Sukses

Survei Capres-Cawapres PRC: Pasangan Ganjar-Sandi Kalahkan Anies-AHY

Lembaga Politika Research & Consulting (PRC) merilis hasil survei simulasi pasangan calon presiden. Pasangan Ganjar Pranowo dan Sandiaga Uno mampu mengungguli Anies Baswedan dan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

Liputan6.com, Jakarta - Lembaga Politika Research & Consulting (PRC) merilis hasil survei simulasi pasangan calon presiden. Pasangan Ganjar Pranowo dan Sandiaga Uno mampu mengungguli Anies Baswedan dan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

Pada simulasi model pertama, PRC memasangkan Ganjar dan Sandiaga. Hasilnya mendapatkan dukungan 44,8 persen. Unggul dari Anies-AHY yang mengantongi suara 32,4 persen dan Prabowo Subianto dan Muhaimin Iskandar 13,8 persen.

"Ganjar semakin kokoh meski belum melampaui angka absolut kemenangan tapi saya melihat peluang Ganjar Sandiaga Uno lebih besar dibandingkan lain," ujar Direktur Eksekutif PRC Rio Prayogo saat paparan survei di Jakarta, Minggu (24/7/2022).

Model kedua, Ganjar diduetkan dengan Erick Thohir. Lagi-lagi berhasil unggul dengan meraup suara 37,7 persen. Meski cukup tipis dengan runner-up Anies-AHY yang memiliki suara 35,5 persen. Urutan ketiga yaitu Prabowo-Khofifah Indar Parawansa dengan suara 16,7 persen.

Model ketiga, Ganjar dipasangkan dengan Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa meraup suara 38,5 persen. Ganjar unggul dari pasangan Anies-Airlangga Hartarto (35,5 persen) dan Prabowo-Cak Imin (17,4 persen).

Model keempat, Ganjar berpasangan dengan Airlangga Hartarto juga kembali menang dengan. Mengalahkan Anies-Cak Imin (30,7 persen) dan Prabowo Puan (17,8 persen).

Model terakhir, Ganjar berpasangan dengan Ridwan Kamil mendapatkan suara cukup tinggi yaitu 42,2 persen. Anies-AHY kembali kalah dari Ganjar dengan mengantongi suara 33,1 persen. Urutan ketiga dipegang Prabowo-Airlangga dengan angka 15,1 persen.

Survei digelar pada 12 Juni-3 Juli 2022. Survei dilakukan dengan wawancara telepon terhadap 1200 responden yang dipilih secara acak. Margin of error survei kurang lebih 2,74 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ganjar Top of Mind Capres

Sebelumnya, Politika Research & Consulting (PRC) merilis hasil survei elektabilitas calon presiden Pilpres 2024. Hasilnya nama Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo memimpin elektabilitas sebagai calon presiden pada Juni 2022.

Pada simulasi top of mind, Ganjar mengantongi elektabilitas mencapai 23,7 persen. Urutan kedua ditempati Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dengan elektabilitas sebesar 18,7 persen. Serta Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto dengan elektabilitas 17,9 persen.

Direktur Eksekutif Politika Research & Consulting Rio Prayogo menjelaskan, Ganjar tetap bertengger di puncak sementara elektabilitas calon presiden. Sementara, Anies mengalami kenaikan dan menyalip Prabowo.

"Ganjar di nomor satu, Anies melampaui Prabowo tapi tidak mampu melampaui elektabilitas Ganjar Pranowo," kata Rio saat pemaparan survei di Jakarta, Minggu (24/7/2022).

 

 

 

Reporter: Ahda Bayhaqi

Sumber: Merdeka.com

 

 

 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.