Sukses

Anies Letakkan Batu Pertama Revitalisasi Pemukiman Korban Kebakaran Pasar Gembrong

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, melakukan proses peletakan baru pertama (groundbreaking) di pemukiman korban kebakaran kebakaran Pasar Gembrong, Jatinegara, Jakarta Timur, Jumat (1/7/2022).

Anies berharap revitalisasi ini bisa menjadi wajah baru bagi seluruh warga di kawasan Pasar Gembrong. Anies menyampaikan dengan dilakukan pembangunan ulang, nantinya Pasar ini akan dinamai Kampung Gembira Gembrong.

"Karena hari ini kita melakukan peletakan batu pertama untuk pembangunan ulang. Kampung Gembrong ini rencananya dinamai Kampung Gembira Gembrong," kata Anies.

Dalam kegiatan peletakan batu pertama ini, Anies didampingi oleh Wali Kota Jakarta Timur, M. Anwar, Anggota DPRD DKI Jakarta Suhaimi, jajaran Baznas Bazis DKI Jakarta, beserta tokoh masyarakat di Kampung Pasar Gembrong.

2 dari 3 halaman

Konsep Baru

Selain itu, permukiman tersebut akan direvitalisasi dengan mengusung konsep "water front city", dimana sungai akan menjadi bagian dari halaman depan permukiman.

Sehingga, permukiman yang tadinya berdiri di samping aliran Kali Cipinang itu ke depan akan menghadap ke Kali Cipinang.

3 dari 3 halaman

Pembangunan

Perkampungan ini akan dibangun di atas lahan seluas 1.200 meter persegi dengan 136 unit untuk mengganti tempat tinggal korban kebakaran. Anies menargetkan pembangunan rampung pada bulan September nanti.

"Dan, kita berharap bapak ibu sekalian, bantu semua yang bekerja, karena proses pembangunannya lewat kolaborasi, gotong royong, izinkan saya secara khusus menyampaikan terima kasih kepada Baznas Baziz DKI yang telah menyiapkan dukungan support, sehingga proses pembangunan ini bisa dilaksanakan," ucap Anies.