan peristiwa bus terbakar tersebut bermula ketika salah satu awak bus mencium bau hangus serta kepulan asap di bagian belakang bus. 

Selain itu, kata dia, sopir juga diberi tahu oleh pengemudi bus lain saat mendahului bus tersebut tentang api yang keluar dari bagian belakang kanan kendaraan.

"Bus langsung menepi dan menurunkan 30 penumpangnya di bahu jalan tol," katanya lagi.  

Selain itu, kata dia, sopir juga diberi tahu oleh pengemudi bus lain saat mendahului bus tersebut tentang api yang keluar dari bagian belakang kanan kendaraan.

"Bus langsung menepi dan menurunkan 30 penumpangnya di bahu jalan tol," jelas AKP Riswanto.

 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 3 halaman

Dugaan Penyebab

Ia menyebut awak bus tidak berhasil memadamkan api yang membakar badan bus tersebut.

Satu unit mobil pemadam kebakaran yang datang langsung ke lokasi dapat memadamkan api bus yang akan menuju ke arah timur tersebut.

Dia menuturkan dugaan sementara kebakaran tersebut diakibatkan oleh hubungan arus pendek listrik di bagian belakang bus.

Ia menambahkan seluruh penumpang bus selanjutnya diangkut dengan bus pengganti untuk melanjutkan perjalanan.

Akibat kejadian tersebut, arus kendaraan dari arah barat yang mengarah ke timur sempat mengalami kemacetan.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS