Sukses

Transjakarta Kembali Operasikan Bus Pink untuk Pelanggan Wanita

PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) kembali mengoperasikan bus pink yang diperuntukan secara khusus bagi pelanggan wanita.

Liputan6.com, Jakarta PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) kembali mengoperasikan bus pink yang diperuntukan secara khusus bagi pelanggan wanita.

Adapun, bus ini efektif beroperasi pada Senin 25 Juli 2022.

Kepala Divisi Sekretaris Perusahaan Transjakarta Anang Rizkani Noor menyatakan, pengoperasian bus pink ini sebagai bentuk komitmen pihaknya dalam menghadirkan layanan yang aman dan nyaman bagi pelanggan wanita, Mengingat maraknya kasus pelecehan yang terjadi di transportasi publik baru-baru ini.

"Kenyamanan pelanggan prioritas utama kami. Pelayanan bus pink ini merupakan salah satu upaya Transjakarta ikut menangani masalah pelecehan dalam transportasi publik," kata dia dalam keterangannya, yang dikutip Selasa (26/7/2022).

Anang menyatakan bus pink tersebut akan melayani rute Pasar Baru-Kalideres (Koridor 3). Nantinya, Transjakarta akan menambah armada bus pink ini secara bertahap.

"Akan ada petugas layanan bus (PLB) yang mendampingi. Baik pengemudi dan PLB yang bertugas semuanya wanita," jelas dia.

Bus pink akan beroperasi mulai pukul 05.00-22.00 WIB dengan tarif reguler Rp3.500. Pelanggan diwajibkan melakukan tap in dan tap out kartu uang elektronik (KUE) pada gate halte.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Akan Dikemudikan Perempuan

Senior Spesialist Humas PT Transportasi Jakarta (Transjakarta), Wibowo menambahkan bahwa bus pink ini akan menjadi layanan transportasi khusus perempuan. Bus pink juga akan dikemudikan oleh pengemudi perempuan.

"Termasuk di dalamnya ada pengemudi khusus untuk perempuan dan juga ada petugas layanan yang juga memang perempuan. Jadi ada kebutuhan dari masyarakat," jelas Wibowo.

Wibowo menjelaskan adapun bus pink ini memiliki visual dan interior yang identik dengan perempuan. Dari segi warna misalnya, warna merah muda atau pink dominan dipilih untuk menghiasi interior bus.

"Jadi ada warna pink yg dominan pada interior bis ini. Sama sumber daya yg ada di bis ini. Ada petugas layanan bis dan pramudi," ujar dia.

 

 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini