Sukses

Dipanggil DPRD, Jakpro Jelaskan Kronologi Robohnya Pagar Pembatas Tribun JIS

Jakpro dipanggil DPRD DKI buntut insiden robohnya pagar pembatas tribun JIS saat grand launching stadion baru Jakarta tersebut.

Liputan6.com, Jakarta - Direktur Proyek Jakarta International Stadium (JIS) Iwan Takwin mewakili PT Jakarta Propertindo (Jakpro) menjelaskan kronologi robohnya pagar pembatas tribun penonton pada saat grand launching JIS, Minggu 24 Juni 2022. Hal itu, kata dia, disebabkan oleh antusiasme penonton sangat tinggi.

"Jadi memang ada antusiasme dari penonton terutama suporter Jakmania yang pengen mendekat ke lapangan sehingga mereka berkumpul persis di ujung barrier atau railing sehingga menambah beban railing tersebut," kata Iwan di Gedung DPRD DKI Jakarta, Selasa (2/8/2022).

Iwan menyampaikan, saat itu para suporter melakukan selebrasi sembari diakhir pertandingan Persija melawan FC Chonburi asal Thailand. Para suporte,r kata dia, menyalakan flare dan melompat.

"Ada aksi atau ibaratnya seperti selebrasi dari para suporter ini mungkin terkait pada saat berakhirnya pertandingan jadi mereka menyalakan flare sambil meloncat-loncat," jelas dia

Padahal Iwan menyatakan, sebenarnya JIS didesain dengan adanya horizontal barrier yang fungsinya untuk mengantisipasi benturan, sekaligus penahan dinding agar penonton tak melompat ke lapangan.

"Jadi kondisi desainnya kita buat memang sudah mengantisipasi benturan atau penahan dinding. Kemudian ini ada horizontal barrier yang fungsinya memang untuk mengantisipasi penonton melompat ke lapangan," kata Iwan.

Namun pada saat kejadian itu Iwan menyebut para penonton berkumpul di depan horizontal barrier sehingga menutup railling pagar pembatas tribun JIS. Bahkan terjadi penumpukan penonton di horizontal barrier tersebut.

"Jadi kondisinya ngumpul di depan sini (horizontal barrier) railling-nya sudah tertutup tumpukan penonton yang menikmati pertandingan kemarin jadi mereka meloncat sambil bernyanyi," terang Iwan.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jadi Pelajaran

Iwan menyatakan kejadian robohnya pagar pembatas tribun penonton JIS menjadi pelajaran bagi Jakpro di lapangan. Menanggulangi insiden itu, Jakpro mengklaim telah melakukan penguatan baik teknis maupun non teknis

"Jadi railing yang dibawah itu sudah kami ganti beton semua. Kita bongkar, kita ganti full beton dan penambahan kekuatan lebih lagi dicor. Ada tulangannya jadi full tulangan dan kita tambah juga pengikat baja siku untuk penguat nempel ke lantai," ucap dia.

Lebih lanjut, Iwan mengutarakan Jakpro juga telah melakukan pengecekan secara keseluruhan pada tiap lantai JIS. Selain itu, pihaknya juga mengulangi pengetesan beban kejut.

Atas kejadian itu, Iwan mengungkapkan akan mensosialisasikan terkait pengamanan fasilitas di JIS kepada para suporter. Hal itu dilakukan guna meredam kejadian yang tidak diinginkan apabila antusias penonton terlalu tinggi.

"Kemudian aksi non teknis kami akan berkolaborasi sinergis dengan suporter berusaha mendekatkan diri," ujar dia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.