Sukses

Jokowi Tunjuk Mahfud Md Jadi Plt Menpan-RB

Hal ini menyusul berakhirnya penunjukkan Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian sebagai Menpan-RB Ad Interim pada Jumat (15/7/2022).

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo atau Jokowi menunjuk Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud Md sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi dan Birokrasi (Menpan-RB).

Hal ini menyusul berakhirnya penunjukkan Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian sebagai Menpan-RB Ad Interim pada Jumat (15/7/2022).

Mahfud akan mengisi posisi Menpan-RB Ad Interim sembari menunggu Jokowi menunjuk sosok yang akan mengisi posisi yang ditinggalkan almarhum Tjahjo Kumolo.

"Posisi Menpan RB dijabat oleh Plt. Bapak Mahfud ditunjuk untuk mengisi jabatan tersebut. Sembari, masih menunggu prosesnya untuk pengganti," jelas Staf Khusus Menteri Sekretaris Negara Faldo Maldini kepada wartawan, Jumat (15/7/2022).

Dia menyebut fungsi pemerintahan hingga kini masih berjalan dengan baik, meski belum ada sosok yang ditunjuk Jokowi sebagai Menpan-RB definitif.

Faldo meyakini penunjukkan Mahfud sebagai Plt Menpan-RB akan dapat memastikan administrasi berjalan lebih optimal.

"Kita tentu semua berharap, penunjukan ini akan menjaga performa dan capaian dari kementerian dalam beberapa waktu ke depan," ujarnya.

"Biasa proses seperti ini, tentu tidak bisa mengambil keputusan yang reaktif, yang paling penting itu substansinya semua terlaksana dengan baik," sambung Faldo.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pernah Jadi Menpan-RB Ad Interim

Sebelumnya, Menko Polhukam Mahfud Md juga pernah menjadi Menpan-RB Ad Interim saat almarhum Tjahjo Kumolo sakit.

Kemudian, Jokowi menunjuk Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian sebagai Menpan-RB sejak 4 Juli hingg 15 Juli 2022.

Artinya, tugas Tito sebagai Menpan-RB Ad Interim berakhir pada Jumat (15/7/2022) hari ini.

 

3 dari 3 halaman

Belum Menentukan

Diketahui, hingga kini, Jokowi belum menentukan sosok yang akan menjadi Menpan-RB definitif.

"Belum, masih dalam proses semuanya," kata Jokowi kepada wartawan di Pasar Sukamandi, Kabupaten Subang, Selasa (12/7/2022).

Menurut dia, saat ini masih dalam suasana berduka. Sehingga, Jokowi pun masih belum memutuskan siapa sosok yang akan menjadi Menpan-RB pengganti Tjahjo.

"Kita juga menunggu, masih berduka," ucap Jokowi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.