Sukses

Top 3 News: Jokowi Lantik Hadi Tjahjanto dan Zulkifli Hasan saat Reshuffle Kabinet

Presiden Joko Widodo atau Jokowi melakukan reshuffle kabinet pada Rabu 15 Juni 2022 di Istana Negara Jakarta.

Liputan6.com, Jakarta - Top 3 news hari ini terkait Presiden Joko Widodo atau Jokowi yang melakukan reshuffle kabinet pada Rabu 15 Juni 2022 di Istana Negara Jakarta.

Jokowi pun langsung melantik menteri dan wakil menteri (wamen) usai mengumumkan reshuffle kabinet.

Dia melantik mantan Panglima TNI Marsekal Purnawirawan Hadi Tjahjanto sebagai Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN). Adapun Hadi menggantikan posisi Sofyan Djalil yang terkena reshuffle kabinet oleh Jokowi.

Selain Hadi, Jokowi juga menunjuk Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan sebagai Menteri Perdagangan (Mendag). Zulhas, sapaan akrab Zulkifli Hasan menggantikan posisi M Luthfi yang juga terkena reshuffle.

Kemudian, artis Nikita Mirzani diduga dilaporkan ke polisi oleh Dito Mahendra. Dito Mahendra memiliki nama lengkap Mahendra Dito Saputro. Pria yang akrab dipanggil Dito itu disebut kekasih baru Nindy Ayunda.

Pelaporan Dito Mahendra diketahui dari akun Instagram milik Nikita Mirzani yang melakukan live dengan mengeluhkan kedatangan polisi di rumahnya sekitar pukul 03.00 WIB dini hari, Rabu 15 Juni 2022.

Nikita kemudian mempertanyakan kehadiran penyidik kepolisian ke rumahnya. Mendengar pertanyaan Nikita, polisi yang berjaga pun menyebut bahwa perempuan 36 tahun itu mendapatkan panggilan surat dari kepolisian atas laporan seorang pria bernama Dito Mahendra.

Berita terpopuler lainnya di kanal News Liputan6.com adalah ucapan terima kasih yang disampaikan keluarga besar Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil kepada masyarakat telah menyampaikan duka cita dalam berbagai bentuk baik langsung maupun tidak langsung.

Tercatat, pelayat yang hadir ke makam Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril di Desa/Kecamatan Cimaung, Kabupaten Bandung, Jawa Barat sekitar 8.000, di luar tamu VIP.

Hal tersebut disampaikan adik Ridwan Kamil Elpi Nazmuzzaman. Menurut Elpi, sekitar hampir 1.200 karangan bunga duka cita yang datang ke Gedung Pakuan selama 17 hari berturut-turut.

Elpi juga berterima kasih dan mengapresiasi positif kepada rekan-rekan media lewat kerja jurnalistik humanisnya.

Berikut deretan berita terpopuler di kanal News Liputan6.com sepanjang Rabu 15 Juni 2022:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Reshuffle Kabinet, Jokowi Lantik Hadi Tjahjanto dan Zulkifli Hasan Jadi Menteri

Presiden Joko Widodo atau Jokowi melantik mantan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto sebagai Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN). Pelantikan dilakukan di Istana Negara Jakarta, Rabu 15 Juni 2022.

Adapun Hadi menggantikan posisi Sofyan Djalil yang terkena reshuffle kabinet oleh Jokowi. Pelantikan Hadi berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 64/P Tahun 2022 tentang pemberhentian dan pengangkatan menteri negara Kabinet Indonesia Maju periode tahun 2019-2024.

Selain Hadi, Jokowi menunjuk Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan sebagai Menteri Perdagangan. Zulhas menggantikan posisi M Luthfi yang juga terkena reshuffle.

"Saudara Zulkifli Hasan sebagai Menteri Perdagangan. Kedua Haji Tjahjanto sebagai Menteri Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional."

Sebelumnya, Hadi memanggil mantan Hadi Tjahjanto ke Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa (14/6/2022). Hadi mengaku sedang berolahraga lalu dipanggil mendadak oleh Jokowi.

"Baru saja makanya saya ngebut," ucap Hadi sebelum bertemu Jokowi di Istana, Selasa.

"Enggak ada ini baru olahraga langsung lari saya," sambungnya.

 

Selengkapnya...

3 dari 4 halaman

2. Lima Fakta Terkait Dito Mahendra Laporkan Nikita Mirzani ke Polisi

Nama Dito Mahendra disebut diduga melaporkan artis Nikita Mirzani ke polisi. Dito Mahendra memiliki nama lengkap Mahendra Dito Saputro. Pria yang akrab dipanggil Dito itu disebut kekasih baru Nindy Ayunda.

Pelaporan Dito Mahendra diketahui dari akun Instagram milik Nikita Mirzani. Nikita melalui live di akun Instagramnya mengeluhkan kedatangan polisi di rumahnya sekitar pukul 03.00 WIB dini hari, Rabu 15 Juni 2022.

"Dari jam 03.00 WIB mereka standby enggak mau pergi," kata Nikita.

Nikita kemudian mempertanyakan kehadiran penyidik kepolisian ke rumahnya. Mendengar pertanyaan Nikita, polisi yang berjaga pun menyebut bahwa perempuan 36 tahun itu mendapatkan panggilan surat dari kepolisian atas laporan seorang pria bernama Dito Mahendra.

Polisi juga menyebut bahwa Nikita dilaporkan oleh Dito Mahendra terkait dugaan tindak penistaan dan fitnah. Namun Niki merasa tidak mengenal pria tersebut. Namun demikian, Nikita menilai laporan Dito tidak wajar.

"Siapa Dito Mahendra ini, dekat dengan Kapolda, kasus ditangai Polres Serang, padahal dia orang Jakarta," ucap Nikita.

 

Selengkapnya...

4 dari 4 halaman

3. Delapan Ribu Orang Melayat Eril, Keluarga Ridwan Kamil Sampaikan Terima Kasih

Keluarga besar Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyampaikan rasa terima kasih kepada masyarakat yang menyampaikan duka cita dalam berbagai bentuk baik langsung maupun tidak langsung. Tercatat, pelayat yang hadir ke makam Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril, di Desa/Kecamatan Cimaung, Kabupaten Bandung sekitar 8.000, di luar tamu VIP.

"Ungkapan simpati berbagai bentuk yang sudah kami terima sehingga membuat kami berbesar hati dan terharu," kata adik Ridwan Kamil Elpi Nazmuzzaman di Gedung Pakuan, Kota Bandung, Selasa 14 Juni 2022.

Elpi menuturkan, ada sekitar hampir 1.200 karangan bunga duka cita yang datang ke Gedung Pakuan selama 17 hari berturut-turut sekitar. Selain itu, ada ribuan yang datang bertakziah yang hadir untuk mendoakan almarhum Eril.

"Ini konteksnya bukan membesar-besarkan angka, tapi mungkin kami akan kesulitan untuk menyampaikan rasa terima kasih. Mungkin kami akan luput menyampaikan terima kasih secara personal satu per satu, kepada orang yang sudah pernah membantu menyampaikan simpati dalam berbagai bentuk, untuk itu pada kesempatan ini kami ucapkan terima kasih banyak, jazakumullah. Hanya Allah sebaik-baiknya yang bisa memberi balasan," tuturnya.

 

Selengkapnya...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.