Sukses

Bocah Perempuan di Bogor Terjatuh ke Sumur Saat Wudhu, Penyelamatannya Dramatis

Menurut keterangan saksi, sebelum kejadian, korban bernama Indi hendak wudhu untuk menunaikan salat subuh di dalam kamar mandi rumahnya.

 

Liputan6.com, Bogor - Seorang bocah perempuan warga Kampung Pajeleran, Kelurahan Sukahati, Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor, tercebur ke dalam sumur di rumahnya.

Bocah berusia 7 tahun ini berhasil diselamatkan petugas Pemadam Kebakaran Kabupaten Bogor setelah terjebak selama 45 menit di sumur sedalam 15 meter itu.

Komandan Regu 1 Tim Rescue Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Bogor, Arman Riyanto mengatakan, peristiwa nahas itu terjadi sekitar pukul 05.30 WIB, Kamis (7/7/2022).

Menurut keterangan saksi, sebelum kejadian, korban bernama Indi hendak wudhu untuk menunaikan salat subuh di dalam kamar mandi rumahnya.

Karena ruangan gelap, korban beranjak menyalakan lampu dengan cara menaiki material yang menutupi sumur.

"Pada saat mau menekan saklar, tutup sumur yang jadi pijakan korban ambrol. Korban pun akhirnya ikut jatuh ke dalam sumur," ujar Arman.

Pihak keluarga yang mengetahui kejadian tersebut langsung meminta pertolongan warga dan mereka berupaya mengevakuasi korban dengan alat seadanya.

Namun mengingat diameter sumur itu sangat kecil, sehingga evakuasi korban tidak membuahkan hasil.

"Warga akhirnya meminta bantuan petugas Damkar untuk mengevakuasi korban," kata Arman.

Enam petugas Damkar Kabupaten Bogor kemudian tiba di lokasi untuk melakukan operasi penyelamatan anak yang terperosok ke dalam sumur di rumahnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Evakuasi Dramatis

Petugas kemudian memasang tripod dan mengikat tali webbing untuk menurunkan seorang petugas ke dalam sumur tersebut.

"Kami sempat kesulitan karena diameter sumur sangat sempit," kata dia.

Korban akhirnya berhasil diselamatkan petugas setelah sekitar 45 menit terjebak di dalam sumur. Saat dievakuasi, korban dalam posisi menggantung tersangkut tali yang terhubung ke mesin pompa air.

"Alhamdulillah korban selamat, tidak sampai tenggelam ke air. Jadi posisi dia bertahan memegang tali," ujar dia.

Tampak suasana haru dari pihak keluarga dan tetangga yang menyaksikan saat detik-detik korban di angkat dari dalam sumur. Korban kemudian dibawa ke rumah sakit untuk memastikan kondisi kesehatannya. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.