Sukses

4 Fakta Terkait Kabar Duka Bob Tutupoli 'Widuri' Meninggal Dunia

Liputan6.com, Jakarta - Bob Tutupoli, salah satu musisi legendaris Tanah Air meninggal dunia pukul 00.03 WIB pada Selasa (5/7/2022) di RS Mayapada, Jakarta Selatan.

Kabar duka tersebut pertama kali disampaikan pengamat musik Stanley Tulung. Dalam pesan singkat yang diterima redaksi Liputan6.com, Stanley menuliskan, "Selamat jalan Oom Bob Tutupoly,", lengkap dengan emoji sedih.

Kemudian Stanley menceritakan momen terakhir menjelang wafatnya pelantun “Widuri” tersebut.

"Semalam itu Oom Bob mau ditransfusi darah karena HB turun tapi sekitar jam 23.00 udah tidak respon dan dinyatakan meninggal jam 00.03 itu," ujar Stanley.

Stanley kemudian juga mengabarkan bahwa jenazah mendiang disemayamkan di Rumah Duka RS Siloam Semanggi.

Sementara itu diungkapkan anak Bob Tutupoli, Sasha Karina Tutupoly, sang ayahanda memang menderita beberapa penyakit sebelum akhirnya meninggal dunia.

"Terakhir papa terkena stroke, tapi sebenarnya memang banyak penyakit, komplikasi. Sudah sejak Desember tahun lalu sudah bolak-balik rumah sakit," ujar Sasha dikutip dari YouTube Cumicumi, Selasa (5/7/2022).

Menurut Sasha, kondisi sang ayah semakin menurun hingga dirawat di ruang ICU (Intensive Care Unit) dalam waktu yang cukup panjang.

"Tapi terakhir di akhir Mei beliau masuk RS sampai akhirnya masuk ICU selama satu bulan. Dan hari ini, pukul 00.03 papa sudah dinyatakan meninggal," tutur Sasha.

Kemudian sebelum dinyatakan meninggal dunia, sebenarnya kondisi Bob Tutupoli sudah berangsur membaik.

Berikut sederet fakta terkait kabar duka Bob Tutupoli meninggal dunia dihimpun Liputan6.com:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 5 halaman

1. Kabar Duka Disampaikan Pengamat Musik

Bob Tutupoli meninggal dunia, Selasa (5/7/2022) pukul 00.03 WIB di RS Mayapada, Jakarta. Kabar duka tersebut disampaikan pengamat musik Stanley Tulung.

Dalam pesan singkat yang diterima redaksi Liputan6.com, Stanley menuliskan: "Selamat jalan Oom Bob Tutupoly", lengkap dengan emoji sedih.

Dalam akun Facebook-nya, Selasa dini hari, pengamat musik yang dekat dengan almarhum juga membagikan kabar duka tersebut. Disertai dengan unggahan foto bersama dengan pelantun tembang Widuri itu. Kemudian, ia menyampaikan momen terakhir jelang wafatnya pelantun “Widuri” tersebut.

"Semalam itu Oom Bob mau ditransfusi darah karena HB turun tapi sekitar jam 23.00 udah tidak respon dan dinyatakan meninggal jam 00.03 itu," kata Stanley.

Ia juga mengabarkan bahwa rencananya jenazah mendiang akan disemayamkan di Rumah Duka RS Siloam Semanggi.

 

3 dari 5 halaman

2. Alami Sakit Komplikasi Sebelum Wafat hingga Dirawat di ICU

Anak Bob Tutupoli, Sasha Karina Tutupoly, pun mengungkap sakit yang diderita sang ayahanda sebelum tutup usia. Sang musisi memang menderita beberapa penyakit.

"Terakhir papa terkena stroke, tapi sebenarnya memang banyak penyakit, komplikasi. Sudah sejak Desember tahun lalu sudah bolak-balik rumah sakit," ujar Sasha dikutip dari YouTube Cumicumi.

Di bulan Mei, kondisinya semakin menurun hingga dirawat di ruang ICU (Intensive Care Unit) dalam waktu yang cukup panjang.

"Tapi terakhir di akhir Mei beliau masuk RS sampai akhirnya masuk ICU selama satu bulan. Dan hari ini, pukul 00.03 papa sudah dinyatakan meninggal," tutur Sasha.

 

4 dari 5 halaman

3. Kondisi Sempat Membaik

Tim medis berdiskusi dengan pihak keluarga membahas peluang homecare atau perawatan di rumah. Ini membuat keluarga Bob Tutupoly optimistis namun Sang Khalik berkehendak lain.

"Sebelum meninggal kondisinya baik, malah sebenarnya beliau sudah dijadwalkan untuk home-care. Kami sudah menyiapkan untuk home-care tapi ternyata malam kondisinya kritis jadinya tidak bisa tertolong lagi," kata Sasha.

 

5 dari 5 halaman

4. Disemayamkan di RS Siloam, Akan Dimakamkan Kamis Mendatang

Jenazah Bob Tutupoli saat ini disemayamkan di Rumah Duka RS Siloam Semanggi, Jakarta Selatan. Prosesi pemakaman akan dilangsungkan Kamis (7/7/2022).

"Rencananya hari Kamis di Tanah Kusir, tapi saya belum tahu waktunya kapan, jam berapa. Hari Kamis ya," jelas Sasha.

Sejumlah selebritas melayangkan ungkapan dukacita atas kepergian Bob Tutupoly. Yuni Shara, Andien, dan Krisdayanti mengunggah rasa belasungkawa di medsos. Aktris Rina Hasyim melawat rumah duka.