Sukses

Megawati Kunjungi Pameran di Sarinah Ditemani Erick Thohir

Erick nampak menjelaskan beberapa lukisan yang sedang dipamerkan. Kemudian, mereka turun ke lantai dasar untuk melihat sejarah perkembangan dan relif-relif di Sarinah.

 

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri ditemani Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengunjungi Pusat Perbelanjaan Sarinah, Jakarta Pusat pada Senin (13/6/2022) siang.

Megawati tampak menggunakan baju setelah berwarna hijau, sedangkan Erick terlihat memakai baju batik bernuansa merah. Keduanya mengunjungi pameran di Museum Soekarno yang berada di lantai 6.

Erick nampak menjelaskan beberapa lukisan yang sedang dipamerkan. Kemudian, mereka turun ke lantai dasar untuk melihat sejarah perkembangan dan relif-relif di Sarinah.

Di lantai dasar, Megawati nampak tersenyum dan menikmati relif di sana. Ia juga berfoto bersama keponakannya Puti Guntur Soekarno.

Usai berfoto bersama, Mega dan Erick makan siang bersama di salah satu restoran di Sarinah. Hingga saat ini, keduanya masih berbincang bersama dan belum menyampaikan keterangan kepada awak media.

Menteri BUMN Erick Thohir sebelumnya juga mengunjungi Sarinah yang baru sekitar satu pekan dibuka. Ada yang unik yang didedikasikan pengunjung untum Erick di Sarinah.

Ada 'Sudut Erick Thohir' yang disebut-sebut jadi tempat favorit pengunjunga mengambil foto di Sarinah.

Jika pengunjung mengambik foto di posisi ini, ia akan mendapatkan latar belakang tulisan 'Sarinah'. Kemudian, nampak gedung Sarinah dengan cat berwarna putih dari sudut pandang sisi pojok kanan depan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Sudut Sarinah Sesuai Namanya

Sehingga, cukup ciamik untuk jadi latar belakang foto dari pengunjung. Erick pun menceritakan awal muka posisi di salah satu sudut di Sarinah itu dinamakan sesuai namanya.

"Waktu meninjau Sarinah sebelum diresmikan, saya sempat iseng-iseng foto di sebuah sudut," katanya mengutip unggahan di Instagram @erickthohir, Senin (28/3/2022).

"Kemarin ketika kembali berkunjung, saya kaget, diinfo oleh Mas @handokohendroyono spotnya dinamakan “Sudut Erick Thohir” oleh para pengunjung," imbuh dia.

Beberapa waktu lalu saat meninjau progres revitalisasi Sarinah, Erick memang berfoto di salah satu sudut. Ternyata, lokasi itu juga yang digunakan untuk berfoto oleh sejumlah pengunjung.

Dari secuplik video yang diunggahnya, Erick berfoto kembali di sudut itu. Ditemani oleh penyanyi Andien, dan founder Erigo Muhammad Sadad.

"Spot ini, bisa juga nih untuk jadi spot selfie. Jangan lupa tag saya kalau foto di sini yaa," katanya.

 

3 dari 3 halaman

Diapresiasi oleh Rachmat Gobel

Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) dari Fraksi Partai Nasdem Rachmat Gobel memuji peran Menteri BUMN Erick Thohir atas karyanya menjadikan Gedung Sarinah menjadi tempat bangkitnya ekonomi dan produk lokal. 

"Saya ingin memberikan pujian kepada Bapak Erick Thohir, ini supaya tahu. Karena kita bicara soal tadi usaha kecil dan lain sebagainya, nah itu Sarinah jadi karena Pak Erick Thohir. Karena Pak Erick Thohir ini membawa dari produk desa sampai produk global, itu lah Sarinah seluruhnya," tutur Gobel di acara Silatnas DPP Partai Nasdem di Nasdem Tower, Jakarta, Kamis (2/6/2022).

Menurut Gobel, Sarinah sebelumnya selalu dipandang sebelah mata. Sebab, keberadaannya dikelilingi oleh mal berisikan produk mewah atau pun pasar modern yang merakyat.

"Dan itu showroom Sarinah yang tadinya jualan enggak jelas, kalau dia jual merek Chanel kan dibilang barang palsu. Karena kan ada Plaza Indonesia, ada Grand Indonesia. Mau jual batik yang murah, belakangnya ada Thamrin City. Nah di sini lah Pak Erick Thohir memberikan Sarinah," kata dia. 

Rachmat pun mengakui mengubah Sarinah menjadi pusat UMKM tidak mudah. Pasalnya, butuh keinginan dan tekad menjadikan gedung tinggi pertama di Jakarta itu menjadi ikon baru kenagkitan ekonomi rakyat. 

"Itu mengubah Sarinah itu nggak gampang. Cukup lama saya mau bilang gitu. Di zaman era Pak Erick ini hebat, dia bisa ubah. Sehingga potret produk-produk lokal kita bisa kita lihat," jelas dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Dr.(H.C.) Hj. Dyah Permata Megawati Setyawati Soekarnoputri adalah Presiden Indonesia ke 5 periode  23 Juli 2001 — 20 Oktober 2004.
    Dr.(H.C.) Hj. Dyah Permata Megawati Setyawati Soekarnoputri adalah Presiden Indonesia ke 5 periode 23 Juli 2001 — 20 Oktober 2004.

    Megawati

  • Erick Thohir kini menjabat sebagai Menteri BUMN di Kabinet Indonesia Maju.

    Erick Thohir

  • Dr.(H.C.) Hj. Dyah Permata Megawati Setyawati Soekarnoputri adalah Presiden Indonesia ke 5 periode  23 Juli 2001 — 20 Oktober 2004.
    Dr.(H.C.) Hj. Dyah Permata Megawati Setyawati Soekarnoputri adalah Presiden Indonesia ke 5 periode 23 Juli 2001 — 20 Oktober 2004.

    Megawati Soekarnoputri

  • Sarinah adalah salah satu pusat perbelanjaan yang terletak di Gondangdia, Jakarta.

    Sarinah