Sukses

Keluarga Jadi Saksi di Akad Nikah Putri Anies Baswedan

Prosesi akad nikah Mutiara Annisa Baswedan dengan Ali Saleh Alhuraiby digelar di Candi Bentar, Putri Duyung, Ancol, Jakarta Utara.

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan resmi menikahkan putri sulungnya Mutiara Annisa Baswedan dengan Ali Saleh Alhuraiby. Adik kandung Anies, Abdillah Rasyid Baswedan mengatakan saksi pernikahan merupakan orang terdekat keluarga.

"Dua saksi pernikahan merupakan orang terdekat keluarga, yaitu paman dari mempelai pria dan kakek dari mempelai wanita," kata Abdillah dalam keterangannya, Jumat (29/7/2022).

Abdillah menyatakan prosesi akad nikah Mutiara dengan Ali Saleh digelar di Candi Bentar, Putri Duyung, Ancol, Jakarta Utara. Ancol dipilih berdasarkan kesepakatan kedua keluarga besar kedua calon mempelai.

Sebelum memulai ijab kabul, dilakukan pembacaan ayat suci Alquran oleh Ustaz Fauzy Ridwan, juara 1 MTQ nasional dan internasional. Prosesi akad nikah ini juga dilengkapi dengan khotbah nikah yang disampaikan oleh Ustaz Nasir Mansur.

Isi khotbah nikah yang disampaikan oleh Ustaz Nasir sama dengan yang disampaikan nabi Muhammad SAW saat menikahkan puterinya, Fatimah Az-Zahra. Usai khotbah nikah, dilanjutkan prosesi ijab kabul. Sebagai wali nikah, Anies langsung mengucapkan ijab yang diikuti dengan kabul oleh mempelai pria.

Hadir juga Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Pademangan, H Saepulloh untuk melakukan pencatatan administrasi pernikahan.

Setelah akad nikah, dilanjutkan dengan pembacaan doa nikah oleh Pengasuh Pondok Pesantren Daarul Rahman KH Syukron Ma’mun. Dalam prosesi ini juga terdapat nasihat pernikahan yang disampaikan oleh Ustaz Salim A Fillah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Prosesi Ijab Kabul

Dikutip Liputan6.com dari unggahan video Instagram @nasyasabilah, momen bahagia Mutiara Anissa Baswedan itu diketahui Anies yang bertindak sebagai wali nikah untuk putrinya itu.

Anies terlihat mengenakan baju dan peci berwarna hitam. Sementara itu, Ali memakai baju putih. Ijab kabul diucapkan Anies dan Ali Saleh Alhuraiby dalam bahasa Arab.

Ali dengan lancar juga membalas ucapan Anies dengan bahasa Arab. Nampak, suasana akad nikah berjalan dengan khidmat.

"Qabiltu nikahaha wa tazwijaha alal mahril madzkur wa radhiitu bihi, wallahu waliyu taufiq," jawab Ali Saleh.

Di postingan Instagram @adihidayatofficial, Ustaz Adi Hidayat jadi salah satu tamu dalam akad nikah Mutiara dan Ali Saleh. Dalam postingannya, Ustaz Adi Hidayat tampak mengucapkan selamat kepada Mutiara dan Ali Saleh.

"Selamat atas pernikahan Mutiara Anissa Baswedan dan Ali Saleh Alhuraibi. Semoga mendapati kebahagiaan rumah tangga berhias sakinah mawaddah dan rahmah," tulis Ustaz Adi Hidayat.

Ustaz Adi Hidayat juga terlihat bersalaman dengan Anies sembari berbincang. Keduanya juga saling tersenyum satu sama lain.

Sementara itu, berdasarkan info yang dihimpun Liputan6.com, resepsi pernikahan dijadwalkan berlangsung nanti malam khusus untuk keluarga dan kerabat dekat serta tamu-tamu terbatas. Dan berlanjut pada Sabtu dan Minggu.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.