Sukses

Jokowi di Hari Raya Kurban: Ikhlas dan Syukur Jadi Jembatan Hidup Bahagia

Pada Hari Raya Kurban atau Idul Adha, Presiden Joko Widodo atau Jokowi mencuit soal pengorbanan. Dia menilai, pengorbanan yang disertai keikhlasan dan rasa syukur akan membuat hidup setiap insan bermakna.

Liputan6.com, Jakarta Pada Hari Raya Kurban atau Idul Adha, Presiden Joko Widodo atau Jokowi mencuit soal pengorbanan. Dia menilai, pengorbanan yang disertai keikhlasan dan rasa syukur akan membuat hidup setiap insan bermakna. 

"Pengorbanan, keikhlasan, dan rasa syukur ke hadirat Allah Yang Maha Kuasa, akan membuat hidup manusia punya makna dan menjadi jembatan untuk berbahagia," tulis Jokowi seperti dikutip Liputan6.com dari Twitternya di Hari Raya Kurban, Jakarta, Minggu (10/7/2022).

Sebelumnya, saat ditemui di Masjid Istiqlal, Jokowi juga menyampaikan makna Idul Adha yang diyakininya adalah sebuah ketauhidan yang menebar kebaikan yang sebanyak-banyaknya untuk sesama.

Jokowi menjelaskan, menebar kebaikan sebanyak-banyaknya juga dimaknai dengan berbagi rasa bahagia yang juga berlimpah kepada rekan di kiri dan kanan. 

"Jadi berkurban bukan hanya menyembelih hewan, tetapi terdapat yang lebih penting lagi (kebaikan dan kebahagiaan)," urai Jokowi.

Pada Idul Adha tahun ini, Jokowi juga menyerahkan hewan kurban di Masjid Istiqlal berupa seekor sapi berjenis Simental dengan bobot 1 ton. 

Tidak hanya di Masjid Istiqlal, Jokowi juga menyerahkan bantuan kemasyarakatan berupa hewan kurban di 34 provinsi di Indonesia. 

Jokowi menunaikan Salat Id hari ini di Masjid Istiqlal Jakarta dan didampingi langsung oleh Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dan Imam Besar Masjis Istiqlal Nazarudin Umar.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Salat Id di Istiqlal

Jokowi mengenakan setelan jas berpeci hitam dengan mengenakan sarung. Sedangkan Prabowo mengenakan setelan monochrome hitam dan putih.

Salat Idul Adha di Masjid Istiqlal sendiri dipimpin oleh Salim Ghazali. Adapun khotbah akan disampaikan oleh Ketua Badan Wakaf Indonesia Pusat, KH Mohammad Nuh, yang akan mengangkat tema "Semangat Gotong Royong Perkuat Sendi Kebinekaan."

 

Sebagai informasi, Masjid Istiqlal menyelenggarakan shalat Idul Adha 1443 Hijriah tingkat kenegaraan pada 10 Dzulhijjah 1443 H atau yang bertepatan pada Ahad, 10 Juli 2022. Adapun shalat Idul Adha dimulai pada pukul 07.00 WIB.

Usai salat, Jokowi yang didampingi Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dan Imam Besar Masjid Istiqlal Nazarudin Umar menyampaikan rasa syukur akan hadirnya momen kurban tahun ini yang dinilai sebagai momen menebar kebaikan.

 

3 dari 4 halaman

Tebar Kebaikan Sebanyak-banyaknya

"Alhamdulilah pada pagi hari ini kita baru saja menunaikan ibadah salat id di hari raya 1443 Hijriah ini di tahun 2022. Hari raya Idul Adha kita maknai sebagai sebuah ketauhidan, sebuah aktivitas yang menebarkan kebaikan yang sebanyak-banyaknya untuk sesama," kata Jokowi di Masjid Istiqlal, Jakarta.

Dia menjelaskan, menebar kebaikan sebanyak-banyaknya juga dimaknai dengan berbagi rasa bahagia yang juga sebanyak-banyaknya kepada rekan di kiri dan kanan kiri.

"Jadi berkurban bukan hanya menyembelih hewan, tetapi terdapat yang lebih penting lagi (kebaikan dan kebahagiaan)," jelas Jokowi.

Menutup sambutannya, Jokowi berpesan bahwa Covid-19 masih ada dan nyata.

 

4 dari 4 halaman

Minta Masyarakat Tak Abai

Jokowi pun meminta masyarakat tidak abai dan tetap menerapkan protokol kesehatan, baik di dalam dan luar ruangan dengan bermasker sebagai sebuah keharusan.

"Masih (masker) sebuah keharusan, utamanya untuk kota-kota yang interaksi masyarakatnya tinggi. Saya masih ingatkan lagi pemerintah daerah, pemerintah kita kabupaten dan provinsi serta TNI porli untuk terus melakukan vaksinasi booster karena memang ini diperlukan," kata Jokowi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • Idul Adha adalah salah satu perayaan besar umat Islam yang di dalamnya ada pelaksanaan ibadah haji dan pemotongan hewan kurban.

    Idul Adha

  • kurban