Sukses

Gandeng Komunitas Daur Ulang Sampah, Rumah Sakit di Tangsel Buat Managemen Zero Waste

Sejak awalm rumah sakit itu terus melakukan edukasi dengan membuat poster edukasi Go Green, edukasi langsung dari staff hingga pasien.

 

Liputan6.com, Jakarta - Cegah sampah menumpuk, rumah sakit di Kota Tangerang Selatan (Tangsel), menggandeng komunitas daur ulang sampah untuk menjadikan tumpukan sampah nonmedisnya menjadi kerajinan tangan. Untuk kemudian dijadikan hiasan di rumah sakit.

Seperti yang dilakukan RSIA Bina Medika, yang menggandeng komunitas daur ulang sampah di Kota Tangsel, untuk menjadikan sampah plastik menjadi pot bunga atau produk lainnya. Lalu bekerja sama dengan bank sampah untuk sampah nonmedis, serta mengumpulkan pakaian layak pakai untuk disumbangkan dan yang tidak layak pakai untuk didaur ulang.

"Sudah ada sampah daur ulang yang disulap menjadi pot bunga dan berbagai produk, kami gunakan kembali menjadi penghias ruangan di ruang tunggu rumah sakit," ungkap Helky Nugroho selaku Head of Marketing RSIA Bina Medika, di Bintaro, Kecamatan Pondok Aren, Kota Tangsel, Minggu (19/6/2022).

Menurutnya, proses penyesuaian ini tidaklah mudah. Tetapi lambat laun, edukasi yang terus dilakukan membuahkan hasil hingga semua pengunjung dan pasien senang dan bisa beradaptasi, serta mendukung program yang dibuat oleh RSIA Bina Medika.

Sebab, sejak awal adanya rumah sakit tersebut, terus melakukan edukasi dengan membuat poster edukasi Go Green, edukasi langsung dari staff ke pasien dan membuat webinar tentang Zero Waste Management kepada pasien dan masyarakat sekitar secara berkala.

"Kami juga meminimalisir penggunaan sampah kertas dan plastik untuk operasional hingga layanan pasien. Seperti mengganti plastik di farmasi dengan goodie bag, menyediakan dispenser di poli rawat jalan dan area kamar perawatan, mengimbau pengunjung dan dokter membawa tumbler masing-masing, serta menggunakan tempat makan (reuse) untuk pasien rawat inap," ujar dr. Irma Rismayanty, MM selaku direktur RSIA Bina Medika.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Edukasi Tentang Zero Waste

Bukan hanya mengimbau, pihaknya juga terus mengedukasi tentang Zero Waste Management kepada karyawan dan pasien yang berkunjung RSIA Bina Medika. Baik secara langsung ataupun webinar.

"Kami juga telah menggunakan Elektronik Medical Record, hasil laboratorium, USG dan Radiologi yang dapat dilihat di Aplikasi Mobile RSIA Bina Medika. Sehingga meminimalisir penggunaan kertas atau paperless," tambahnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.