Sukses

Marshanda Disebut Hilang di Amerika Serikat, Sahabat Minta Tolong Jokowi dan Joe Biden

Liputan6.com, Jakarta - Artis Marshanda dikabarkan hilang saat tengah berada di Amerika Serikat. Diketahui, ia memang saat ini sedang berada di Los Angeles, tempatnya dinyatakan hilang.

Kabar Marshanda hilang disampaikan langsung oleh sahabatnya, Sheila Salsabila melalui Instagram pribadinya @sheilasalss, Senin (27/6/2022).

Melalui unggahan Instagram Storynya, Sheila Salsabila mengabarkan bahwa Marshanda sudah menghilang selama dua hari. Saat ini, dia bersama teman-temannya yang berada di Amerika masih terus berusaha mencari di mana keberadaan Marshanda.

"Dicari Day 2;

@marshanda99," tulis Sheila disertai foto Marshanda melalui Instagram Story @sheilasalss, Senin (27/6/2022).

Kemudian dijelaskan Sheila, keadaan sang sahabat mengidap bipolar dan kini sedang memasuki fase manic. Fase manik sendiri adalah gejala dari gangguan bipolar. Dalam kondisi ini, orang yang memiliki gangguan bipolar dapat kehilangan kontrol diri mereka.

Bahkan kemudian, Sheila meminta tolong kepada Presiden Joko Widodo atau Jokowi. Selain itu ia juga mengatakan jika Marshanda sempat menyebut nama Presiden Jokowi serta Presiden Amerika Serikat Joe Biden.

"She is in a Manic Episode

(Psychosis: Altered state of Mind - Bipolar Disorder)

(Warga Indonesia hilang untuk pertama kalinya di Los Angeles, California, US. Dia dalam episode manic. (Keadaan mental yang berubah - gangguan bipolar)),

Mohon bantuannya Pak @jokowi

Kemarin dia sebut sebut nama bapak dan @joebiden

Missing Person: @marshanda99," tutup Sheila.

Tak sampai di situ saja, Sheila kemudian mengunggah beberapa potongan video obrolan terakhir dengan Marshanda sebelum menghilang. Dalam potongan video tersebut, Sheila pun bertanya apa yang sedang dikatakan oleh Marshanda.

"Ini video terakhir kita kemarin. Ada yang ngerti Caca ngomong apa? 'Time is dying?" sambungnya.

Sampai berita ini ditulis, belum ada kabar lebih lanjut mengenai Marshanda.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Marshanda Sempat Colek Nama Jokowi

Marshanda 'menyenggol' Jokowi tentang isu kesehatan mental. Dia berharap Kepala Negara memberikan respons atas pesan yang disampaikannya melalui akun Instagram.

Berikut pesan Marshanda:

Apa Pak Jokowi dan keluarga terhormat tidak pernah mengalami depresi seumur hidupnya? Depresi merupakan salah satu kondisi disabilitas mental.

Apa iya bapak dan keluarga tidak pernah konsumsi antidepressant atau obat anti cemas seperti Xanax dalam seumur hidupnya yang saya yakin banyak tekanan mental? Saya yakin pasti 'pernah' kalau kalian manusia normal seperti kami rakyat jelata.

Tidak mungkin ya beliau mau speak up? Atau tidak boleh? Karena itu aib? Bisa-bisa langsung lepas jabatan? Tidak boleh bersuara dalam hukum? Segitu burukkah untuk mengakui diri kita sebagai manusia?

 

3 dari 4 halaman

Jawaban Istana

Sebelumnya, Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden (KSP) Brian Sri Prahastuti menegaskan pemerintah sangat fokus dengan isu kesehatan mental. Pernyataan ini menanggapi keluhan artis Marshanda soal disabilitas mental.

"KSP sangat concern dengan isu Mental Health," kata Brian kepada merdeka.com, Jumat 17 Juni 2022.

Dia menjelaskan, sejak awal pandemi Covid-19, KSP berinisiatif mengembangkan program Sejiwa (Sehat Jiwa) bersama Himpunan Psikologi Indonesia (HIMPSI), Kementerian Kesehatan, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPPA), Kementerian Komunikasi dan Informatika, dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

Layanan Sejiwa untuk menjamin pemenuhan hak kesehatan mental masyarakat di masa pandemi Covid-19. Melalui call center 119 extension 8, masyarakat bisa mendapatkan edukasi, konsultasi, dan pendampingan psikologi.

Menurut Brian, Presiden Joko Widodo sudah memberikan arahan terkait isu kesehatan mental. Salah satunya, dengan memerintahkan adanya embangunan rumah sakit jiwa (RSJ) di enam provinsi yang belum memiliki fasilitas kesehatan itu.

Enam provinsi tersebut ialah Papua Barat, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Barat, Gorontalo, Kalimantan Utara, dan Kepulauan Riau.

"Arahannya sudah ada kok," ucapnya.

 

4 dari 4 halaman

Idap Tumor Payudara

Marshanda kini sedang mengahadapi kondisi tubuh dan mental yang bisa dianggap memprihatinkan. Di tengah masalah mental illness yang sedang dalam pemulihan, Marshanda mengumumkan dirinya kini sedang mengidap tumor payudara.

Artis sinetron yang mengawali kariernya sejak belia ini pun sudah banyak menyampaikan hal-hal yang mewakili ketabahannya. Termasuk salah satunya adalah wasiat yang disampaikan kepada anak semata wayangnya, Sienna.

Marshanda mengaku sudah membahas perihal ajalnya akibat tumor payudara kepada putrinya yang bernama lengkap Sienna Amera Kasyafani itu. Wasiat yang disampaikan untuk Sienna pun sangat mengharukan lantaran dirangkai dengan kalimat yang meluluhkan hati.

"Banyak kasih pesan, 'Kalau ibu sudah enggak ada, kamu gini, dalam hidup itu seperti ini'. Aku sampai feeling, 'Kok gue ngomong begini? Apa jangan-jangan gue mau mati sebentar lagi?" ujar Marshanda seperti ia sampaikan melalui kanal YouTube Marshed.

Sienna pun merespons ucapan sang ibunda dengan kalimat yang tak kalah tabah. Putri Marshanda tampak tenang bahkan sempat-sempatnya menguatkan hati sang ibunda. Marshanda juga menyebut tak ingin melihat Sienna bersedih.

"Sampai sekarang dia tahu aku ada tumor dan melihat, dia enggak apa-apa sampai hari ini. Menerima dengan tenang," ucap Marshanda.

Marshanda pun mengaku ikhlas bila kelak ia benar-benar dipanggil Sang Khalik dalam waktu dekat.

"Aku sudah pasrah. Ketika aku ikhlas, masih bisa umur panjang," ucap Marshanda.

Marshanda juga sempat mengatakan bahwa kondisinya ini adalah pertanda agar ia tetap bahagia.

"Sepertinya itu pertanda buat gue untuk terus bahagia sampai gue tahu apa rencana Yang Mahakuasa dengan ngasih gue tumor payudara. Jadi gue nggak pengen kalian ada yang khawatir," ujar Marshanda.