Sukses

Fakta-Fakta Plaza Senayan Kebakaran Diduga Akibat Korsleting Listrik

Kebakaran di Mal Plaza Senayan sudah padam. Api berhasil dipadamkan Sudin Kebakaran Tanah Abang sekitar pukul 10.32 WIB.

Liputan6.com, Jakarta Kumpulan asap hitam mengepul dari dalam pusat perbelanjaan Plaza Senayan, Rabu (27/7/2022), pukul 09.30 WIB. Kebakaran itu sontak membuat pengunjung mal di kawasan Jakarta Pusat tersebut berhamburan keluar menyelamatkan diri.

Seorang saksi sempat mengungkapkan, sumber kebakaran Plaza Senayan berasal dari sebuah tenan kafe yang berada di lantai 1 mal.

“Sumber di lantai 1, tenan kafe," kata Teguh salah satu pengunjung di lokasi.

Guna membantu padamkan nyala api, Suku Dinas Pemadam Kebakaran Sektor Tanah Abang diturunkan ke lokasi. Mereka mengerahkan tiga unit mobil damkar dan api berhasil padam pada pukul 10.30 WIB.

Ada pun titik awal api dugaan sementara bersumber dari trafo dekat kasir. Hal ini diungkap oleh Komandan Pleton (Danton) Grup A Pemadam Kebakaran Sektor Tanah Abang, Dwi Hantoro lewat pesan singkatnya.

"Diduga sementara dari trafo dari kasir, itu ada laptop, nah itu (diduga titik awal api), informasinya dari salah satu cafe (TKP)," ucap dia.

Saat ini, oprasional Plaza Senayan telah beroperasi kembali. Agar sirkulasi udara pasca kebakaran bisa keluar, petugas dibantu karyawan membuka semua akses ventilasi yang dimiliki mal tersebut.

Lantas, apa pemicu hingga kebakaran tersebut terjadi? Diduga akibat korsleting listrik. Berikut deretan fakta Plaza Senayan kebakaran dihimpun dari Liputan6.com:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Diduga Akibat Korsleting Listrik

Pantauan di lokasi, kejadian terjadi sekitar pukul 9.30 WIB. Aroma asap terbakar tercium di lokasi. Terlihat kepulan asap putih berada di area lantai dasar mal.

Sekitar pukul 10.00 WIB, dua unit mobil pemadam datang. Dan menurut keterangan pengunjung di lokasi, sumber kebakaran berasal dari salah satu tenant di lantai 1.

Menurut Komandan Pleton (Danton) Grup A Pemadam Kebakaran Sektor Tanah Abang, Dwi Hantoro, asal mula api diduga bersumber dari korsleting listrik dari salah satu tenant cafe di dalam mal.

Hingga saat ini, Dwi belum dapat memastikan terkait penyebab terjadinya kebakaran. Namun, menurut informasi dari pihak pengelola gedung, saat ini operasional mall sudah kembali berjalan.

 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 4 halaman

2. 3 Unit Damkar Bantu Padamkan Amuk Api

Sebanyak tiga unit mobil dengan 12 personel dikerahkan ke lokasi untuk bantu padamkan kebakaran Plaza Senayan. Dibutuhkan waktu sekitar 1 jam untuk memadamkan api. 

"Sudah (padam) 10.32 WIB," jelas Dwi saat dikonfirmasi Liputan6.com melalui pesan singkat, Rabu (27/7/2022).

Usai api dipastikan padam, lanjut Dwi, petugas Damkar bersama karyawan mal lalu membuka pintu dan semua ventilasi mal agar kepulan asap ekses dari insiden dapat keluar.

"Jadi setelah tadi pemadaman kita mainkan ke ventilasi agar udara-udara bisa keluar," jelas dia.

4 dari 4 halaman

3. Oprasional Mal Kembali Dibuka

Setelah berhasil dipadamkan, mal tersebut juga sudah mulai beroperasi sejak pukul 12.00 WIB.

Komandan Pleton (Danton) Grup A Pemadam Kebakaran Sektor Tanah Abang, Dwi Hantoro memastikan, api di Mall Plaza Senayan sudah padam sejak pukul 10.32 WIB.

Hingga saat ini, Dwi belum dapat memastikan terkait penyebab terjadinya kebakaran. Namun, menurut informasi dari pihak pengelola gedung, saat ini operasional mal sudah kembali berjalan.

Dikonfirmasi terpisah, pihak pengelola mal juga mengatakan hal senada. Mereka pun meminta maaf atas ketidaknyamanan yang ditimbulkan akibat insiden pagi hari tadi.

"Operasional Mall hari ini dimulai sejak pukul 12 siang karena ada gangguan operasional dan akan beroperasi sampai pukul 10 malam nanti. Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan ini," tulis akun Instagram resmi @plaza_senayan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.