Sukses

Prabowo Bawa Pesan Jokowi Saat Daftarkan Gerindra ke KPU

Liputan6.com, Jakarta Ketua Umum Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) Prabowo Subianto hadir langsung, mengawal pendaftaran sebagai partai calon peserta Pemilu 2024 di Komisi Pemilihan Umum atau KPU RI.

Lewat pidato sambutannya, Prabowo menyingung pesan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang mewanti jika dunia mendatang berada dalam ancaman yang menakutkan jika tidak diantisipasi.

“Presiden Jokowi sudah mengingatkan kita, seluruh dunia mengalami kesulitan bahkan lembaga internasional dunia sudah memberi warning bahwa dunia penuh bahaya,” kata Prabowo saat di Kantor KPU RI, Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Senin (8/8/2022).

Prabowo menginginkan, Indonesia bisa sejuk bersatu dan jika harus bersaing, maka berkompetisi atau bersainglah dengan baik dan keras dalam mengadu program. Tujuannya menurut Prabowo demi bangsa dan rakyat yang dapat menikmati keamanan.

“Aman dari kelaparan, aman dari kemiskinan, aman dari bahaya dan aman dari pandemi dan semua,” harap Prabowo.

Menteri Pertahanan (Menhan) ini meyakini, partai boleh berbeda, namun semua adalah bagian dari anak bangsa Indonesia. Dia pun berkomitmen untuk menjalankan konstitusi dengan tegak lurus.

“Gerindra berkomitmen menjalankan tugas konstitusi dengan ramah dan sopan, bersahabat dan kekeluargaan, itu tekad kami,” Prabowo memungkasi.

Adapun Partai Gerindra) dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) telah bersama-sama mendaftarkan diri ke KPU sebagai partai politik peserta Pemilu 2024. Pandaftaran bareng ini karena partai yang dikomandoi oleh Muhaimin Iskandar dengan Gerindra ini telah menjalin koalisi untuk Pilpres 2024.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Buktikan Kekompakan, Prabowo dan Cak Imin Tiba Bersama di KPU

Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto dan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin tiba di Kantor KPU RI, Jalan Imam Bonjol Jakarta Pusat. Pantauan di lokasi, keduanya tiba pukul 15.00 WIB guna mendaftarkan diri sebagai partai calon peserta Pemilu 2024.

Tidak ada pernyataan pers dari keduanya saat tiba di Kantor KPU RI. Mereka hanya menebar senyum dan lambaian tangan saat jalan kaki bersama dari lampu merah Jalan Imam Bonjol.

Keduanya tampak kompak berbaju putih dan berkopiah. Bedanya, Prabowo mengenakan masker sedangkan Muhaimin tidak. Nantinya, Gerindra yang akan mendaftar lebih dulu dan disusul PKB.

Politisi PKB Jazilul Fawaid mengatakan, Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar atau Cak Imin dan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto, akan berjalan bersama menuju kantor Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU RI) saat mendaftarkan partainya sebagai calon peserta Pemilu 2024.

“Gus Muhaimin akan jalan bareng dengan Pak Prabowo menuju Kantor KPU," tutur Jazilul dalam keterangan diterima, Senin (8/8/2022).

Saat disinggung makna dari prosesi jalan bersama kedua ketum partai ini, Jazilul memastikan hal itu merupakan soft launching dari soliditas koalisi kedua partai.

“Apakah ini sebagai tanda Gus Muhaimin resmi berpasangan dengan Ptabowo? Ini soft launching lah. Yang jelas kita sepakat berkoalisi, capres-cawapres dari internal partai. Gus Muhaimin dan Pak Prabowo adalah dua kader terbaik di masing-masing partai,” jelas Jazilul.

3 dari 3 halaman

Koalisi Gerindra-PKB dan Prabowo Jadi Capres 2024 Dideklarasikan di Rampimnas

Ketua Harian DPP Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad mengatakan dalam Rapimnas Gerindra mendatang akan mendeklarasikan ketua umumnya Prabowo Subianto sebagai capres di Pilpres 2024. Dalam Rakernas ini juga akan ada deklarasi resmi koalisi antara Gerindra dengan PKB.

Adapun Dasco menyebut rencana Rapimnas Gerindra dari semula 30 Juli 2022 mundur menjadi 13 Agustus 2022. Mundurnya jadwal Rapimnas menurut Dasco disebabkan adanya perubahan agenda. Semula Rapimnas hanya beragendakan deklarasi terhadap Prabowo Subianto sebagai capres, namun adanya tambahan agenda yakni deklarasi resmi koalisi Gerindra-PKB.

 “Rapimnas pencapresan dan pengumuman koalisi akan dilakukan pada tanggal 13 Agustus, hitung-hitungan hari baiknya begitu,” kata Dasco di Kompleks Parlemen Senayan, Rabu 27 Juli 2022).

Dasco menyebut Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin juga akan hadir pada Rapimnas Gerindra dan deklarasi tersebut. Sehingga nantinya antara Gerindra dan PKB bisa bekerja sama di Pilres 2024.

“Ya kalau deklarasi bersama kan enggak mungkin kita sendirian,” kata dia.

Terkait apakah Cak Imin akan juga diumumkan sebagai cawapres Prabowo, Dasco tidak menjawab dengan jelas dan meminta tunggu sampai tanggal deklarasi.

“Nanti tunggu tanggal mainnya kalau itu,”pungkas dia.

Adapun, kesepakatan koalisi antara Gerindra dan PKB itu diambil setelah Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto dan Ketua Umum PKB Abdul Muhaimin Iskandar (Cak Imin) bertemu di kediaman Prabowo, Jalan Kertanegara IV, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Jumat 18 Juni 2022 malam.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS