Sukses

Situ Rawa Kalong Depok Hadirkan Fungsi Ekologis dan Sosial

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah Provinsi Jawa Barat telah melakukan revitalisasi Situ Rawa Kalong, Kecamatan Cimanggis, Kota Depok. Revitalisasi Situ Rawa Kalong yang sebelumnya sulit diakses kini memiliki fungsi ekologis dan sosial.

Kepala Dinas Sumber Daya Air Provinsi Jawa Barat, Dicky Achmad Sidik mengatakan, Situ Rawa Kalong memiliki luas lahan mencapai 8,25 hektar tersebut. Situ Rawa Kalong mampu menjadi destinasi wisata unggulan yang berbasis wisata air.

"Revitalisasi ini sebagai bentuk konservasi sekaligus pengamanan aset, situ yang ada di wilayah sungai Cisadane, di Depok salah satunya disamping mengembangkan destinasi wisata," ujar Dicky kepada Liputan6.com, Jumat (5/8/2022).

Dicky menjelaskan, Situ Rawa Kalong menghadirkan pesona keindahan alam hingga memiliki fungsi yang lebih optimal dalam menjaga kelestarian dan penampungan air untuk penunjang sektor pertanian. Sebelumnya situ tersebut digunakan warga untuk memancing ikan, namun kini dapat mendongkrak sektor pariwisata, ekonomi rakyat, hingga kelestarian budaya.

“Revitalisasi Situ Rawa Kalong ditujukan untuk mengembalikan fungsi Pariwisata yang mulai berubah karena banyaknya pergantian fungsi yang ada disekitar kawasan,” jelas Dicky.

Situ Rawa Kalong menyediakan fasilitas seperti kubus apung yang ikonik dan dapat digunakan untuk walkway di atas air. Situ Rawa Kalong telah dilengkapi beberapa fasilitas lainnya seperti menara air, taman lansia, penyediaan toilet, pengerukan sedimen dan perbaikan tanggul, gedung aula, retail kios, pagar pembatas, lanskap atau pedestrian path, hingga vertical garden.

“Situ Rawakalong yang sebelumnya nampak kotor dan kurang terurus, telah berubah menjadi kawasan yang memiliki daya tarik sebagai destinasi wisata unggulan yang berbasis wisata air,” ucap Dicky.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Situ Rawa Kalong Punya Spot Ikonik

Dicky mengungkapkan, sejumlah spot di Situ Rawa Kalong sangat instagramable dan ikonik, mulai dari kubus apung, jembatan penghubung kubus apung atau floating deck, hingga kawasan pinggiran Situ Rawa Kalong lebih tertata. Revitalisasi yang dilakukan Provinsi Jawa Barat, dapat meningkatkan kenyamanan masyarakat saat berkunjung ke tempat tersebut.

“Semakin tingginya kunjungan wisatawan lokal maupun luar, ekonomi masyarakat di sekitar kawasan bisa meningkat,” ungkap Dicky.

Dicky menuturkan, anggaran yang telah dikucurkan untuk revitalisasi Situ Rawa Kalong meliputi pekerjaan infrastruktur mulai TPT dan tempat parkir pada 2019 sebesar Rp3.773.602.911. Lingkup pekerjaan pada 2021 yakni pekerjaan infrastruktur seperti pekerjaan toilet, Pekerjaan retail Kios sebanyak lima unit, pekerjaan pagar pembatas, pekerjaan menara air, pekerjaan lansekap, taman bangunan outlet, taman lansia, lansekap atau Pedestrian Path, pengerukan sedimen dan perbaikan tanggul, gedung aula, vertical garden.

“Pengerjaan tersebut menggunakan anggaran sebesar Rp15.157.874.567, dan Floating Deck pada 2022 sebesar Rp2.999.540.600,” pungkas Dicky.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS