Sukses

Hadapi Haji Akbar, Menag Menilai Persiapan di Arafah, Muzdalifah, Mina Cukup Baik

Liputan6.com, Jakarta Wukuf di Arafah pada penyelenggaraan ibadah haji 1443 bertepatan dengan Jumat, 8 Juli 2022. Masyarakat menyebut momen ini sebagai Haji Akbar.

Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas mengatakan, Haji Akbar akan menarik minat banyak orang untuk bisa datang ke Arab Saudi untuk bersama-sama melaksanakan ibadah haji.

"Tapi saya melihat bahwa Kerajaan Arab Saudi sudah melakukan pengaturan dengan baik dari yang saya dapatkan dan saya terima, persiapan di Arafah, Mina dan Muzdalifah juga cukup baik," kata Menag usai umrah wajib di Masjidil Haram, Makkah, Senin (4/7/2022).

Dia mengatakan, pemerintah Kerajaan Arab Saudi, Raja Salman hingga Putra Mahkota Mohammed bin Salman harus diapresiasi karena sudah bersiap-siap dalam pelaksanaan penyembutan jemaah agar ibadah haji terlaksana dengan baik. 

"Mudah-mudahan semua diberi kelancaran," kata Yaqut.

 

2 dari 2 halaman

Jaga Fisik dan Stamina

Menag juga meminta jemaah calon haji Indonesia untuk menjaga fisik dan stamina menjelang puncak ibadah haji.

"Saya menyaksikan sendiri bagaimana jemaah tertib dari tawaf sampai sai. Dan menurut saya pengaturannya juga sudah luar biasa, dan panasnya juga luar biasanya, maka saya kepada jemaah haji Indonesia saya pesankan untuk menjaga fisik, stamina dijaga, minum vitamin yang cukup, minum air juga cukup," kata Menag.