Sukses

4 Fakta Mantan PM Jepang Shinzo Abe Ditembak Orang Tak Dikenal

Seorang pria berhasil diamankan karena diduga telah melakukan percobaan pembunuhan terhadap mantan PM Jepang Shinzo Abe.

Liputan6.com, Jakarta - Jepang dibuat geger dengan aksi penembakan kepada mantan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe. Shinzo Abe ditembak saat tengah melakukan kampanye di Kota Nara, Jepang Barat hari ini, Jumat (8/7/2022).

Seorang pria berhasil diamankan karena diduga telah melakukan percobaan pembunuhan terhadap mantan PM Jepang tersebut.

Detik-detik penembakan terjadi sempat terekam video netizen dan salah satu kantor media setempat, NHK. Aksi tersebut terjadi sekitar pukul 11.30 waktu Jepang, saat Shinzo tengah berpidato di pinggir jalan.

Mengutip AP News, Jumat (8/7/2022), Abe berada di Nara berkampanye menjelang pemilihan hari Minggu untuk majelis tinggi parlemen

Mantan PM Jepang ditembak di bagian dada. Pria berusia 67 tahun tersebut langsung tak sadarkan diri dan langsung dibawa ke rumah sakit.

Saat dibawa ke rumah sakit, dilaporkan NHK dan Kyodo media televisi setempat, Shinzo Abe mengalami cardo-respiratory arrest - istilah yang digunakan di Jepang untuk menunjukkan tidak ada tanda-tanda vital.

Kabar penembakan yang menyasar mantan PM Jepang tersebut juga sampai ke Tanah Air dan mendapat respons dari mantan Wakil Presisen Jusuf Kalla (JK). JK mendoakan Shinzo Abe selamat dan segera pulih.

"Kita tentu saja ikut berdoa agar beliau (Shinzo Abe) bisa selamat, sebab beliau orang baik," kata JK dikutip dari siaran persnya, Jumat. 

Belakangan identitas terduga pelaku penembakan diketahui. Dia bernama Tetsuya Yamagami, seorang warga Nara berusia 40-an. Ada pun motif di balik penembakan tersebut hingga kini belum diketahui.

Berikut fakta terkait penembakan mantan PM Jepang Shinzo Abe saat tengah berkampanye di Nara:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Ditembak Saat Berkampanye

Shinzo Abe dilaporkan ditembak ketika sedang kampanye. Menurut laporan NHK, Jumat (8/7/2022), Abe tidak menunjukkan tanda-tanda vital ketika dibawa ke rumah sakit. 

Saksi mata menyebut Abe terlihat berdarah, serta ada dua suara tembakan. Abe saat itu sedang pidato untuk seorang kandidat partainya. 

Lokasi berada di dekat stasiun Yamatosaidaiji, Nara.

Shinzo Abe disebut tak sadar dan tak responsif setelah tembakan terjadi. Seorang terduga pelaku telah ditangkap. 

Sebelumnya, Shinzo Abe turun dari jabatan perdana menteri Jepang karena sakit pada September lalu. Dia juga dinilai tengah dalam posisi sulit atas kecurigaan bahwa kantornya membantu pembiayaan pesta makan malam untuk para pendukungnya.

Hal tersebut mungkin merupakan pelanggaran atas aturan pendanaan--yang telah dibantah secara keras oleh Abe ketika ia ditanyai di parlemen pada tahun lalu.

Di Jepang, politisi tidak diperkenankan memberikan apa pun kepada konstituen mereka yang dapat terhitung sebagai hadiah, dan aturan ini diberlakukan secara ketat.

Tahun lalu, anggota kabinet Abe mengundurkan diri karena perkara pemberian hadiah--yang bahkan berupa melon, kepiting, dan kentang kepada para pendukung mereka.

3 dari 5 halaman

2. Shinzo Abe Ditembak dari Belakang

Berdasarkan video NHK World, Abe tampak ditembak dari arah belakang. Ia langsung kolaps dan kemudian dibawa ke rumah sakit. 

Saat itu, Abe sedang memberikan pidato di pinggir jalan. Tim medis langsung berusaha memberikan pertolongan, sementara sejumlah orang mengelilingi Abe.

Dalam sebuah video, seorang wanita lanjut usia yang berada di dekat Abe tampak panik. Hingga kini, belum ada kabar resmi mengenai nasib Shinzo Abe dari pemerintah Jepang.

Shinzo Abe menjabat sebagai perdana menteri Jepang pada 2006-2007 dan 2012-2020. Ia mundur karena sakit. 

Beberapa media melaporkan bahwa Shinzo Abe ditembak dari belakang, kemungkinan dengan senapan. NHK melaporkan bahwa seorang pria telah ditangkap, meskipun tidak ada rincian lebih lanjut.

4 dari 5 halaman

3. Kronologi Penembakan

Menurut sebuah laporan, Abe sedang menyampaikan pidatonya pada pukul 11.30 waktu setempat. Namun, tak lama setelah itu terdengar suara tembakan yang kemudian membuatnya pingsan dan mengalami pendarahan.

"Pada saat penyerangan, reporter Kyodo News yang sedang mewawancarai mendengar suara seperti dua tembakan," lapor media lokal Jepang, Niigata Nippo.

Berdasarkan video NHK World, Abe tampak ditembak dari arah belakang. Ia langsung kolaps dan kemudian dibawa ke rumah sakit.

Seketika setelah kejadian, tim medis langsung berusaha memberikan pertolongan, sementara sejumlah orang mengelilingi Abe.

Laporan terbaru juga menyebutkan bahwa Shinzo Abe mengalami henti jantung usai kejadian. 

5 dari 5 halaman

4. Terduga Pelaku Penembakan Ditangkap

Tak lama setelah insiden penembakan, beredar di media sosial Twitter foto diduga pelaku terhadap Shinzo Abe.

Mengutip NHK, Jumat (8/7/2022), dilaporkan seorang tersangka yang kemudian ditahan telah diidentifikasi. Ia disebut oleh polisi sebagai Tetsuya Yamagami, seorang warga Nara berusia 40-an.

Kendati demikian sejauh ini belum ada rincian lebih lanjut.

Seorang saksi serangan saat Shinzo Abe ditembak mengatakan kepada penyiar bahwa tembakan pertama menyebabkan Abe terguncang ke belakang, menambahkan bahwa dia jatuh ke tanah setelah tembakan kedua.

Rekaman video amatir menunjukkan ajudan Abe bergegas ke arahnya saat asap memenuhi udara di belakangnya. Klip yang beredar tidak menunjukkan saat dia jatuh.

Pria bersenjata yang dicurigai sebagai pelaku dilaporkan tidak berusaha melarikan diri dan ditahan di tempat kejadian.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.